Popular Posts of The Week

June 09, 2015

Top 10 Makanan Lokal Enak di Indonesia

Setiap kali jalan-jalan ke suatu kota di Indonesia, saya pasti menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner lokal yang ada di kota tersebut. Dari beberapa kota yang pernah saya kunjungi, berikut adalah Top 10 Makanan Lokal Enak yang ada di Indonesia menurut saya :D

Check these out :

1. NASI PEDAS IBU ANDHIKA

Buat kalian para pecinta pedas yang akan jalan-jalan ke Bali, kalian WAJIB mencicipi Nasi Pedas Ibu Andhika yang berlokasi di daerah Kuta.


Ada banyak sekali pilihan sayur dan lauk yang disajikan. Sebenarnya, rasa sayur ataupun lauk yang ada sama sekali tidak pedas, yang pedas adalah SAMBAL -nya. So, buat kalian yang tidak suka pedas, kalian juga masih bisa kok makan di warung Nasi Pedas Ibu Andhika ini. 

Tinggal bilang "Jangan pakai sambal yah, Bu!" Hihihi..



Rasa sambal -nya sangat luar biasa pedas dan enak. Sebagai pecinta pedas, lidah saya sangat dimanjakan sekali ketika makan sambal di warung Nasi Pedas Ibu Andhika ini. Selain itu, porsi yang diberikan juga mengenyangkan, rasa lauk dan sayurannya enak, serta harganya sangat bersahabat. Untuk porsi makanan diatas, saya hanya cukup membayar Rp. 23.000,- saja :D



2. WARUNG BABI GULING IBU OKA

 Di Bali yang mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama Hindu, kita dapat dengan mudah menemukan restoran yang menyajikan makanan dari daging babi. Nah, salah satunya adalah Warung Babi Guling Ibu Oka ini.

Di Warung Babi Guling Ibu Oka ini, semua bagian dari hewan babi akan digunakan. Baik itu kulitnya, dagingnya, darahnya, bahkan mungkin organ dalamnya.


Foto diatas adalah Menu Spesial di Warung Babi Guling Ibu Oka. Terdiri dari nasi dengan Kulit Babi Panggang, Daging Babi Crispy, Daging Babi (yang tidak crispy), Sayuran Urap, dan Sosis Babi yang terbuat dari cincangan organ dalam babi sehingga berwarna hitam. Harga per porsi untuk menu diatas adalah Rp. 55.000,-

Menu-menu yang ada di Menu Spesial diatas juga bisa dipesan secara terpisah menjadi 1 porsi yang berbeda. 


Daging Babi Crispy ini menjadi favorite saya untuk dijadikan cemilan.

Warung Babi Guling Ibu Oka ini memiliki cukup banyak cabang di Bali, terutama di daerah Ubud. Silahkan mencoba :-)


3. AYAM BETUTU KHAS GILIMANUK

Masih tentang kuliner lokal yang ada di Bali. Kali ini yang wajib kalian cicipi jika sedang berada di Bali adalah Ayam Betutu. Dan satu tempat yang menyajikannya adalah Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Lokasi cabangnya tersebar dibeberapa tempat antara lain di Ubud, Denpasar, juga Kuta.

Jika pada umumnya orang-orang memesan menu Ayam Betutu Kuah, maka saat itu saya mencoba Ayam Betutu Goreng.


Jangan kaget jika melihat porsinya yang kecil untuk ukuran 1 ekor ayam, karena semua ayam yang digunakan di rumah makan ini memang bukan ayam negeri berukuran besar seperti yang sering kita temui di Jakarta. Harga Ayam Betutu Goreng di atas adalah Rp. 82.000,-/ekor

Jangan ditanya soal rasa, pokoknya enak dan juga empuk!


Selain Ayam Betutu, jangan lupa pesan Sate Ayam Lilit -nya. Sate Ayam Lilit ini berbeda dengan sate ayam yang ada di Jakarta. Jika di Jakarta sate ayam -nya terbuat dari potongan daging ayam yang ditusuk ke tusuk sate, maka Sate Ayam Lilit ini terbuat dari cincangan daging ayam yang sudah berbumbu dan kemudian ditempelkan ke bambu. Rasanya sangat enak dan gurih. Harga Sate Ayam Lilit di atas adalah Rp. 3.000,-/tusuk.

Jangan tanyakan bumbu kacang, karena Sate Ayam Lilit ini tidak menggunakan bumbu kacang. Sambal khas yang ada di Bali itu adalah Sambal Mantah, jadi rasanya kalian wajib memesan Sambal Mantah sebagai teman makan kalian.


Sambal yang terdiri dari irisan cabai rawit dan bawang merah, kemudian diberi siraman minyak sayur ini sangat cocok dimakan dengan Ayam Betutu Goreng dan Sate Ayam Lilit.


4. SOTO MIE SUKABUMI "AGIH"

 Keluar dari Pulau Bali, sekarang kita ke Pulau Jawa, di Bogor tepatnya. Kalian bisa menemukan Soto Mie Sukabumi "Agih" yang sangat terkenal sekali di kawasan Gang Surya Kencana - Bogor.


Berbeda dengan soto mie yang ada di Jakarta, Soto Mie Sukabumi "Agih" ini menambahkan irisan lobak di dalamnya. Rasanya yang gurih, asam, pedas, asin, dan disajikan dengan kuah hangat ini, sangat nikmat untuk dimakan di Bogor dengan udara yang sejuk.

Selain Soto Mie, di rumah makan tersebut juga menyajikan beberapa menu non-halal lainnya, misalnya kuah bakut babi, lomie, nasi campur, dan masih banyak lainnya. Untuk harga Soto Mie Sukabumi "Agih", tepatnya saya lupa, tapi yang pasti tidak sampai lebih dari Rp. 30.000,-/porsi.


5. JEJAMURAN

Jika sedang ke Jogjakarta, maka berkunjunglah ke Restoran Jejamuran. Restoran yang sedang popular beberapa tahun belakangan ini menyajikan berbagai macam menu dengan menggunakan jamur sebagai bahan utamanya.


Dari kiri atas ke kanan bawah : Ayam Goreng, Tumis Tauge Jamur, Tumis Kangkung Jamur, dan Pepes Jamur.


Dari kiri atas ke kanan bawah : Nasi Goreng Jamur, Jamur Crispy, Lumpia Jamur, dan Jamur Asam Manis.

Semua jamur yang ada diolah dengan sangat baik dan dijadikan menu makanan yang tidak pernah kita bayangkan terbuat dari jamur. Selain menu-menu diatas, ada juga rendang jamur, tomyum jamur, dll.

Porsi yang diberikan untuk setiap menunya tidak terlalu besar, mungkin cukup untuk sekitar 3 orang. Harganya sangat terjangkau dan rasanya enak. 


Dan selagi menunggu pesanan kalian tiba, maka kalian bisa berfoto-foto atau sekedar melihat-lihat beragam jenis jamur di Musrhroom Corner ini.


6.  ANGKRINGAN KOPI JOSS

Selagi masih di Jogjakarta, jangan lupa menikmati minum kopi di salah satu Angkringan Kopi Joss yang ada di kawasan jalan Malioboro. Ada banyak sekali Angkringan Kopi Joss yang terdapat di kawasan tersebut. Konsepnya sih sama, minum kopi hitam dengan celupan arang menyala dan minumnya di pinggir jalan (angkringan).


Kopi Joss ini dipercaya bisa menambah stamina dan menjaga kesehatan kita lho guys.


Jadi jangan sampai kalian melewatkan suasana malam di Jogjakarta sambil minum Kopi Joss ini yah. Suasananya juga sangat cocok sekali buat kalian yang ingin bersantai sambil mengobrol bersama teman-teman. Untuk harganya sangat terjangkau kok, hanya sekitar Rp. 5.000,-/gelas.


7. GUDEG YU DJUM

Masih tentang kuliner di Jogjakarta. Semua orang pasti tau bahwa Jogjakarta sangat terkenal dengan nasi gudeg -nya, dan Gudeg Yu Djum adalah salah satu yang patut kalian coba.

Gudeg Yu Djum ini sudah sangat terkenal bahkan sampai keluar kota Jogjakarta sendiri. 


Ada 2 pilihan yang disajikan oleh Gudeg Yu Djum ini, mau menggunakan telur atau ayam. Selebihnya, nasi akan diberikan sayuran berupa krecek (kerupuk kulit dimasak cabai) dan irisan tempe yang dimasak cabai. Tapi tenang, tidak ada yang pedas sama sekali dari kedua masakan dengan cabai tersebut.

Untuk telur dan ayam -nya, dimasak dengan sangat manis sekali. Begitulah ciri khas nasi gudeg, rasanya pasti manis. Untuk harga per porsi dengan menu Nasi Gudeg Ayam adalah sekitar Rp. 40.000,- an.


8. BAKSO UPIL - LAMPUNG

Mungkin ketika mendengar namanya, kalian akan merasa bingung sekaligus jijik yah guys? Bagaimana bisa seseorang memakan Bakso Upil (kotoran hidung)?

Tenang saja, Bakso Upil ini hanya sekedar nama kok. Tapi begitu kalian mencoba rasanya, dijamin kalian akan ketagihan.


Bakso Upil ini berlokasi di Teluk Betung - Bandar Lampung. Memang Bakso Upil ini tidak setenar dengan bakso dengan merek tertentu yang sudah sangat terkenal di Bandar Lampung, tapi coba saja kalian pergi berjalan-jalan ke pusat kota Teluk Betung, kemudian tanyakan tentang Bakso Upil ini kepada warga sekitar, pasti semua sudah mengenalnya.

Bakso Upil ini berlokasi disebuah kios sederhana. Awalnya, pemilik Bakso Upil ini hanya berdagang dengan gerobaknya saja dan mengetem di tempat tersebut, namun karena lama-kelamaan peminatnya sudah sangat banyak, terlebih lagi banyak pelanggan yang menggunakan mobil yang rela antri untuk makan Bakso Upil ini, maka mulailah Bakso Upil ini memiliki sebuah kios di daerah tersebut.

Karena ketenarannya, Bakso Upil ini bahkan pernah masuk acara kuliner di salah satu stasiun tv swasta lho. Soal rasa? Maknyus! Kuah kaldunya sungguh gurih ditambah dengan racikan cabai hijau yang sedap. Menurut saya, cabai hijaunya sungguh nikmat dan membuat rasa kuah kaldu menjadi lebih sedap. 

Daging baksonya pun garing dan gurih. Banyak sekali warga Jakarta yang memesan bakso dagingnya secara frozen untuk dibawa pulang ke Jakarta, termasuk saya. Untuk harga bakso -nya, hanya dibandrol tidak lebih dari Rp. 20.000,-/porsi -nya kok.


9. TAHU PONG - KAFE STAR (SOLO)

Selain Serabi Notosuman, Solo juga masih memiliki koleksi kuliner lainnya. Salah satunya saya temukan di Kafe Star yang terletak di Jl. Sultan Syahrir 126. Saat itu pilihan saya jatuh pada Tahu Pong.


Tahu goreng kosong dengan telur goreng bulat dan bakwan udang, disajikan dengan saus dan sambal petis. Sangat cocok untuk dijadikan cemilan dan dimakan bersama dengan teman.


Menurut saya, rasa tahu -nya sangat istimewa. Berbeda dengan tahu sumedang yang sering ditemui di Jakarta, tahu yang ada di dalam menu Tahu Pong ini terasa lebih gurih. Ketika saya menggitnya, saya merasa bahwa tekstur di dalam tahu -nya lebih halus dan lebih lunak dibanding dengan tahu sumedang, namun bagian luar tahu -nya tetap garing.

Untuk harga menu Tahu Pong Komplit, dibandrol dengan harga tidak lebih dari Rp. 30.000,-/porsinya. 


10. SIMPANG LIMA

 Jika sedang berwisata ke Semarang, jangan lupa untuk pergi ke Simpang Lima di malam hari. Kemudian kalian bisa bebas memilih kuliner apa yang ingin kalian cicipi disana. Ada banyak sekali kedai makanan yang berjualan disana. Mulai dari nasi gudeg, nasi liwet, nasi goreng babat, soto, seafood sampai ke dessert -nya seperti roti bakar juga ada.

Akan semakin seru dengan suasana malam yang mendukung, seperti angin sejuk dan kondisi jalanan yang bersih. Saat itu saya memilih untuk mencicipi Nasi Liwet di salah satu kedai makanan.


 Seporsi nasi putih hangat yang disajikan diatas daun pisang, kemudian disiram dengan kuah sayur santan dan berisi krecek (kerupuk kulit yang dimasak), ditambah lauk pilihan kita, seperti ayam goreng, telur semur, atau sambal petai. Rasanya maknyos. Gurih sayur santan dengan hangatnya nasi, semakin mantab ketika dimakan bersama sambal terasi. Silahkan mencoba.

Harga menu setiap makanan sangat bervariasi namun dijamin masih terjangkau. Untuk menu Nasi Liwet dengan lauk ayam seperti foto di atas, dibandrol dengan harga Rp. 22.000,-/porsinya.

Tulisan ini saya ikutsertakan ke dalam blog competition yang diadakan oleh #TravelNBlog.

7 comments:

  1. Cordyceps capsules containing dexamethasone was the main factor that caused the eight months’ suspension of former world number one badminton player Lee Chong Wei.

    Youth and Sports Minister Khairy Jamaluddin said Cordyceps was a natural food product and a herbal supplement that Chong Wei had been taking since he was a teen.

    “Chong Wei has been taking Cordyceps since he was 13 because his family believed that it was beneficial for his health,” Khairy told a press conference on the outcome of Chong Wei’s doping hearing at the ministry building here, today.

    Khairy said Chong Wei followed the instructions of his nutritionist at the National Sports Institute (NSI) on what supplements he could or could not consume.

    He added that the nutritionist advised Chong Wei that the Cordyceps in capsule form was safe and that it was not necessary to test the product as long as it was “pure Cordyceps”.

    Khairy also reminded all athletes to refer to the institute regularly over the legality of every drug and supplement that they consumed.

    “We will review what has happened, not only Chong Wei’s case but also other athletes under the supervision of the institute.

    “All athletes must learn a lesson from this,” he said. Also read : http://agenresmigreenworld.web.id/cordycepspluscapsule.html

    Khairy said Chong Wei was still the nation’s main hope to secure a gold medal at the Rio de Janeiro Olympics next year.

    ReplyDelete
  2. Duuuuuh (kecuali no 2) semuanya makanan kesukaan akooh!! jadi pengen hksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. Akupun begitu ketika buat post ini :D

      Delete
  3. gawat banget baca artikel ini... air liur langsung terbit!
    tapi untung aja lagi kenyang, jadi nggak panik cari makanan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihh! Gagal misi ku untuk membuat pembaca jatuh dalam 'dosa'.. Hihi.. Anyway, thanks for reading :D

      Delete
  4. Haduh ini enak2 semua udah pernah saya coba kecuali no 8 dan no 2 (ngga akan). Suerr bikin bgiler, eh tapi kurang info harganya :) biar ngga penasaran kalo pengen nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ckck.. Iya harganya yang aku masukin cuma No. 1 dan 2 ajah yah.. Nanti deh aku tambahin info harganya kalo udah selesai periode lomba.. Biar infonya makin lengkap.. Anyway, kenapa enggak bisa makan yang No. 8 ?

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...