Popular Posts of The Week

January 24, 2015

Culinary at IKEA Indonesia | Alam Sutera - Tangerang

 Hayy guyss.. Pasti udah tau dong tentang pembukaan cabang IKEA yang pertama di Indonesia.. Berlokasi di komplek perumahan Alam Sutera - Tangerang..

Selain terkenal karena IKEA ini merupakan store yang menjual furniture rumah tangga dan memiliki banyak cabang di berbagai negara, IKEA ini juga terkenal dengan makanan yang disajikan di food court -nya.. Terutama bakso -nya.. :D

So.. Berkunjunglah gue ke IKEA beberapa waktu lalu..

Sebenarnya gue udah lumayan lama mampir ke IKEA di Alam Sutera ini.. Cuma gue baru sempet untuk posting di blog sekarang :D Hihihi.. *maafkan blogger murtad ini*

Pada saat gue berkunjung kesana, suasana cukup ramai.. Maklum, waktu itu sedang weekend.. Gue cuma sebentar ajah melihat barang-barang di IKEA.. Karena benar-benar ramai sekali sampai agak sulit untuk berjalan..

Well.. Akhirnya gue beralih ke spot utama, yaitu food court -nya.. 


 Saat itu meja-meja di food court sudah lumayan ramai.. Sudah agak sulit menemukan meja kosong saat itu..

Tapi suasana -nya masih cukup nyaman kok :D

Tapi beruntung gue dkk masih bisa menemukan meja kosong yang lokasinya deket jendela.. Bagus dan nyaman :D


Okeh.. Karena saat itu suasana sudah cukup mengantri.. Tanpa menunggu lama lagi, gue juga ikut untuk langsung mengantri dan memilih makanan..

Antrian dibuat memutar dan selama menunggu antrian, kita bisa melihat menu yang tersedia pada papan menu yang ada dibagian atas.. Begitu kita menyebutkan menu yang kita inginkan, sambil berjalan maka petugas akan menyiapkan menu pilihan kita..

Letak antrian ada disebelah kiri dan sebelah kanan.. Sedangkan dibagian tengah, ada meja besar yang berisi pilihan snack-snack.. Kita bisa memilih dan mengambilnya jika kita ingin beli.. 

Setelah selesai mengantri dan memilih makanan, maka kita bisa langsung menuju kasir dan membayarnya..

IKEA menyediakan keranjang makanan yang cukup unik untuk membawa makanan belanjaan kita :D


So.. Ini lah menu-menu yang gue dkk pesan saat itu :D

[ Paha Ayam Panggang - IDR 35.000,- ]
Paha Ayam Panggang dengan saus krim IKEA ditambah toping berupa potongan wortel matang dan ditambah mashed potato.. Mungkin karena tidak terlalu sesuai dengan selera gue, jadi gue merasa kalau rasa saus krim IKEA ini agak hambar dan cukup enek kalo tidak ditambahkan saus sambal lagi.. 

Rasa ayam -nya sendiri cukup enak.. Walaupun tidak menjadi favorite buat gue.. :D

[ Poached Salmon - IDR 60.000,- ]
 Menu Salmon Rebus ini serupa dengan Paha Ayam Panggang diatas.. Baik dari saus krim dan juga side dish -nya yang merupakan mashed potato.. Beda -nya, toping yang digunakan bukan hanya potongan wortel, melainkan potongan kecil wortel, kacang polong, jagung, dan kacang panjang yang di rebus.. 

Rasa salmon -nya enak dan gurih sekalipun hanya direbus.. Rasanya ini menu makanan yang sehat banget yah guys.. Walaupun enak dan gurih, tapi tetep tidak menjadi menu favorite gue.. Hihihi..

Oke beralih ke menu super star di IKEA.. 

[ Swedish Meat Ball 10 pcs - IDR 40.000,- ]
 Yaps! Menu super star di IKEA adalah bakso -nya.. Dengan side dish yang sama yaitu mashed potato, bakso sapi ini disajikan dengan saus krim yang berbeda dengan 2 menu sebelumnya.. Saus krim -nya lebih berwarna coklat.. 

Gue sendiri enggak yakin apakah yang membuat saus krim ini memiliki warna yang berbeda, karena dari rasa, sama saja seperti saus krim sebelumnya yang berwarna putih.. Tidak ada rasa yang dominan pada saus -nya.. Seperti rasa tawar yang biasa saja..

Tapi bakso -nya ?? ENAK.. Rasa daging -nya gurih dan gue merasa ada dominasi aroma lada hitam di dalam -nya.. Jadi -nya harum deh saat dimakan.. Gue suka sama bakso IKEA ini.. 

Hmm.. Gue sendiri kurang yakin sih, bakso IKEA ini digoreng atau dipanggang.. Yang penting enak lah.. HAHAHA..

Hampir semua menu di IKEA menggunakan mashed potato.. Sayangnya kita tidak bisa mengganti dengan pilihan menu kentang lainnya.. Jadi kalo mau french fries, kita harus beli secara terpisah :(

[ Soft Drink - IDR 7.000,- REFILL ]
[ Teh / Kopi - IDR 7.000,- ]
Pada saat kita memilih minuman di area food court, kita hanya bisa mengambil gelas bening untuk soft drink dan cangkir untuk kopi / teh.. Gelas-gelas tersebut masih kosong pada saat kita ambil.. Setelah membayar, diluar area kasir -nya, baru kita bisa mengisi sendiri minuman yang kita beli di mesin minuman yang ada..

Seperti gambar dibawah ini lah mesin minumannya..


Selain menu yang siap saji tersebut, ada juga beberapa menu dingin yang bisa kita beli di IKEA.. Seperti salad, salmon dingin, dll.. Jika kita membeli menu seperti itu, maka kita bisa menghangatkan -nya di microwave yang tersedia di sekitar meja-meja food court..

[ Area Microwave dan Tempat Sambal Saus ]
 Untuk makan di area food court ini, semua pengunjung diharapkan untuk membersihkan sendiri meja yang diduduki -nya untuk makan.. Kemudian meletakan kembali nampan dan piring / gelas kotor di tempat -nya..



 Jangan sampai IKEA di Indonesia menjadi IKEA dengan kondisi food court yang paling kotor.. Karena kalo itu terjadi, berarti itu menunjukan bahwa KITA (orang Indonesia) lah yang jorok.. Hikss.. #AyoDisiplin

 OKE! Setelah selesai mencicipi makanan di food court -nya.. Sekarang beralih ke makanan yang ada di lantai bawah dekat pintu keluar IKEA..

Sebenarnya saat itu gue beneran mau keluar dari IKEA.. Tapi begitu lewat area menuju pintu keluar dan menemukan ada tempat jajanan kecil seperti roti, hotdog, dan ice cream, maka gue berhenti untuk icip-icip lagi deh..


Disini harga makanannya lebih murah.. Ada roti isi ayam pedas yang harganya cuma IDR 5.000,- Tapi eh tapi ngantri -nya keterlaluan boooo.. Cuma mau makan roti sama ice cream ajah harus begini antriannya..

Cuma tetep ajah sih gue dkk ngantri untuk cobain makanan -nya.. LOL..


Setelah gue sampai depan, gue pesen Roti Goreng isi Spicy Chicken sama Ice Cream Cone -nya.. Gue lupa harga Ice Cream Cone -nya berapa, tapi gak mahal kok.. Kisaran ribuan ajah per pcs -nya.. 


[ IDR 5.000,- / pcs ]

Rasa roti goreng -nya enak, sekalipun gue enggak menemukan rasa pedas pada isi ayam -nya.. But overall gue suka sama roti goreng -nya :D 

Untuk pesanan Ice Cream Cone -nya, petugas hanya memberi gue 2 pcs Cone dan 2 koin mesin supaya gue bisa ambil sendiri Ice Cream -nya..



Lokasi mesin Ice Cream -nya memang tidak terlalu jauh dari tempat penjual roti goreng itu, cuma gue kaget ajah.. Karena ternyata antriannyyaaaaaaaaaaaa...

Seperti ini :



Hiks.. Udah capek ngantri untuk beli Roti Goreng dan Ice Cream Cone, ternyata gue harus ngantri lagi untuk ambil Ice Cream Cone -nya.. 

Ya sudah.. Terlanjur beli.. Gue ngantri lagi deh..


Yah kira-kira seperti itulah pengambilan Ice Cream Cone -nya.. Dan yang harus self service mengambil sendiri seperti ini bukan cuma Ice Cream Cone ajah, tetapi Soft Drink lainnya juga..



How about the taste ? ENAK !! Gue suka kok rasa Ice Cream Cone -nya.. Harum susu -nya kerasa banget.. Buat yang enggak susu pasti bakal enek.. Tapi gue SUKAAA !! ENAKKKKK.. Gue ajah kepengen makan lagi rasanya :D

Hihi.. Oke deh guys..

Gue rasa sekian review gue tentang culinary at IKEA.. 

See yaaaa ^^

- aiaidunk -

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...