Popular Posts of The Week

May 20, 2015

A Journey to KALIURANG - Jogjakarta

Hallo guys..

(MASIH) melanjuti kisah perjalanan gue ke Jogjakarta beberapa waktu lalu.. Kali ini gue mau cerita tentang pengalaman ngenes gue saat pergi ke KALIURANG.. 

Yaps! Ngenes.. Ngenes tapi tetap menyenangkan.. Hehehe..

Jadi dengan bermodalkan jiwa ngebolang gue, gue memutuskan untuk pergi ke Kaliurang menggunakan transportasi umum.. Padahal menurut info yang ada (dan yang sudah gue tau pula), bahwa jarang sekali ada transportasi umum, baik menuju ataupun yang dari Kaliurang.. Tapi gue kekeuh untuk mencoba moda transportasi bus untuk menuju ke Kaliurang.. 

Baiklah! Setelah bersiap dipagi hari, gue langsung keluar dari Hotel Asih tempat gue menginap untuk menuju ke halte transjogja terdekat.. Berbekal informasi dari petugas transjogja tentang rute menuju ke Kaliurang, akhirnya gue naik bus transjogja dan berhenti di Halte Balemanggung..

Turun di Halte Balemanggung, gue melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 300 meter menuju ke perempatan lampu merah yang dikenal dengan nama Perempatan Kentungan.. Perempatan Kentungan ini adalah tempat dilalui -nya bus-bus menuju Kaliurang..

Setelah sampai di Perempatan Kentungan tersebut, gue pun menemukan papan penunjuk jalan yang mengarah ke kiri bertuliskan KALIURANG.. Baiklah! Sudah benar rasanya.. Akhirnya setelah tidak lama menunggu di Perempatan Kentungan tersebut, gue menemukan bus berukuran sedang seperti kopaja bertuliskan KALIURANG.. 

Yeayyyy.. Oke.. Akhirnya gue segera naik ke dalam bus tersebut..



Ini bukan bus yang akan berhenti di halte untuk mengangkut penumpang yah guys.. Sistem -nya sama seperti kopaja.. Jadi gue rasa kalian harus sigap untuk naik ke bus ini :-) Karena takutnya akan terlewat dan membuat kalian harus menunggu lagi..


Oke.. Ketika gue naik, gue langsung bilang kepada supir bus bahwa gue mau menuju ke tempat wisata Kaliurang.. Ke TEMPAT WISATA -nya.. Yaps! Kalian harus bilang seperti itu, karena ternyata KALIURANG itu merupakan nama jalan yang sangaaaaaaatttt panjang sekali.. Jadi tidak jauh dari tempat gue naik bus ini -pun sudah memasuki wilayah Jalan Kaliurang.. Padahal tempat wisata -nya masih jauh..

Nah! Setelah sekitar 1 jam-an naik bus, akhirnya gue tiba di tempat wisata Kaliurang.. Gue sudah mulai merasakan udara yang sejuk dan dingin seperti di puncak.. Saat itu gue tiba di tempat wisata Kaliurang sekitar Pkl. 11.00 WIB.. Untuk ongkos -nya adalah Rp. 20.000,- / orang.. Cukup mahal yah guys.. Hihi.. Tapi sebanding sih dengan perjalanan -nya yang cukup jauh dengan kondisi jalan yang agak menanjak..

Nah! Sebelum gue dkk turun dari bus, supir -nya berpesan kepada gue dkk bahwa bus pulang dari Kaliurang akan sangat jarang ditemui.. Karena sebenarnya bus menuju ke Kaliurang itu tidak sampai berhenti di tempat wisata -nya.. Hanya ditengah Jalan Kaliurang -nya saja.. Supir ini -pun mau sampai ke tempat wisata -nya karena kebetulan membawa penumpang yaitu gue dkk.. Jika tidak ada gue dkk, maka dia sudah putar balik jauh sebelum sampai tempat wisata Kaliurang.. 

Mungkin ini juga disebabkan karena saat itu adalah hari Senin.. Sehingga pengunjung yang menuju Kaliurang sangat sedikit, maka bus-bus pun sangat jarang.. Tapi gue juga enggak bisa menjamin sih kalau di akhir pekan apakah bus menuju dan dari Kaliurang akan ramai ada atau tidak :D

Supir -nya sih sempat menawarkan jasa untuk menunggu gue dkk, tapi itu jika gue dkk tidak terlalu lama jalan-jalan -nya (baca: setengah jam).. Karena merasa akan berwisata lebih dari setengah jam, maka gue dkk memutuskan untuk tidak menggunakan jasa supir bus tersebut untuk menunggu pulang..

Oke.. Untuk sementara gue melupakan permasalahan "Pulangnya gimana?".. Yang pasti gue menikmati dulu udara sejuk dan dingin -nya Kaliurang :D



Saat itu suasana Kaliurang sangat sepi.. Gue sengaja memilih hari Senin untuk pergi ke Kaliurang, supaya gue bisa lebih menikmati kondisi Kaliurang dibanding jika gue datang di hari Minggu.. 



Ada banyak kios yang berjualan diluar pintu masuk tempat wisata Kaliurang.. Mulai dari snack sampai makanan traditional khas Kaliurang, yang gue enggak tau namanya apa dan gue enggak sempat foto :D



Gue agak lupa harga tiket masuk -nya, tapi yang pasti tidak sampai Rp. 10.000,-/orang -nya..

Dan inilah kondisi di dalam tempat wisata Kaliurang :D



Kondisi di dalam -nya seperti kebun atau semi hutan sih.. Banyak pohon dan monyet yang berkeliaran.. 



Monyet-monyet yang ada disana tidak nakal kok.. Mereka semua jinak dan tidak akan menarik barang bawaan kita.. Hanya saja mereka pasti akan terus menghampiri kita jika kita memberikan -nya makanan..

Tapi walaupun begitu tetap aja gue takut.. Karena gue sempat menemukan beberapa monyet yang bertengkar sampai berlari-larian.. Dan gue merasa bahwa monyet-monyet tersebut suka memperhatikan pengunjung dengan tatapan mata yang seperti ingin mengikuti kita.. 

Hahaha.. Gue enggak tau apakah itu hanya perasaan parno gue ajah :p

Berjalan agak ke dalam sedikit, maka kita akan menemukan air terjun :-)



Air terjun -nya sendiri memang tidak terlalu deras dan air -nya juga tidak terlalu banyak.. Tapi suasana disekitar Air Terjun Muncar tersebut sungguh sangat sejuk nyaris dingin lho guys..

Wah.. Puas-puasin menghirup napas panjang deh jika pergi kesini.. Oksigen -nya segar banget :D

 Nah! Coba deh bayangkan jika pergi -nya diakhir pekan.. Pasti gue akan kesulitan untuk menikmati suasana tenang dan sejuk dingin seperti ini kan :D

Anyway.. Di lokasi Air Terjun Muncar ini pernah terjadi longsor.. Jadi jika kalian kesini, harus hati-hati juga yah.. Serem kan kalo lagi asik-asik menikmati alam tiba-tiba muncul longsor dari atas *iihh amit-amit* :(


Nah.. Di tempat wisata Kaliurang ini ada banyak sekali warga setempat yang menyewakan mobil jeep mereka untuk menuju ke lokasi dekat Gunung Merapi.. 

Yang gue tau sih tarif -nya sekitar Rp. 300.000,- sampai Rp. 500.000,- (sudah termasuk bensin dan supir -nya yang pasti)

Karena memang tidak ada niat untuk ke Gunung Merapi, maka gue dkk hanya mengobrol dengan para pemilik mobil jeep tersebut dan numpang gaya deh diatas mobil jeep -nya.. Hihihi..



Baiklah.. Setelah sekitar 1 jam setengah bermain-main dan menikmati alam di tempat wisata Kaliurang, akhirnya gue dkk baru memikirkan caranya pulang :D

DAN BENAR SAJA! Menurut petugas dan warga sekitar yang ada disana, bus dari Kaliurang menuju ke kota Jogjakarta itu sangat jarang sekali ada.. Sejak warga sekitar sudah banyak yang menggunakan motor, maka bus-bus tersebut pun jarang menuju sampai tempat wisata Kaliurang.. 

Ooh myyyyyy.. Oke.. Gue dkk memutuskan untuk berjalan santai ke arah pulang.. Berharap nanti ada bus yang lewat dan kita bisa naik.. Daripada harus berdiam diri menunggu tanpa harapan pasti..


And you know what.. Sepanjang perjalanan pulang itu, gue mendapati kenyataan bahwa Kaliurang itu sangat sangat dan sangat sepi sekali.. Bahkan tidak ada orang lain yang berjalan kaki selain gue dkk..

Jalanan -nya sih bagus guys.. Tidak rusak dan tidak ada yang berlubang.. Terlihat sekali bahwa lokasi Kaliurang ini sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah.. Tapi suasana -nya benar-benar sepi.. 

Di kanan kiri jalan hanya ada pohon dan villa villa yang disewakan.. Sebagian ada villa mewah.. Ada villa melati.. Tapi semua -nya SEPI !!

Bahkan diperjalanan pulang tersebut gue menemukan ada villa yang dijadikan lokasi shooting yang gue rasa adalah shooting film horror dan villa tersebut cerita -nya sedang dijadikan sebagai rumah sakit (sok tau yah gue :p)


Well.. Gue masih tabah berjalan dan sepanjang gue jalan tersebut, hanya ada sesekali motor yang lewat dan mobil jeep.. Itu pun SESEKALI saja lewat -nya..

WOW.. Gila bener sepi -nya tempat ini.. 

Ditengah perjalanan akhirnya dengan sangat bahagia gue menemukan warung cemilan..



Di warung ini lah gue dkk beristirahat sebentar sambil minum es dan makan gorengan :D



Dengan si pemilik warung ini lah gue dkk sempat bertanya-tanya tentang kejadian meletus -nya Gunung Merapi di tahun 2014 lalu yang sampai menewaskan Mbah Marijan.. 

Pemilik warung ini bahkan sampai mengungsi ke Solo selama 3 bulan.. Dan Kaliurang benar-benar menjadi kota mati saat itu.. Hmm.. Gue cuma mikir.. Saat itu aja suasana -nya udah sepi enggak ketulungan.. Gimana dengan suasana 'Kota Mati' seperti yang diceritain sama si pemilik warung yah.. :(

Si pemilik warung juga bercerita bahwa dekat daerah rumah Mba Marijan, ada jurang sedalam 32 meter yang bahkan sekarang sudah rata dengan tanah akibat banyak -nya abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi tersebut.. x_x

Wooo.. PARAH!

Oke.. Gue dkk melanjutkan perjalanan pulang (masih) dengan berjalan kaki.. Dan si pemilik warung dengan ramah menegaskan bahwa MEMANG JARANG ADA BUS LEWAT !! :((

Yang mengkhawatirkan adalah kondiri Kaliurang yang setiap hari selalu hujan (menurut si pemilik warung).. Gue cemas banget kalau hujan tiba-tiba sedangkan sepanjang jalanan tersebut hanya ada pohon dan villa yang pastinya berpagar sehingga tidak memungkinkan gue dkk untuk berteduh jika turun hujan :(

Sekitar 30 menit melanjutkan perjalanan, gue dkk lelah.. 


 Kayaknya total sudah 2 KM deh gue dkk berjalan kaki.. Dan beruntung gue menemukan warung yang sedang tutup.. Karena ternyata sudah mulai hujan, akhirnya gue dkk memutuskan untuk beristirahat disana..

Ada 1 orang pria juga yang sedang duduk disana.. Ketika gue tanya, ternyata dia juga sedang menunggu bus dan SUDAH 2 JAM menunggu di warung tersebut..

Heefffftttt..

Sekitar 15 menit menunggu, gue AKHIRNYA MELIHAT ADA BUS.. OOHHH MYYY GOD!! Bahagia banget gue ngeliat ada bus.. Walaupun itu arahnya naik ke tempat wisata Kaliurang.. Tapi minimal pas bus itu turun, gue dkk bisa naik bus itu..

Dan setelah 15 menit kemudian.. Bus itu turun juga =))



 Gue dkk langsung segera naik ke dalam bus itu.. Dan ternyata bus itu -pun bukanlah bus arah menuju dan dari Kaliurang.. Yang gue lihat malah seperti bus antar kota.. 

Hah! Ya sudahlah.. Yang penting gue enggak perlu jalan kaki lagi.. 

Kondektur -nya sempat bertanya mau diturunin dimana.. Ya gue jawab di Perempatan Kentungan saja.. Dan untuk itu gue dkk tidak bertanya lagi berapa tarif -nya.. Gue langsung saja kasih Rp. 20.000,- untuk 3 orang.. 

Dan kemudian kondektur -nya juga hanya menerima -nya saja tanpa komentar apapun.. Benar-benar.. Judul -nya gue hanya menumpang untuk diantarkan oleh bus ini..

Whatever.. Pesan gue ke kalian yang mau main ke tempat wisata KALIURANG dalam waktu sehari (alias tidak nginap).. Lebih baik sewa mobil pribadi yah nak.. Jangan melakukan kesalahan bodoh seperti gue lagi.. Sekalipun jiwa kalian lebih ngebolang dibandingkan gue.. TETAP, sayangi kedua kaki kalian.. Dan yang pasti, jangan bertaruh dengan waktu liburan kalian.. Daripada harus menanggung resiko rencana liburan kalian jadi bergeser acak-acakan.. Okee!

Lagipula jaraknya tidak begitu jauh kok dari pusat kota Jogjakarta.. Kalau gue yang naik transjogja dulu dan kemudian baru naik bus saja total -nya memakan waktu 1,5 jam sekali jalan.. Mungkin jika menggunakan mobil pribadi hanya akan memakan waktu 1 jam saja sekali jalan.. 

Oke deh guys.. Walaupun begitu.. Tidak ada yang gue sesali dari setiap perjalanan gue ke Kaliurang tersebut.. Yang ada itu semua memberikan gue pengalaman dan pelajaran lagi dalam hal 'jalan-jalan'.. Hehehe.

Dan karena rasanya postingan gue kali ini cukup panjang.. Maka cukup sekian yah guys..
See yaaa.. 

Oooh yah.. Kalian bisa juga nonton video liburan gue selama di Jogjakarta beberapa waktu lalu.. Check this video below guys :D

  - aiaidunk -




JOGJAKARTA SERIES 2015 :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...