Popular Posts of The Week

May 09, 2015

Kuliner Jogjakarta : Bakso Sapi Kharisma Jaya & Angkringan Kopi Joss Loek Man

Setelah selesai check in di Hotel Asih - Jogjakarta, gue langsung ajah bergegas keluar Hotel Asih untuk mencari makanan.. Maklum ajah, saat itu sudah sore hari dan gue belum makan siang sama sekali.. 

Begitu keluar dari Hotel Asih, gue udah mencium aroma kuah bakso sapi.. Heeemmmm.. Harum bangettt.. Ternyata benar.. Persis di samping Hotel Asih, ternyata ada tukang bakso sapi dan mie ayam.. Well.. Langsung ajah gue menuju ke kios bakso tersebut..

BAKSO SAPI KHARISMA JAYA

 Maklum ajah, gue tergolong pecinta bakso sapi.. Jadi begitu sampai Jogjakarta dan melihat ada bakso sapi dengan aroma kuah yang sangat menggoda, gue serasa seperti di surga.. LOL.. Oke gue lebay :D


Tidak perlu berlama-lama, gue langsung saja memesan bakso -nya.. Sayangnya tidak ada varian bakso telur.. Yang ada hanya bakso urat saja :D

Nah.. Ketika gue makan disana, suasana bisa dibilang cukup ramai.. Mungkin mereka adalah para mahasiswa yah guys.. Soalnya lokasi Bakso Sapi Kharisma Jaya yang bersebelahan dengan Hotel Asih ini kan dekat sekali dengan Universitas Gadjah Mada (UGM)..

Dan sambil menunggu, gue sedikit terkejut dengan daftar harga yang dipajang di kios bakso ini.. 


Kok murah banget yah.. Hihihi.. Harga mahasiswa banget ini mah.. Oke deh, sembari menunggu, gue memperhatikan bahwa disetiap meja ada piring berisi gorengan yang ditutup.. Tapi ada 1 meja yang berisi bakso tahu..

Dan karena keliatan -nya enak, langsung ajah gue ambil 2.. 


Gue sempet bingung sih, soalnya kalo di Jakarta kan bakso tahu jadi salah satu varian bakso yang dimakan bareng kuah, kalo ini enggak.. Disajikan seperti layaknya gorengan.. Hihi..

Gue sempet nanya sama tukang bakso -nya, bakso tahu ini untuk dimakan terpisah sama bakso atau untuk ditaro dikuah bang ?? Karena sibuk banget, si abang cuma jawab dengan cepat, "Enggak! Pisah neng!":p

Oke.. Inilah pesanan bakso gue :D


Untuk kuah -nya, memang gue perlu menambahkan sedikit bumbu lagi agar rasa -nya sesuai dengan selera gue.. 

Sedangkan untuk rasa daging bakso -nya bisa dibilang tidak segaring bakso sapi pada umum -nya.. Tekstur -nya lembek.. Mungkin karena tidak ditambahkan bahan penggaring apapun pada adonan bakso -nya.. Rasa daging bakso -nya sendiri gurih dan harum aroma bawang putih..

Well.. Untuk rasa bakso tahu -nya juga enak.. Tekstur tahu -nya sendiri padat.. Isi daging bakso di dalam -nya pun lumayan banyak dan juga padat.. Rasa bakso pada tahu -nya sama seperti rasa bakso sapi -nya, tidak garing tetapi juga tidak terlalu lembek.. 

3 porsi bakso + 2 pcs bakso tahu + 3 gelas teh hangat = Rp. 29.500,-

ANGKRINGAN KOPI JOSS LOEK MAN 
(Malioboro Street)


Setelah jalan-jalan malam disekitar Malioboro.. Akhirnya gue pergi mencari Angkringan Kopi Joss Lik Man.. 

Iya! Awalnya gue mau ke Angkringan Kopi Joss Lik Man yang terkenal itu, tapi sayangnya pas sampai disana, suasananya sangat ramai dan penuh, sehingga kalau mau, gue hanya bisa duduk di angkringan yang tidak ada tenda atasnya.. Padahal saat itu sudah mau gerimis-gerimis kecil.. 

Akhirnya setelah gue pikir-pikir.. Daripada duduk di angkringan yang tidak ada tendanya sebentar dan harus pulang karena hujan, lebih baik gue pergi ke angkringan kopi joss lainnya deh..

Dan seperti biasa, ada saja yang memberikan nama angkringan -nya menyerupai nama angkringan orang lain yang sudah terkenal.. Hihihi.. Kali ini yang gue kunjungi adalah Angkirang Kopi Joss LOEK MAN.. 

Saat itu suasana Angkringan Kopi Joss LOEK MAN tidak begitu ramai.. Hanya ada beberapa orang saja yang duduk disana.. Lumayan kan buat gue jadi lebih leluasa..


Oke deh.. Gue langsung saja pesan minuman utama -nya, yaitu Kopi Joss alias kopi hitam yang dicelupi sama arang membara..

[ Kopi Joss tanpa Gula - IDR 5.000,- / gelas ]

Rasanya ?? Sama aja kok menurut gue dengan kopi hitam pada umum -nya.. Hihi.. Hmm.. Dengar-dengar sih Kopi Joss ini baik untuk kesehatan.. Walaupun belum ada penelitian secara medis yang menyatakan kebenaran -nya..

Terlepas dari hal tersebut, gue hanya menganggap bahwa Kopi Joss ini sebagai salah satu keunikan kuliner di Indonesia :D Walaupun terkadang bertanya-tanya, apakah bukannya arang yang merah membara sehabis dibakar api langsung itu justru tidak bagus yah untuk kesehatan ??!! -_-" Hmm.. Entahlah..

Oke.. Pesanan berikutnya..

[ Nasi Kucing isi Teri - IDR 2.500,- ]
Hmm.. Isinya cuma 1 ekor teri.. Sisanya adalah potongan cabai.. Serius deh.. Gue rasa kucing ajah enggak kenyang makan nasi kucing ini =))

Dan karena porsi -nya cuma sedikit, maka gue enggak bisa komentar banyak tentang rasanya.. Dominan adalah rasa.. NASI.. HAHAHAHA..

Selain nasi kucing dan menu utama -nya berupa kopi joss.. Angkringan ini juga menjual banyak cemilan atau gorengan tradisional..


Ada sate bakso, sate kulit, gorengan seperti tahu, tempe, bakwan, dll.. Cocok kan buat teman minum kopi di malam hari.. Hihihi.. Harganya bervariasi tapi dijamin murah lah.. Hihhii..

Oke deh guys.. Sekian cerita gue kali ini.. See yaa di post berikutnya :p

- aiaidunk -

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...