Popular Posts of The Week

September 03, 2014

Aku, Gigiku, dan Si Dokter Gigi yang baru..

Baiklah kawan.. Pertama-tama, biarkan gue mengurutkan terlebih dahulu post-post gue yang berhubungan dengan gigi.. 

Oke.. Gue sempet kepikiran untuk membuat satu label tersendiri di blog gue yang isinya ngebahas masalah gigi gue yang.. Eerrr.. Rasanya enggak selesai-selesai.. Tapiii heyyyy! Gue urungkan niat gue tersebut, karena gue sama sekali enggak berharap untuk punya cerita tentang masalah gigi gue.. LAGI..

Well.. Kalo sebelumnya kalian pernah baca seluruh cerita gue di link atas, gue rasa inilah saatnya buat gue untuk melakukan klarifikasi.. Yaps! Gue merasa kurang teliti pada saat berobat gigi dikisah gue sebelumnya.. Dimana gue ngerasa bahwa "Perawatan Saluran Akar" yang udah gue jalanin adalah sudah benar.. Ternyata enggak :(

Jadi ceritanya, beberapa waktu lalu.. Gigi geraham bawah kiri gue yang udah gue lakukan perawatan saluran akar itu, bolong -nya makin besar.. Karena bolongnya makin besar itulah, maka tambalan yang udah ada, jadi terlihat enggak menutupi bolong nya gigi gue dengan baik, bahkan tambalannya terlihat mau copot..

DUH! Gue panik dong.. Gue enggak mau tuh tambalan tiba-tiba copot terus tanpa sengaja ketelen sama gue! X_X

Ya udah! Akhirnya gue dengan berat hati pergi lagi ke dokter gigi.. Walaupun gue tau kalo gue pasti harus menjalani perawatan saluran akar ulang dengan dokter gigi yang baru..
Kenapa begitu ?? Oke! Gue sedikit throwback yah.. Jadi pas waktu gue mencoba scalling di klinik gigi gue yang baru, si dokter gigi yang baru ada melakukan foto dental sama gigi geraham gue itu.. Hasil fotonya langsung jadi beberapa menit kemudian.. Modelnya kayak hasil rontgen gitu deh.. Sayangnya gue lupa foto tuh hasil foto dental gue :D

Nah! Dari hasil foto dental itulah keliatan kalo geraham gue belum mendapatkan perawatan saluran akar yang ideal.. Jadilah si dokter gigi yang baru itu bilang, kalo suatu saat lubangnya tambah besar dan mau ditambal lagi, mau gak mau yah harus perawatan saluran akar ulang..

JENG JENG ! Gue inget banget petuah itu.. Dan dengan berat hati, gue harus kembali menjalani perawatan saluran akar ulang pada geraham gue tersebut..

Singkat cerita, dimulailah perawatan saluran akar gue yang sesungguhnya..

Seperti biasa, si dokter membuka tambalan gue yang lama.. Kemudian dia langsung bilang "Tuh kan, masih hitam dibagian dalam lubangnya.."

Oke.. Yang gue rasakan setelah itu adalah si dokter mengebor gigi gue untuk membersihkan bagian hitam -nya..

Gue udah sama sekali enggak ngerasain sakit, karena menurut sang dokter, saraf gigi gue udah enggak ada.. Nah! Ini gue enggak ngerti deh, kapan dan siapa yang menghilangkan saraf gigi gue.. 

Pada umumnya, kalo gigi kita mau dibersihin pada saat ditambal alias di bor gitu, kita akan merasakan ngiluuuuu.. Tapi alhamdulilah gue enggak :D

Okehh! Udah bersih nih ceritanya bagian lubang dalam gigi gue.. Gue ngaca dong! ASTAFIRULOOOHH! Lubangnya dalam banget.. Kayak jurang.. Ini emang parahnya udah kronis.. Jadi tuh bagian dalam geraham gue bener-bener udah bolong enggak ada isinya.. Yang tersisa cuma cangkang gigi gue doang..


Well.. Pengobatan dilanjutkan.. Tiba-tiba lubang gigi gue ditusuk-tusuk pake jarum.. Gue sempet kaget.. MAU DIAPAAIN NIH GIGI GUE ??? Tapi lagi-lagi enggak sakit.. Cuma berasa kayak ada tusuk gigi yang nyangkut diantara lubang gigi.. Gituu dehhh.. Jarumnya macem-macem warna dan jenisnya.. Terus kayaknya dijarum itu diolesin obat atau sejenisnya kali yah.. 

Tapi ada beberapa tusukan yang rasanya sakit.. Jadi kayak ada beberapa saluran atau lubang di geraham gue yang pas dimasukin jarum itu jadi berasa sakit kayak ditusuk jarum pada umumnya deh.. 

Sampe tahap ini, gue masih gak ngerti gunanya tuh jarum fungsinya apaan.. 

[ Ini Jarum-Jarumnya :D ]
Well.. Setelah ditusuk-tusuk.. Sama si dokter dimasukin lagi ke dalam lubang gigi gue kayak semacam jarum suntik.. Si dokter kayak menyuntikan sesuatu yang rasanya asam.. Entah apaan..

Okeh.. Setelah selesai ditusuk-tusuk jarum dan di suntik asam.. Lubang gigi gue ditambal sementara.. Menurut si dokter.. Perawatan saluran akar yang barusan itu belum sampai ke ujung akarnya.. Nah! Minggu berikutnya baru lah gue dijanjikan untuk perawatan saluran akar sampai ujung akar.. 

Gue nanya dong.. "Sakit dong dok kalo ditusuk-tusuk jarum sampai kedalaman ujung akar???" dan si dokter langsung jawab "Nanti harus dibius!" Nyiahahahah! Berarti kalo gak dibius kebayang dong sakitnya kayak apa.. IYALAH sakit! Makanya kalo gigi udah lubang sedikit langsung ditambal! Jangan udah parah kayak gue.. Baru deh nyesel :D

Si dokter cuma bilang.. Saluran akar di geraham gue yang dilagi di obatin itu ada 3 saluran..

Oke! 2 minggu kemudian.. Tibalah hari dimana gue harus melanjutkan pengobatan.. Seperti biasa.. Tambalan sementara gue dibuka dan ditusuk-tusuk jarum lagi.. Kali ini cuma sebentar.. Karena setelah ditusuk-tusuk jarum sebentar itulah, gue disuntik obat bius.. Sakit sih.. Yah kayak disuntik ditanganlah.. Kemudian setelah itu, si dokter dengan bebas dan leluasa menusuk jarum-jarum dan menyuntikan cairan asam ke lubang gigi gue.. Tanpa ada rasa sakit sedikit -pun :D Pengobatan minggu ini selesai..

Nah! Setelah selesai pengobatan minggu ini, akhirnya gue cari-cari di youtube deh tentang video perawatan saluran akar.. Nah! Gue menemukan video ini.. Semoga bisa ngasih bayangan buat kalian.. :D

  
Setelah liat video ini, gue merasa sooooo stupid! Kenapa pas perawatan saluran akar yang pertama, gue enggak cari video kayak ginian.. Jadi minimal kan gue tau, perawatan saluran akar yang udah gue terima dari si dokter sebelumnya tuh udah ideal atau belum.. Huffttt..

Well.. Setelah melihat video ini.. Ada yang gue tanyakan.. Kok gue belum menerima tindakan dimana saluran akar gue dimasukin sesuatu "isi" yang kemudian atasnya digunting yah.. Itu apaan yah ??

Baiklah! Gue bersabar sampai pengobatan berikutnya..

Di pengobatan berikutnya.. Lagi-lagi seperti biasa ritual awal dilakukan.. Tambalan sementara dibongkar, ditusuk-tusuk sebentar (nah.. tusukan ini katanya untuk membuat rongga di saluran akar gigi gue supaya bisa dimasukin semacam "isi".. nah.. terjawab sudah apa yang menjadi pertanyaan gue setelah ngeliat video diatas)..
Berikut penampakan "isi" saluran akar gigi -nya..

Kalo gue enggak salah inget, totalnya ada 4 yang dimasukin ke saluran akar gigi gue.. Untuk 4 saluran akar gigi.. Jadi masing-masing saluran akar gigi dimasukin 1 "isi".. Sebelumnya sih dokter gigi -nya bilang kalo saluran akar gigi yang dirawat ada 3.. Mungkin yang satunya sehat-sehat ajah kali yah.. Tapi pada akhirnya tetep harus dimasukin "isi".. Mungkin..

Well.. Setelah semuanya dimasukan.. Karena panjang ukuran "isi" nya, maka bagian atas nya (yang ada warna kuning/biru/merah -nya itu) digunting.. Diguntingnya dengan cara dilumerin pakai alat bor gigi yang dipanasin gitu ujungnya.. Jadi "isi" nya meleleh terus putus.. 

Nah! Setelah itu, ditutup deh gigi gue pakai tambalan tetap..

Awalnya si dokter nawarin gue untuk pakai onlay.. Semacam crown gigi.. Hmm.. Semacam casing gigi palsu gitu lho.. Jadi gigi asli kita ditutupin casing yang bentuknya kayak gigi juga (contohnya kayak yg ada di video atas).. Ada yang warnanya seperti warna gigi (katanya IDR 1,5 juta/gigi) dan ada yang warna besi silver (IDR 1 juta/gigi).. Tapi agak ribet guys..

 Karena harus nunggu dibuat di lab.. Udah gitu juga harus test lab dll deh..
Jadi gue pake tambalan biasa ajah.. Dengan catatan gue harus hati-hati pakai geraham gue itu.. Karena pada dasarnya geraham gue ada kelainan gitu deh.. Lapisan -nya lebih tipis jadi cepet rapuh :(

Oh yah kalo di video kan ada dipasang semacam besi baut tuh di dalam gigi -nya.. Kalo gue sih enggak.. Hmm.. Mungkin itu tergantung kasus gigi -nya kali yah.. Hihi..

Okeh! Berapa biaya yang gue keluarkan untuk satu gigi ini :

Pengobatan kunjungan minggu pertama : IDR 350.000,-

Pengobatan kunjungan kedua : IDR 100.000,- (gue enggak tau kenapa ini bisa murah)

Pengobatan kunjungan ketiga : IDR 400.000,-

Tambal Tetap : IDR 600.000,- (karena lubang gigi gue gede dan dalem banget)

Well.. Gue cerita panjang lebar kayak gini enggak lain dan enggak bukan cuma sebagai informasi buat kalian.. Karena jujur ajah, masih banyak yang kurang informasi kan tentang kesehatan gigi, rasanya kayak apa, dan kisaran biayanya berapa..

Kalo lubang kecil enggak mau ditambal, mau tunggu sampai besar ?? Sekalinya lubangnya besar, dikiranya bisa ditambal biasa, padahal mah harus perawatan saluran akar dulu.. 

So.. Jangan anggap remeh gigi berlubang.. Sekalinya ada lubang, mending langsung di tambal.. Karena semakin dalam lubangnya, pas ditambal semakin ngiluuuuuuu banget.. Dan kalo udah kayak gue parahnya, yah mau gak mau perawatan saluran akar dulu dehh..

Jangan takut ke dokter gigi.. Udah pasrah ajah, asal dokter giginya bener mah! Karena gigi berlubang itu bisa jadi saluran masuknya kuman-kuman terus menyebar deh ke organ tubuh lain, misalnya bisa jadi sakit kepala.. MAU ?? Gue sih ogah..

Sekarang gigi gue udah beres.. Alhamdulilah.. Hihi.. Dan semoga ini adalah cerita terakhir tentang masalah gigi gu.. :-)

Mari bersama-sama katakan A.......MI........N!
Wassalam!


Klinik Rumah Gigi 
Perumahan Permata Tangerang
Blok EA2 No. 22
Kotabumi - Tangerang
Telp. 021 - 2943 4168

Note : Kalau mau lihat suasana tempat RUMAH GIGI, bisa baca post gue yang ini --> Other Experience : Scalling Gigi

- aiaidunk -

6 comments:

  1. Weeew sama banget kasusnya graham kiri dan 3 saluran akar:(
    Dulu udh sempet perawatan tp ga tuntas kira2 taun 2013 krn males balik ke dokter & dirasa udh cukup bagus tambalan (katanya sementara tp keras dan tahan lama bgt) sampe akhirnya bbrp bulan kmrn nyut2an jd dibongkar lg tp ga ditambal. Td ke dokter yg praktek sendiri **krn diskonan katanya** tp cm dikasi tambalan sementara yg harganya lebih dr 5x lipat dari klinik:( dan dipake makan lgsg rusak tambalannya. jebol kl balik lg kesitu huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. Kalo urusan perawatan saluran akar emang harus konsisten, kalo saya malahan, nabung dulu.. Kalo emang belum cukup, saya gak akan mulai perawatan, karena percuma saja kalo gak ikutin aturan, yang ada giginya bukan bener malah makin jadi masalah diwaktu kedepannya..

      Delete
  2. Kalau pasang implan gigi pernah kak?

    ReplyDelete
  3. Wahh ini sama persis sama saya,,
    Uda 2 kali saya perawatan saluran akar, dan dokter yg baru, bilang "semoga ngga salah tusuk keluar Jalur saluran akar ya mas",,#lngsung hening
    awalny saluran itu ngga bedarah tiba2 kluar darah pada saat ditusuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah, kok bisa gituu.. Dokternya bilang "semoga ngga salah tusuk".. Itu horror banget >,<

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...