Popular Posts of The Week

May 23, 2015

Kuliner Solo : Serabi Notosuman & Es Dawet depan Keraton Solo

Kalo berbicara tentang kuliner Solo, rasanya hampir semua orang tau dengan yang namanya Serabi Solo.. Bahkan rekan-rekan gue yang sering pulang kampung ke Solo -pun, sering kali membawakan Serabi Solo sebagai oleh-olehnya :D

Nah.. Diantara semua pedagang serabi yang ada di Solo, ada satu yang sangat terkenal, yaitu Serabi Notosuman.. Wooohhhooo..

Karena penasaran dengan ketenaran Serabi Notosuman ini, akhirnya ketika di Solo beberapa waktu lalu, gue menyempatkan diri untuk mampir langsung ke toko -nya :D

 Jika kalian ada di sekitar Stasiun Balapan Solo, kalian bisa mencapai ke toko Serabi Notosuman ini dengan menggunakan becak.. Hmm.. Masih lumayan jauh juga sih kalo dengan becak.. Tapi itu alternatif yang paling oke sambil melihat-lihat dan mengitari kota Solo (jika kalian memang belum pernah ke Solo) :-)

Tapi jangan sampai kesiangan yah.. Karena Serabi Notosuman ini sering cepat habis jika sudah siang hari.. Tapi beruntung ketika gue datang kesana di jam 2 siang -an, serabi -nya masih ada.. Hihii..


 Jika di Jakarta, makanan serabi sudah melakukan inovasi dengan memberikan beragam jenis topping diatas -nya, seperti coklat, keju, pisang, dll.. Maka berbeda dengan Serabi Notosuman ini yang hanya menyediakan 2 jenis varian saja, yaitu original (polos tanpa topping) dan yang dengan topping coklat..


Saat itu gue membeli yang 1 kotak berisi 10 pcs serabi dengan varian campur.. Yaitu 5 pcs yang coklat dan 5 pcs yang original.. 

Serabi Notosuman ini tidak ada santan atau kuah cair -nya seperti serabi-serabi yang masih sangat tradisional sekali guys.. Jadi serabi -nya kering dan sudah digulung-dulung di dalam-nya :D


Untuk harga -nya gue lupa pastinya berapa guys.. Tapi yang pasti ada dikisaran Rp. 20.000,- sampai Rp. 25.000,- / kotak -nya untuk yang isi 10..

Jika kalian tidak ingin membeli sekotak, bisa juga beli secara satuan kok.. Dan harga -nya dikisaran Rp. 2.000,- sampai Rp. 2.500,-/ pcs -nya tergantung varian rasa -nya :D


 Dan sesuai slogan -nya.. Rasa Serabi Notosuman ini gurih dan harum.. Gue suka.. Sayang topping -nya hanya ada yang coklat.. Gue berharap banget ada yang topping keju coklat dan pisang keju coklat.. Hihi.. :D

Ooh iya.. Serabi Notosuman ini hanya bisa bertahan selama 24 jam pada suhu ruang yah guys.. Jadi pastikan agar tidak berlama-lama menyimpan -nya.. Nanti sayang jadi kadaluarsa :(

Jika kalian ingin membawa -nya sebagai oleh-oleh, pastikan kalian baru membeli -nya dihari kepulangan kalian.. Tapi jangan sampai kesiangan juga yah beli -nya.. Nanti habis lagi :D

Setelah selesai menikmati Serabi Notosuman, gue melanjutkan perjalanan ke Keraton Solo alias Keraton Surakarta.. Kebetulan di depan -nya ada area tempat pedagang kaki lima yang berjualan.. Ada somai, rujak buah, bakso, dan es dawet.. 

Berhubung haus, jadilah gue mencicipi es dawet -nya :D


Suasana hari itu tidak sedang terik sih.. Bisa dibilang mendung.. Angin sepoi-sepoi.. Sambil duduk dibawah pohon, gue minum es dawet deh..


Seggeeerrrr banget deh rasanya.. Hehehe.. Memang disetiap perjalanan gue ke kota manapun, makanan atau jajanan kaki lima khas kota tersebut selalu menjadi incaran gue.. Hahaha..


 Harga -nya cuma kisaran Rp. 5.000,- / mangkok.. Tapi suasana -nya priceless.. Hihihi..

Oke deh guys.. Sekian cerita gue tentang Serabi Notosuman dan Es Dawet depan Keraton Solo.. Sampai jumpa di post berikut -nya yah :D Post tentang Kuliner Solo masih berlanjut lhoo.. :D

See yaaa...

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...