Popular Posts of The Week

January 11, 2015

Cooking Chicken Nugget \(",)/ ala Chef Aiaidunk

Sebenarnya gue udah cukup lama banget pengen buat Chicken Nugget sendiri.. Tapi baru kesampaian beberapa waktu lalu..

Sebagai pecinta Chicken Nugget, tiap baca resep dan cara buat Chicken Nugget di internet ajah bisa bikin gue ngiler.. HAHAHA..

Oke well..

Apa ajah yang gue siapkan.. Let's see..


  1. Foto kiri atas adalah foto 500 gram ayam fillet.. Ayam fillet itu kemudian gue cuci dulu hingga bersih, kemudian gue cabutin juga semua kulit-kulit atau lemak ayam yang masih menempel.. Maklum ajah.. Gue enggak suka ada lemak atau kulit ayam -nya sedikit pun.. 

2. Ayam fillet itu kemudian gue potong-potong dulu menjadi agak kecil-kecil.. Setelah gue potong baru deh gue cincang.. Sebenarnya gue potong-potong ayam fillet tersebut supaya lebih gampang ajah untuk mencincang -nya dengan pisau besar :D

3. Foto kanan atas adalah hasil cincangan gue.. Cincang ajah sampai halus.. Lebih halus lebih enak menurut gue :D

4. Foto kiri bawah ada 2 batang wortel yang gue potong-potong.. Tapi jangan lupa dikupas dulu kulit wortel -nya.. :-) Setelah dipotong, baru deh wortelnya dicincang seperti pada saat gue mencincang daging ayam fillet -nya..

5. Foto kanan bawah adalah hasil cincangan wortel yang dicampur dengan cincangan ayam fillet -nya..


6. Setelah itu, gue siapkan 2 slice roti tawar yang kemudian gue potong-potong.. Bisa dilihat foto diatas yang bagian kanan.. Ada potongan banyak berwarna putih kan.. Nah itu roti tawar -nya..

7. Gue tambahkan bumbu-bumbu secukupnya, antara lain : cincangan bawang putih, garam, penyedap rasa atau kaldu ayam instant, dan lada.. 


8. Setelah semua siap, gue tambahkan 2 butir telur ke dalam adonan Chicken Nugget tersebut.. 2 butir telur ayam itu semua bagiannya yah dimasukan.. Yaitu kuning telur dan putih telurnya juga..

9. Setelah itu gue tambahkan air sedikit ajah biar tidak terlalu kering pada saat diaduk.. Kemudian gue aduk semua adonan -nya, lalu gue masukin ke dalam loyang atau cetakan yang sebelumnya gue olesin mentega terlebih dahulu..

Dan inilah hasilnya :


10. Setelah siap, gue masukan kedalam kukusan.. Gue kukus selama kira-kira 15-20 menit.. Sesekali gue cek apakah udah matang atau belum dengan menusuk-nya dengan sumpit.. Bisa dirasa lah apakah adonan masih lembek atau sudah padat dan matang..

Dan setelah matang, inilah hasilnya :


Apakah sudah selesai ?? Tentu saja BELUM..

Setelah matang dikukus, adonan Chicken Nugget ini kemudian gue potong-potong kotak atau sesuai selera kalian deh..


11. Setelah dipotong-potong, siapkan kocokan telur dan tepung roti (tepung panir)..

12. Masukan potongan-potongan Chicken Nugget tersebut kedalam kocokan telur, lumuri seluruh bagiannya, kemudian pindahkan kedalam tepung roti (tepung panir), lumuri lagi seluruh bagian potongan-potongan Chicken Nugget tersebut dengan tepung roti (tepung panir)..


Setelah siap, Chicken Nugget ini bisa kalian bekukan di freezer sebagai stock.. Hehehe.. Dan jika sudah mau makan baru digoreng deh.. Kalo gue ?? Gue sih langsung goreng saat itu juga dongggg..

Dan inilah hasilnya..


Wooohhh.. Looks yummy kan.. Dan setelah gue mencoba membuat Chicken Nugget ini sendiri, gue ngerasain banget beda-nya Chicken Nugget buatan rumah sendiri sama Chicken Nugget buatan pabrik..

Chicken Nugget yang gue buat ini jelas lebih padat isinya.. Dan tidak lembek kenyel-kenyel seperti Chicken Nugget kemasan.. Jadi berasa lebih sehat karena yakin benar bahwa isi Chicken Nugget ini adalah full daging ayam, bukan campuran dari kulit atau lemak ayam yang membuat Chicken Nugget jadi lembek..


Supaya lebih sehat dan bergizi, selain wortel kalian bisa tambahkan juga parutan keju dan cincangan sayuran lainnya.. 

Oke deh guys.. Sekian cerita dari gue dan selamat mencoba (untuk membuat Chicken Nugget sendiri).. Yummm..

- aiaidunk -

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...