Popular Posts of The Week

May 24, 2015

Kuliner Solo : Wisata Kuliner Malam di GALABO - SOLO

Jika di Jogjakarta ada Malioboro.. Di Tangerang ada Pusat Kuliner Pasar Lama.. Di Semarang ada Simpang Lima.. Maka Solo juga tidak mau kalah..

Solo juga punya pusat kuliner malam bernama GALABO..

Yaps! GALABO nama -nya..


GALABO ini adalah singkatan dari Gladag Langen Bogan Solo.. Yang gue tau sih artinya, GLADAG adalah salah satu nama perempatan di dekat alun-alun.. Kemudian LANGEN artinya favorite.. Sedangkan BOGAN artinya makanan.. 

Jadi kalo disambung kira-kira artinya adalah Makanan Kesukaan di daerah perempatan Gladag Solo.. Hihi.. Begitulah kira-kira yang gue tau..

Saat gue datang kesana kebetulan bukan saat weekend.. Jadi suasana Galabo tidak terlalu ramai menurut gue..


Ini jalanan -nya masih panjang ke belakang lho guyss.. Hihi.. Tapi sayangnya pada saat gue datang kesana, ada beberapa kios makanan yang sedang tidak dibuka.. Huffttt :( 

Padahal justru makanan yang sedang ditutup itu yang mau gue cobain :( HIKS..


Jika biasanya di pusat kuliner malam di kota-kota lain kita sering bertemu dengan pengamen-pengamen keliling, maka di GALABO, pengamen -nya tidak berkeliling.. Mereka akan duduk di spot-spot tertentu.. Dan pengunjung yang datang bebas memberikan -nya uang di kotak yang biasanya disediakan pengamen tersebut di dekat tempat mereka bernyanyi..

Karena jalanan GALABO - SOLO ini cukup pajang.. Jadi ada beberapa pengamen yang mengetem disana.. Hihi.. Sejujurnya gue suka dengan cara yang seperti ini.. Jadi toh para pengunjung tidak perlu sampai terganggu dengan pengamen yang datang dan pergi berkali-kali :D

Dan berikut adalah makanan yang ada di GALABO dan yang gue pesan pada saat itu :D



Foto diatas yang disebelah kanan adalah foto Sate Buntel.. Sate Buntel ini sangat tekenal sekali di Solo.. Sayangnya hanya terbuat dari daging sapi saja.. Tidak ada yang terbuat dari daging ayam :( Dan saat itu gue tidak mencicipi Sate Buntel ini..


[ Soto Ayam Bening - IDR 8.000,- + Telur Ayam Coklat - IDR Rp. 3.000,- = TOTAL IDR 11.000,- ]
Memang benar yah kalo orang bilang Soto Solo itu enak.. Terbukti sekali.. Soto Ayam Bening Solo yang gue beli ini, kuah kaldu -nya sangat harum dan gurih.. Gue tidak perlu menambahkan aneka bumbu lainnya untuk menyesuaikan dengan lidah gue.. Cukup perasan jeruk dan sambal saja.. Hihi..

Kuah Soto Ayam -nya juga benar-benar bening.. Jika di Jakarta, kebanyakan soto bening yang pernah gue makan memiliki warna kuah yang keruh berwarna kuning kecoklatan.. 

Soto Ayam Bening Solo ini memang isinya tidak terlalu banyak.. Hanya ada suwiran ayam, sedikit tauge dan daun seledri.. Dan walaupun kuah Soto Ayam Bening Solo ini diberi potongan tomat, tapi rasa kuah -nya tidak berubah menjadi asam kok.. 

Untuk harga es jeruk manis -nya adalah IDR 3.000,- / gelas..

[ Sop Kambing - Harga Lupa ]
Sop Kambing -nya sangat sederhana namun luar biasa rasanya.. Isi Sop Kambing ini -pun tidak terlalu ramai.. Hanya daging kambing, potongan tomat, dan kuah kaldu bening yang rasanya sangat gurih..

Gurih -nya kuah kaldu ini benar-benar terasa kaldu -nya yah guys.. Bukan -nya gurih MSG :D Kemudian menurut gue, rasa gurih -nya juga sangat PAS.. Tidak terlalu menyengat berlebihan.. Dan akan lebih nikmat lagi jika ditambahkan dengan sambal :D Uwenak tenan rek =))


[ Sate Kambing - Harga Lupa ]
Sate Kambing -nya gue enggak cicipi guys :D Jadi tidak bisa terlalu banyak berkomentar.. Hihihi..


[ Nasi Timbel Ayam - kisaran IDR 20.000,- an ]
Nah.. Nasi Timbel ini ada 2 pilihan.. Mau yang isinya ayam goreng atau yang ikan goreng.. Nasi Timbel ini terdiri dari lauk yang kita pilih (ayam atau ikan), lalu lalapan sayuran, tahu dan tempe goreng, serta semangkok sayur asam.. Hihi..

Menurut gue rasa sayur asam -nya terlalu manis.. Hihihi.. Entahlah apa itu ciri khas Solo atau bukan :p

Oke deh guys.. Secara keseluruhan GALABO ini adalah tempat yang asik dan sangat gue rekomendasikan sekali buat kalian semua.. Terutama saat weekend.. Harga makanan -nya juga sangat terjangkau, rasanya enak, dan banyak pilihan -nya :D

Suasana malam di GALABO juga menyenangkan.. Dari GALABO akhirnya gue kembali ke Hotel Pose In Solo dengan menggunakan taksi.. Tarif -nya hanya kisaran IDR 25.000,- an saja :D

Oke guys.. See ya di cerita-cerita berikutnya :*

Dan terakhir, inilah suasana malam dekat Wisata Kuliner GALABO :-)



Gladag Langen Bogan (GALABO) - SOLO
Jl. Yosodipuro 164 - Makamhaji
Kartosuro - Surakarta
Jawa Tengah - 57161



SOLO - SURAKARTA SERIES 2015 :

4 comments:

  1. waaah, asik tuh jalan-jalan malem sambil wisata kuliner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. Jalan-jalan malam saya memang identik dengan kuliner malam.. Hihi..

      Delete
  2. Lg makan di sini sekaraaaang... Kenyaaaang... Smua stand aq cicipin semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa.. Jagooo.. Semua stand dicobain.. Hihi.. Happy Tummy :p

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...