Popular Posts of The Week

June 06, 2015

Semarang Trip : Klenteng Sam Poo Kong

 Pada perjalanan gue ke Semarang beberapa waktu lalu, gue melakukan kunjungan ke Klenteng Sam Poo Kong.. Klenteng ini sangat terkenal sekali, bukan hanya di kota Semarang sendiri, tetapi bahkan sampai ke luar kota Semarang :D

Dari Hotel Ibis Budget, gue menggunakan jasa taksi untuk menuju ke Klenteng Sam Poo Kong tersebut.. Ongkos -nya tidak sampai Rp. 35.000,- seingat gue..


Tiket masuk untuk turis domestik adalah Rp. 3.000,-/orang.. Sedangkan untuk turis asing adalah Rp. 10.000,-/orang.. Dan bagi umat yang ingin beribadah atau sembahyang, maka nanti uang tiket masuk yang sudah dibeli, akan dikembalikan ketika pulang..

Jika kalian pergi wisata ke Klenteng Sam Poo Kong ini, maka jangan lupa untuk membawa topi atau payung.. Karena lokasi Klenteng Sam Poo Kong yang terdiri dari lapangan besar ini akan sangat panas sekali jika kalian ingin mengelilingi -nya :(



 Tapi jangan khawatir, buat kalian yang hanya ingin duduk-duduk santai, berteduh dibawah pohon sambil menikmati angin sepoi-sepoi, ada juga kok tempatnya :D


Semua orang pasti sudah tau, bahwa Klenteng adalah tempat ibadah untuk umat beragama Buddha dan/atau Kong Hu Cu.. Namun jika kita berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong ini, maka kita akan menemukan banyak umat beragama lain (terutama umat muslim) yang datang ke Klenteng Sam Poo Kong ini hanya untuk sekedar bersantai-santai saja..

Mungkin hal ini juga dipengaruhi oleh sejarah berdiri -nya Klenteng Sam Poo Kong ini yah.. Yang gue tau sih Klenteng Sam Poo Kong ini sih awalnya adalah sebuah masjid.. Masjid tersebut didirikan oleh Laksamana Zheng He (seorang panglima muslim asal Tiongkok).. 

Karena kebaikan hati -nya kepada warga sekitar, maka setelah beliau meninggal, warga sekitar yang saat itu mayoritas adalah penganut agama Kong Hu Cu mulai sering mendatangi masjid tersebut dan membuat patung Laksama Zheng He.. 


Warga kemudian bersembahyang ditempat bekas masjid tersebut untuk mengenang jasa Laksamana Zheng He.. Karena banyak warga Kong Hu Cu yang bersembahyang, maka lama kelamaan jadilah Klenteng Sam Poo Kong.. Begitulah sejarah yang gue tau dari Klenteng Sam Poo Kong ini :D Semoga tidak salah..


Foto diatas adalah foto tempat di dalam Klenteng Sam Poo Kong, yang jika kita ingin memasuki -nya, maka kita harus membayar lagi sekitar Rp. 200.000,- an.. Di dalam tempat itu nanti kita bisa berfoto menggunakan pakaian khas kerajaan Tiong Hoa.. 

Tidak ada banyak hal lagi sih yang bisa gue ceritakan tentang kunjungan ke Klenteng Sam Poo Kong ini.. So, gue hanya bisa berbagi foto-foto berikut ini saja ke kalian..

Enjoy :D


 Buat kalian yang mau liat vlog gue selama di Klenteng Sam Poo Kong ini, berikut video -nya :D



Oke deh guys.. Sekian cerita gue tentang Klenteng Sam Poo Kong.. Sampai jumpa di post berikutnya :-)


Klenteng Sam Poo Kong
Jl. Simongan Raya No. 129

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...