Popular Posts of The Week

January 11, 2015

Sari Amerta Batik Collection [ Gianyar - BALI ]

Hari dimana gue berkunjung ke Ubud - Bali beberapa waktu lalu, gue sempat diajak sama guide gue ke salah satu tempat pengrajin batik di daerah Gianyar - Bali.. Karena memang lokasi -nya searah dengan Ubud, makanya sekalian diajak deh.. :-)

Nama tempatnya adalah Sari Amerta Batik Collection.. 

Jujur aja, secara pribadi gue kurang tertarik sama wisata seperti ini.. Tapi tidak menutup kemungkinan gue buat lihat-lihat sekedar untuk menambah pengetahuan :D

Untuk masuk ke lokasi ini tidak dikenakan biaya atau tiket masuk.. Mungkin hanya biaya parkir saja jika kita membawa kendaraan yang diparkir.. 

Lokasi -nya cukup besar.. Dan di dalam halamannya terdapat sebuah ruangan terbuka yang menjadi tempat para pengrajin melakukan pekerjaannya, yaitu membatik dan membuat kain tenun.. 

 Ditempat tersebut, akan ada seorang petugas wanita yang akan menjelaskan proses pembuatan batik atau kain tenun kepada para pengunjung.. 

Tidak terlalu formal sih, petugas tersebut biasanya baru akan menjelaskan jika memang para pengunjung -nya curious untuk bertanya.. Petugas -nya juga memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik.. Terlihat ketika petugas tersebut menjelaskan kepada seorang pengunjung dari luar negeri :D 

Foto diatas adalah pengrajin batik yang sedang membuat konsep gambar dari batik yang akan diproduksi.. Nantinya konsep tersebut akan diberi warna..

Foto diatas adalah perlengkapan para pengrajin batik.. Baik dari cetakan dan pewarnanya.. Semuanya masih menggunakan alat-alat tradisional yah guys :D

Untuk pewarna merah -nya, para pengrajin batik ini menggunakan kulit manggis sebagai sumber warna merahnya..

Ini dia kulit manggis yang akan dijadikan sumber warna merah dari batik-batik yang di produksi oleh Sari Amerta Batik Collection. Proses pengerjaannya sendiri gue kurang paham, bagaimana dari kulit manggis kering ini bisa dijadikan pewarna untuk batik.. Hihi..

Selain pengrajin batik, ada juga pengrajin kain tenun ditempat ini.. Dari benang-benang yang hanya sehelai-sehelai ini, kemudian dibuat menjadi kain yang cukup besar ukurannya.. Hebat yahhh..

Kain tenun yang dibuat juga memiliki corak atau variasi yang beragam.. Nice.. Kalo gue rasanya udah males banget yah.. Mending cetak ajah deh pake mesin.. Hihi.. #GenerasiMudaMacamApaAku :(


Di sela-sela pengrajin batik dan kain tenun wanita tersebut, ada juga pengrajin kaos lukis.. Kalo ini sih warna tinta -nya sudah menggunakan sumber pewarnaan yang agak modern yah..

Gue sendiri kurang tau apakah para pengunjung bisa ikut mencoba membuat batik, karena dari awal gue kurang tertarik, jadinya gue langsung saja masuk ke outlet dimana hasil kerajinan batik dan kain tenun ini dijual..

Sayangnya, tidak boleh ada kamera atau pengambilan foto sedikit pun di outlet tersebut.. Sayang banget yah.. Padahal kan kalo boleh foto, pengunjung bisa pajang fotonya di media sosial, siapa tau ada yang berminat untuk beli.. 

Harga batik dan kain tenun -nya cukup mahal sih.. Yah karena ini benar-benar batik tulis bukan batik cetak.. Selain baju atau kain, mereka juga membuat kerajinan lainnya dari bahan dasar batik untuk dijual, seperti tas, dompet, topi, blankon, dll..

Yaps! Tempat ini bisa dijadikan salah satu alternative buat kalian yang mau wisata edukasi ke Bali.. 

Sekian cerita gue kali ini guyss.. See yaa at the next post :D

Sari Amerta Batik Collection
Jl. Raya Batubulan - Sukawati
Gianyar - Denpasar
Bali 80582
Telp. (0361) 299058



0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...