Popular Posts of The Week

May 14, 2015

Kuliner Jogjakarta : Minggu Pagi di Pasar SunMor (Sunday Morning) - UGM Jogjakarta

Halooo.. Masih melanjuti kisah jalan-jalan gue ke Jogjakarta beberapa waktu lalu..

Jadi berhubung tempat gue menginap selama di Jogjakarta, yaitu Hotel Asih berada dekat dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan juga kebetulan ketika gue datang kesana berada dimasa weekend, maka beruntung lah gue bisa mampir ke Pasar Sunday Morning alias Pasar SunMor di lokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut.. Hihihi..

Yaps! Sesuai nama -nya.. Pasar ini hanya beroperasi di hari Minggu saja.. Tepat -nya dipagi hari.. Biasanya Pasar SunMor ini sudah ramai sejak jam 6 pagian.. Dan mungkin akan mulai sepi jika sudah hampir jam 12 siangan.. 

Pagi itu dari Hotel Asih, gue cukup berjalan kaki sekitar 10 menit saja menuju lokasi Pasar SunMor.. Sebelum menyebrang jalan, dari kejauhan sudah terlihat sekali ramai-nya kendaraan yang diparkirkan di area Pasar SunMor.. 


Ternyata benar saja.. Area Pasar SunMor sudah cukup ramai pengunjung pada saat gue datang tersebut.. Saat itu gue datang sekitar jam 8 pagian sih..


Namun jika sudah benar-benar memasuki area Pasar SunMor -nya, maka jalanan yang ada akan tetap rapi dan teratur kok.. Liat saja foto diatas..

Jadi di area depan -nya memang akan sangat padat dengan parkiran kendaraan dan juga para pengunjung yang baru datang yang (mungkin) juga sedang mencari tempat parkir.. Tapi jika sudah masuk ke area dalam Pasar SunMor -nya, maka kita tidak akan berdesak-desakan lagi seperti pada gambar sebelum -nya..

Oke deh.. Jadi apa ajah yang ada di Pasar SunMor UGM Jogjakarta ini yah..

Let's see :D

Dengar-denger sih.. Pasar SunMor ini berdiri sejak tahun 1998 -an.. Yaitu ketika Indonesia sedang menderita krisis ekonomi besar-besar-an..

Isi dagangan yang ada di dalam Pasar SunMor ini -pun beragam.. Mulai dari kuliner berupa street food, snack tradisional, jajanan kecil-kecilan, dll.. Ada juga penjual pakaian, sepatu, sendal, tas, aksesoris wanita, sampai pedagang powerbank -pun ada di Pasar SunMor ini..

Untuk harga -nya, menurut gue sih masih lebih murah barang-barang yang ada di Malioboro.. Hihihi.. Bisa dibilang harga barang-barang yang ada di Pasar SunMor ini tidak jauh berbeda dengan harga barang-barang yang dijual di pasar-pasar Jakarta..


Nah! Sepanjang Pasar SunMor.. Cemilan ini lah yang paling banyak gue temui.. Sepertinya gue hampir menemukan 10 pedagang yang menjual cemilan ini.. Yaitu Takoyaki Ala-Ala Pasar SunMor.. 

Jika Takoyaki yang sering dijual di mall berisi keju, daging sapi, daging ayam, daging gurita, dll.. Maka Takoyaki Ala-Ala Pasar SunMor ini hanya berisi sayuran seperti kol dan daun bawang saja.. Adonan -nya juga terbuat dari telur kocok.. Berbeda dengan adonan Takoyaki yang sesungguh -nya..

Tidak ada juga topping berupa seawed diatas -nya.. Yang ada hanya saus sambal dan kecap jika kita mau menambahkan.. Hihi..

Yang membuatnya menjadi mirip dengan Takoyaki adalah bentuk dan cara pembuatan -nya yang dengan mebolak-balikan adonan menjadi bentuk bola-bola saat sedang ada di loyang :D


Harga Takoyaki Ala-Ala Pasar SunMor ini murah kok.. Sekitar Rp. 2.000,- / 3 pcs -nya.. Hehehe.. Hanya saja yang gue beli ini rasanya kurang asin di lidah gue.. Entahlah kalo racikan pedagang lainnya :D


Nah.. Kalo ini adalah penjual donut yang kreatif.. Jadi mereka baru akan membuat hiasan donut -ya ketika ada yang memesan.. Seperti -nya bisa custom juga deh topping -nya mau yang ada dibuat seperti apa (ini sih gue sotoy alias sok tau yahh) Hehehe.. 



Kalo yang ini nama -nya Getuk Lindri warna warni.. Tapi sayang -nya gue enggak coba.. Hehehe.. Padahal dari penampilan -nya looks yummy yah dengan warna-warna cerah yang menarik :D


Nah! Jika kalian mau sarapan di Pasar SunMor tapi perlu makanan berat, di Pasar SunMor juga ada.. Tapi hati-hati yah.. Takut -nya kalo pagi-pagi makan yang pedas-pedas bisa bikin mules lagi.. Hihihi..

[ Jamur Crispy ]

Nah.. Risol Mayonnaise ini sangat menggoda gue ketika disana.. Looks yummy bener.. Harga -nya pun murah-meriah.. Hanya Rp. 3.000,- / pcs -nya..


 Isinya ada wortel, mayonnaise, sosis sapi, dan kol.. Hehehe.. Lumayan menghibur sih makanan yang ada di Pasar SunMor..

Hmm.. Karena saat itu gue sedang mencari toilet, maka gue dkk saat itu masuk area yang sepertinya merupakan Universitas Gadjah Mada (UGM).. Tapi sayangnya toilet yang ada -pun jauuuuuhhhhhh sekaliii..

Dan sepanjang masuk ke area yang mungkin Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut, gue menemukan ada sebuah masjid megah berukuran besar dengan halaman atau taman dan air mancur sebagai tempat santai atau beristirahat..

Bagus deh..




Buat warga Jogjakarta, apakah benar foto-foto diatas masuk area Universitas Gadjah Mada (UGM) -nya ?? Hihi.. Soalnya sepanjang gue masuk kesana, tidak ada gedung kampus -nya.. 

Well.. Oke deh guys.. Sekian ajah cerita gue kali ini.. See ya di postingan berikutnya.. :D

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...