Popular Posts of The Week

May 12, 2015

Kuliner Jogjakarta : Restoran JeJamuran | It's all about mushroom ~

Halooo.. Melanjuti kisah gue di Jogjakarta..

Kali ini gue mau cerita tentang kegiatan icip-icip gue di salah satu restoran yang udah nge-hits banget.. Bukan cuma di Jogja, tapi sudah sampai ke Jakarta..

Yaps! Restoran JeJamuran ..
Sesuai namanya, restoran ini menyajikan aneka masakan dengan jamur sebagai bahan utama -nya..

 Dikunjungan gue ke Jogjakarta tahun 2014 lalu, gue enggak sempat mencicipi makanan di Restoran JeJamuran ini.. Karena waktu itu gue sempat berpikir bahwa tempat ini jauh dan tidak bisa diakses dengan angkutan umum..

Yaps! Ternyata benar saja.. Di kunjungan kali ini -pun, setelah gue mencari informasi dari berbagai sumber, memang benar adanya bahwa tidak ada akses angkutan umum untuk mencapai ke Restoran JeJamuran ini..

Tapi berhubung gue sudah tanya-tanya orang sekitar, jadi gue sudah lumayan tau dimana lokasi restoran ini.. Dan ternyata tidak terlalu jauh (untuk kategori orang Jakarta) dari Stasiun Jombor..

Jadi jika kalian ingin pergi kesana, kalian bisa naik bus transjogja menuju ke Stasiun Jombor.. Nanti dari Stasiun Jombor, kalian bisa naik taksi saja.. 

Sepengalaman gue naik taksi di Jogja, memang kebanyakan taksi-taksi tersebut tidak mau menggunakan argo.. Mungkin karena jarak -nya yang sudah terlalu dekat yah.. Entahlah..

Yang pasti saat itu, gue menggunakan taksi tanpa argo dari Stasiun Jombor ke Restoran JeJamuran seharga IDR 50.000,- Harga tersebut pastilah lebih mahal dibandingkan jika kita menggunakan argo..

So saran gue.. Jika memang lokasi hotel atau tempat kalian menginap tidak terlalu jauh dari Stasiun Jombor, ya sudah kalian langsung saja naik taksi dari hotel atau tempat kalian menginap ke Restoran JeJamuran ini..

Oke deh.. Akhirnya sampailah gue di Restoran JeJamuran..


Jika dilihat dari luar, terlihat bahwa lokasi Restoran JeJamuran ini tidak terlalu besar.. Tapi begitu masuk ke dalam Restoran JeJamuran -nya, sangat terlihat bahwa ternyata ukuran -nya sangat besar.. Hihii..


Selain menyediakan banyak sekali set kursi dan meja yang dapat menampung banyak pengunjung, di Restoran JeJamuran ini juga masih terdapat spot outdoor yang dipinggiran -nya ada kolam ikan kecil..


Kalau gue perhatikan, disetiap area meja bangku yang ada di dalam Restoran JeJamuran ini, sudah ditandai dengan nama jenis jamur.. Mungkin untuk memudahkan pelayan ataupun pengunjung untuk memberi tahu lokasi meja bangku -nya kali yah.. :D

Ketika gue datang, suasana memang tidak terlalu ramai.. Bisa dibilang sepi malah.. Karena saat itu sudah lewat jam makan siang tapi juga belum sampai jam makan malam..

Tapi ketika gue berjalan ke set meja bangku yang ada di paling belakang, ternyata banyak meja bangku yang sudah direservasi..

Ooh iya.. Sebelum membicarakan makanan.. Di Restoran JeJamuran ini juga ada satu spot yang berisi jenis-jenis tanaman jamur.. Ini adalah hot spot buat kalian untuk berfoto.. Hihihi..

Jika kalian pergi saat jam ramai, misalnya jam makan siang atau malam, mungkin akan kesulitan untuk berfoto disini.. Beruntung saat gue datang kesana suasana sedang sepi :D

Dan ini adalah aneka tanaman jamur yang ada di spot tersebut..



Oke deh.. Sekarang beralih ke menu-menu makanan -nya :D


Pilihan menu makanan -nya ternyata tidak begitu banyak.. Apalagi saat gue datang, ada beberapa menu yang sedang tidak ada.. Hmm.. Not too bad sih.. Anyway, bentuk menu -nya sama seperti yang ada di Restoran Special Sambal - Pasar Lama yah.. Hihi..


Oke deh.. Setelah pilih-pilih.. Berikut adalah pesanan gue saat itu..

[ Nasi Putih - IDR 5.000,- / porsi ]
 Yah unik ajah menurut gue.. Soalnya sendok garpu -nya sampe dibungkus plastik segala.. Hihi.. Jarang-jarang kan ada restoran yang sampe kayak gini :D

[ Nasi Goreng JeJamuran - IDR 20.000,- ]
Selain isi macam-macam JeJamuran yang gue enggak paham jenis -nya, isi lain dari nasi goreng ini layaknya nasi goreng lain pada umum -nya kok.. Cuma telor dan daun bawang ajah.. :D

Rasa -nya pun begitu.. Enak.. Walaupun tidak ada yang terlalu special menurut gue.. Hehehe..

[ Ayam Goreng Dada - IDR 12.000,- / potong ]
Nah.. Berhubung gue pada dasar -nya enggak terlalu hobi makan jamur, makanya gue menyelamatkan diri dengan memesan ayam goreng dulu.. Hehehe..

So.. Buat kalian yang enggak doyan jamur sama sekali.. Enggak perlu khawatir kalo diajak makan di Restoran JeJamuran.. Karena masih ada ayam goreng dan ayam bakar.. Kalo enggak doyan ayam juga.. Yowiss.. Makan nasi putih -nya ajah.. Nyiahahaha.. 

Ooh iyaa.. Unik -nya, ketika gue memesan Ayam Goreng ini, ternyata diberikan juga semacam sayuran urap.. Terdiri dari tauge, kol, dan kacang-kacangan lainnya.. Untuk rasa sambal -nya sih tidak begitu pedas..

[ Tumis Tauge Jamur - IDR 10.000,- ]
 Tumis Tauge Jamur ini, selain terdiri dari jamur (yang lagi-lagi gue enggak paham jenis -nya apa), ada juga ikan asin dan potongan bawang-bawang -an.. Seperti daun bawang, bawang putih, dan bawang merah..

Kalau dilihat dari foto, potongan bawang-bawang -an tersebut memang lumayan berukuran besar yah.. Tapi entah kenapa itu justru yang menjadi favorite gue :D

Ada juga potongan cabai rawit yang tapi tenang ajah.. Enggak terlalu membuat Tumis Tauge ini menjadi pedas kok.. 

Hanya saja gue agak terganggu dengan ukuran buntut tauge yang menurut gue masih terlalu panjang.. Kalo secara rasa sih oke..

[ Jamur Goreng Tepung / Jamur Crispy - IDR 17.000,- ]
Untuk Jamur Goreng Tepung atau Jamur Crispy ini terbuat dari Jamur Shitake.. Tepung -nya cukup tebal.. Tapi tidak segurih jamur crispy yang pernah gue makan sebelum -nya.. 

Jika jamur crispy yang pernah gue makan sebelum -nya sangat terasa sekali menggunakan tepung fried chicken.. Maka untuk Jamur Goreng Tepung atau Jamur Crispy ala Restoran JeJamuran ini agak sedikit berbeda..

Tepung -nya terasa lebih padat sehingga ketika kita makan menjadi tidak terlalu crunchy.. Namun rasa -nya menurut gue sungguh PAS.. Tidak terlalu gurih menyengat dengan bumbu-bumbuan.. Tekstur jamur shitake -nya sendiri masih terasa ketika kita gigit.. 

[ Lumpia Jamur - IDR 3.500,- / pcs ]
Menurut gue Lumpia Jamur ini masih terlalu pucat hasil gorengan -nya.. Kulit lumpia -nya juga tidak terlalu garing seperti lumpia kering pada umum -nya.. 

Dan ternyata, selain berisi jamur, lumpia ini juga berisi rebung seperti lumpia semarang.. Sehingga jujur saja, gue tidak terlalu bisa beradaptasi dengan aroma rebung yang kurang cocok dihidung gue..  

[ Asam Manis Jamur - IDR 17.000,- ]
Untuk Jamur Asam Manis ini terbuat dari Jamur Tiram yang di goreng tepung.. Ada tambahan irisan bawang bombay, cabai merah, dan cabai hijau besar..

Untuk rasa -nya sama seperti masakan ikan asam manis.. Hanya saja saus yang ada pada Jamur Asam Manis ini lebih cair dan lebih berminyak.. Menurut gue membuat rasanya menjadi lebih enak daripada masakan ikan asam manis.. 

Untuk potongan cabai merah dan cabai hijau -nya tidak membuat masakan ini menjadi pedas kok :D *tenang aja* 

[ Pepes Jamur - IDR 10.000,- ]
Jamur yang digunakan dalam Pepes Jamur ini adalah Jamur Shitake.. Sudah langsung dapat sambal dan lalapan -nya juga ketika kita memesan menu Pepes Jamur ini.. 

Agak sedikit berbeda dengan pepes tahu dan oncom yang pernah gue makan.. Biasanya pepes itu menggunakan daun kemangi sebagai tambahan di dalam -nya yang membuat aroma pepes menjadi lebih harum..

Tapi tidak dengan Pepes Jamur ini.. Gue jadi agak kehilangan aroma wangi yang biasa gue dapatkan dari menu pepes.. Tapi rasa Jamur Shitake dari menu pepes jamur ini sendiri masih terasa enak.. 

Rasa Jamur Shitake -nya sendiri juga tidak terlalu mendominasi karena dicampur dengan adonan tahu..

[ Tumis Kangkung Jamur - IDR 10.000,- ]
Well.. Untuk menu Tumis Kangkung ini.. Mereka menggunakan jenis Jamur Nameko.. Yang gue tau sih Jamur Nameko itu jenis jamur yang berasal dari Jepang.. Hehehe..

Hmm.. Tumis Kangkung ini tidak seperti tumis kangkung biasa -nya.. Karena gue merasa bahwa Tumis Kangkung ini diberikan tambahan saus tiram sebagai penambah rasa -nya.. Jadi pada bagian kuah -nya agak terasa lebih kental.. Dan itu sangat nikmat buat gue :p

Ooh iyaa.. Tapi yang amat disayangkan dari Restoran JeJamuran ini adalah kita tidak bisa membawa makanan dan minuman dari luar ke dalam Restoran JeJamuran.. Jadilah saat itu botol minuman air mineral gue ditahan sama petugasnya :( Menyebalkan..


Buat kalian yang mungkin ingin membeli oleh-oleh jamur khas Restoran JeJamuran, disini juga disediakan kok outlet jualan -nya..

Secara keseluruhan sih, Restoran JeJamuran ini cukup menyenangkan dan merupakan tempat yang unik sehingga rasanya perlu dimasukan ke dalam daftar list kunjungan jika kalian sedang berada di Jogjakarta..

Harga makanan tidak terlalu mahal, rasa makanan cukup memuaskan, porsi makanan -pun tidak terlalu banyak.. Menurut gue per porsi makanan -nya bisa untuk 2-3 orang.. Hihi..

Oke deh guys.. Sekian cerita gue kali ini tentang Restoran JeJamuran..

Sampai bertemu di postingan berikutnya.. 



RESTORAN  JEJAMURAN
Niron - Pandowoharjo
Sleman - Jogjakarta
(begitulah alamat -nya yang tertulis di struk belanja)
Telp. (0274) 868170



JOGJAKARTA SERIES 2015 :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...