Popular Posts of The Week

May 12, 2015

Kuliner Jogjakarta : Ayam Pedas Wong Jowo (Malioboro)

Kali ini gue mau bercerita tentang kegiatan icip-icip gue disalah satu rumah makan yang ada di kawasan Jalan Malioboro..

Yaps! Sesuai judul postingan ini : AYAM PEDAS WONG JOWO 

Pada kunjungan sebelumnya ditahun 2014, gue sebenarnya sudah berniat untuk mencicipi makanan di rumah makan ini.. Namun sayangnya temen traveling gue saat itu tidak suka pedas.. Hihihi..

Dan akhirnya terpenuhi juga rasa penasaran gue beberapa waktu lalu :D


Lokasi rumah makan AYAM PEDAS WONG JOWO ini memang sangat startegis.. Letaknya ada diantara kios-kios para pedagang batik.. Sehingga akan sangat terlihat dimata para pengunjung jalan Malioboro yang ingin berbelanja pernak-pernik..

Tempat -nya juga cukup besar karena ada 2 lantai.. Cukup bersih dan menyenangkan.. Hanya saja sesekali keberadaan pengamen tidak bisa dihindari.. Yah maklum, namanya juga jalanan terkenal di Jogjakarta :D

Dan berikut adalah menu-menu yang tersedia di rumah makan AYAM PEDAS WONG JOWO..



Harga -nya cukup terjangkau yah guyss.. Hihihi.. Bahkan ada beberapa menu paket lengkap yang kalo dipikir-pikir harga -nya jadi lebih murah banget :D

Oke.. Karena tidak semua anggota jalan-jalan lapar, maka hanya sedikit yang memesan makanan.. Dan berikut adalah pesanan gue dkk :-)

[ Ayam Lada Hitam (Ayam Kota) - IDR 14.000,-/ potong ]
 Begitu pesanan ini datang, gue bingung, kok Ayam Lada Hitam kuah -nya kayak kari begini.. Oke tapi mungkin ini adalah Ayam Lada Hitam gaya masak -nya rumah makan AYAM PEDAS WONG JOWO.. Kita nikmati saja :D

Rasanya pedes banget.. PARAH PEDES -nya.. Seumur-umur gue makan cabai, baru kali ini gue enggak berani makan kuah cabai.. Gue cuma berani makan daging ayam -nya saja..

Jadi begitu gue cicipi rasa kuah -nya, ada rasa rempah-rempah Indonesia yang amat sangat menyengat.. Setelah gue berdiskusi dengan teman-teman, kami menyimpulkan bahwa ternyata itu adalah aroma cabai jawa yang memang rasanya sangat pedas dan panas dengan aroma yang khas menyengat..

Oke.. Tidak lama berselang, rasa lada hitam -nya mulai beraksi menjadi panas dilidah dan mulut gue.. Wooowww.. Oke oke.. Gue cukup makan daging ayam -nya saja..

Sejujur-nya, gue pengen banget minum kuah Ayam Lada Hitam itu, karena rasanya yang pedas nikmat.. Tapi gue juga takut kalau-kalau perut gue jadi kepanasan dan berakibat fatal.. Namanya juga lagi jalan-jalan saat itu :D

Ooh iya.. Setiap memesan menu ayam, pelayan -nya akan bertanya sama kita, mau pakai Ayam Kota atau jenis Ayam Kampung.. Untuk jenis Ayam Kampung harga -nya lebih mahal yah guys.. Yaitu IDR 18.500,- /potong..

Oke.. Selanjutnyaa...


Yang sebelah kiri adalah Ayam Bakar Pedas (Ayam Kota) seharga IDR 14.000,- / potong.. 

Kemudian yang disebelah kanan adalah bagian dari paket Nasi + Tumis Kangkung + Tempe Tahu Goreng + Es Teh yang seluruhnya seharga IDR 12.500,-/paket..

Ayam Bakar Pedas -nya sama sekali tidak pedas.. Yaps! SAMA SEKALI TIDAK PEDAS.. Jadi buat kalian yang tidak suka pedas, jangan takut.. Karena ini rasanya manis gurih saja kok.. Hihihi..

Menurut gue malah bumbu ayam bakar -nya kurang menyerap ke daging ayam itu sendiri :(

Untuk tumis kangkung -nya enak.. Seperti masakan rumah pada umum -nya sih.. Memang tidak ada yang special.. Tapi sayangnya terlalu banyak batang kangkung yang agak mengganggu gue ketika makan :(

Berikut -nya..

 Hanya minuman saja kok.. Hehehe.. Yang berwarna putih adalah Jus Sirsak seharga IDR 10.000,-/gelas.. Es Jeruk Peras seharga IDR 3.000,-/gelas.. Dan Lemon Tea seharga IDR 4.000,-/gelas :D

Ooh iya.. Untuk pembelian nasi putih adalah seharga IDR 3.000,-/ piring -nya yah.. :-)

Oke.. Ada satu lagi yang unik di rumah makan AYAM PEDAS WONG JOWO ini.. Jadi ketika gue meminta sambal ulek sama pelayan -nya, ternyata baru diinfokan bahwa untuk sambal ulek bisa kita ambil sendiri ditempat yang tersedia dengan harga IDR 2.000,- / cobek kecil dan dapat free lalapan sayuran.. Hihi..


Dan yang buat menarik lagi adalah jenis cabai ulek yang disediakan sangat bervariasi.. Hihi..


Saat gue datang, pilihan sambal ulek -nya ada 5, yaitu : Sambal Tomat, Sambal Terasi, Sambal Lombok Ijo, Sambal Betutu, dan Sambal Kecap..

Pilihan lalapan -nya juga bervariasi.. Bukan cuma kol sama timun doang.. Hehehe.. 

Setelah selesai makan, ketika gue mau melakukan pembayaran, gue menemukan bahwa ternyata rumah makan AYAM PEDAS WONG JOWO ini juga menjual oleh-oleh coklat yang unik sekali.. Berikut yang gue maksud unik.. Hihi..

Itu dia.. Baca aja sendiri judul coklat -nya.. Hehehe..

Gue sih enggak beli dan enggak sempat nanya-nanya juga mengenai coklat ini sama pelayan -nya :D

Oke deh.. Secara keseluruhan gue suka makan di rumah makan AYAM PEDAS WONG JOWO ini.. Tempat -nya asik, pelayanan -nya cepat, rasa makanan -nya enak, harga -nya terjangkau.. 

Sekian review gue kali ini guys.. Semoga bermanfaat.. Keep traveling :*

AYAM PEDAS WONG JOWO
Jl. Malioboro No. 143 
Jogjakarta

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...