Popular Posts of The Week

September 16, 2013

Aku, Gigiku, dan Si Dokter Gigi.. (Part 1)

Haii guyss.. Hehehe.. Lagi apa kalian saat ini ??
Baca blog gue yahh ??!! *ihik ihikk*

Kebetulan gue lagi ada beberapa hal nih yang mau diceritain ke kalian.. Sembari berbagi informasi juga.. Hmmm.. Yaps! Sesuai judulnya, "Aku, Gigiku, dan Si Dokter Gigi.."

Gue kali ini mau BUKAN mau cerita tentang kisah cinta gue dengan Si Dokter Gigi.. Secara Dokter Gigi nya juga cewekk.. Ihiiyyy.. Yakk.. Yang mau gue ceritain kali ini, tidak lain dan tidak bukan adalah tentang pengalaman gue men'service' gigi-gigi di rahang gue ini ke Dokter Gigi.. :)) *senyum nyengir* TING !

- PARADIGMA DOKTER GIGI YANG MENYERAMKAN -

Well, semua berawal dari nyokap gue! Yapss.. Dari kecil gue udah sering banget diceritain sama nyokap gue tentang sodara jauhnya yang meninggal sesaat setelah gigi gerahamnya dicabut oleh dokter gigi.. Sejak kecil itulah gue selalu berpikiran kalau yang namanya cabut geraham itu bisa (bahkan berkemungkinan besar) meninggal.. Entah itu karena koneksi saraf dari gigi ke jantung ataupun ke kepala! Padahal gue sendiri juga enggak paham mengenai kebenaran informasi-informasi tersebut! :)

Berhubung cerita tersebut udah gue denger dari kecil, jadilah 'pemikiran' tersebut bener-bener sudah menjadi kepercayaan buat gue.. Kemudian, keluarga gue juga bukan tipe keluarga yang rajin memeriksakan kesehatan gigi-nya ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali (sesuai anjuran dokter gigi).. So, setelah hampir puluhan tahun (halah) lahir ke dunia ini, gue belum pernah sekalipun ke dokter gigi..


- GIGI GERAHAM YANG RUSAK & BOLONG PARAH - 

Selama ini gue selalu ngerawat gigi gue seadanya.. Sikat gigi setiap hari dan kadang-kadang 2 kali sehari :D, gue mendapati gigi gue hanya bagus dibagian depannya saja.. Sedangkan geraham bawah gue seluruhnya bolong.. Yang 2 bolong besar, sedangkan yang 2 lagi bolong sedang.. Untuk gigi geraham gue yang bolong besar, ada 1 gigi yang bahkan sempat pecah sehingga ukuran bolongnya mencapai setengah bagian gigi.. Hiksss.. Bahkan warna geraham yang bolong tersebut lama-kelamaan menghitam..

Gue terus cuekin ajah keberadaan gigi geraham gue yang sudah mulai menghancur seperti itu.. Sesekali memang sakit gigi, tapi gue selalu minum obat pereda nyeri.. So, ketika sakitnya hilang, gue abaikan lagi deh.. :( So bad !!

 - GIGI BOLONG dan SAKIT KEPALA -

Someday, gue mendapati kalau gue sakit kepala.. Sakitt banget.. Awalnya gue pikir karena gue kecapean atau apalah.. So, gue cuma minum neuralgin (obat sakit kepala andalan gue).. Dalam satu jam, sakit kepala gue hilang.. Kemudian besok, gue sakit kepala lagi, lalu gue minum lagi.. Sakit kepala gue hilang, kemudian besoknya sakit lagi.. Begitu seterusnya selama seminggu.. Sampai akhirnya gue berhenti minum neuralgin karena gue juga ngeri dengan dosisnya yang tinggi..

Ketika gue laporan ke bokap gue kalo gue sering sakit kepala.. Bokap gue dengan sigap langsung bilang kalau itu karena gigi geraham gue yang berlubang parah nyaris busuk.. Hikss! Gue sedih dan makin takut.. Apalagi setelah denger cerita dari cici gue tentang seorang anak SMA yang meninggal karena otaknya terinfeksi virus yang masuk melalui lubang gigi gerahamnya yang tidak dirawat.. Virus tersebut bisa aja berasal dari polusi udara yang masuk ketika kita berbicara atau dari makanan yang kita makan..

- APPOINTMENT with the DENTIST -

Akhirnya.. Gue memberanikan diri untuk ke dokter gigi.. Gue gak akan minta apapun ke dokter gigi yang gue datangin.. Semua gue serahkan ke dia, baiknya gimana, dan harus diapakan gigi gue ini..

OKE! Hari itu-pun tiba..


Dari hasil pemeriksaan.. Si dokter gigi bilang kalau rasa sakit di kepala gue bukan berasal dari geraham yang berlubang, tapi dari gigi bungsu yang sedang memaksa tumbuh keatas.. Padahal gigi bungsu gue itu udah tumbuh dari 2 tahun yang lalu.. Gue juga enggak ngerasa ada yang sakit dengan gigi bungsu gue itu.. Entah penglihatan dokter itu yang sakti kali yah.. Begitu liat, dia langsung bilang kalau "gusi kamu harus dipotong sedikit karena gigi bungsu kamu gak bisa numbuh keluar.." 

Yah jelaslah gue deg-degan setengah mati ngedenger kata "gusi dipotong".. Gue bilang "jangan dulu, Dok! Yang gigi bolong nya ajah yang diperiksa!" (disini gue masih gak percaya kalo penyebab sakit kepala gue adalah dari gigi bungsu.. secara gue enggak ngerasa gigi bungsu gue sakit dll)..

- 'SERVICE' GIGI DIMULAI -

OKE! Sang dokter mengerjakan gigi gue yang bolong! Untuk 2 gigi geraham yang bolong sedang itu langsung ditambal sama di dokter.. Kemudian untuk gigi geraham gue yang pecah menurutnya gak perlu dicabut karena masih bisa ditambal, namun sebelumnya harus melalui 2 tahap perawatan saluran akar dulu.. Sedangkan yang satu lagi harus dicabut karena sudah mulai goyang 20%.. 

Well.. Untuk gigi geraham yang pecah, gue harus perawatan saluran akar dulu.. Istilahnya adalah kuret kalo menurut si dokter.. Jadi gue ngerasa kalau dia mengorek-ngorek lobang gigi gue dengan alat yang sepertinya untuk ngeluarin semua kotoran di dalam lubang gigi gue itu.. Dia sih berkali-kali nanya, "sakit gak?" ato "ngilu gak?", tapi anehnya gue sama sekali enggak ngerasain sakit ataupun ngilu.. :| Well, setelah dia korek-korek gigi geraham gue itu, dia masukin obat ke dalam lubangnya dan kemudian ditambal sementara.. Minggu depannya gue harus balik lagi untuk perawatan saluran akar kedua dan minggu selanjutnya baru deh di tambal..

Menurut dokter, gigi geraham yang pecah itu bisa dibilang sudah mati akarnya.. Makanya selama gigi gue di 'service', gue sama sekali enggak ngerasain sesuatu.. Entah itu ngilu, sakit, dll.. Padahal gigi gue itu sempet di bor juga.. :D

Kemudian untuk gigi yang harus dicabut, menurut dia belum bisa dicabut sekarang karena satu dan lain hal lahh.. Gue harus minum obat dulu katanya.. Well.. Gue minum itu obat sampai habis dan what??!! Gue masih sakit kepala!!

- 'SERVICE' GIGI DI MINGGU KEDUA -

Menuju minggu kedua, gue masih sakit kepala.. Masih dan masih! Gue nyesel karena gak percaya sama omongan tuh dokter yang bilang kalo sakit kepala gue itu asalnya dari gigi bungsu.. Ohhh myyyy :( Gue gak tahan! Akhirnya di minggu kedua, ketika gue dateng untuk perawatan saluran akar, gue minta supaya gigi bungsu gue diatur biar gak menghasilkan sakit kepala lagi..

Si dokter senyum bahagia tanda kemenangan karena dia benar, dia menang, yahh... Dia memang lebih tau tentang gigi, makanya dia bisa jadi dokter gigi.. *maafkan gue dokk!*

Pertama dia selesaiin dulu perawatan saluran akar geraham gue yang pecah.. Menurut dia, gigi geraham gue yang pecah itu sudah bagus, dia juga sempet bilang "sudah bagus nih giginya, sudah tidak ada nanah dan darahnya".. Seketika gue langsung SHOCK!! Dari situ gue baru tau kalau gigi berlubang yang enggak dirawat sampai menghitam warnanya, bisa menyimpan nanah didalamnya bahkan di bagian paling bawah akar giginya.. OMG!! SEREEEEEEMMM!!! 

Oke! Lanjut.. Setelah perawatan saluran akar selesai dan kemudian gigi geraham gue itu ditambal sementara lagi.. Barulah si dokter minta gue untuk pilih rasa obat bius untuk pemotongan gusi di gigi bungsu gue.. Mau rasa apa?? Cherry?? Mint?? Bubble?? 

Dan gue pilih cherry dengan muka datar!! Dalam hati gue bilang.. GAK NGARUH mau rasa apa juga.. Tetep ajah gue deg-degan.. :(

OKELAH.. Dia olesin obat biusnya.. Kemudian dia suntik lagi gusi gue dengan suntikan obat bius tambahan.. AWWW.. Sedikit sakit pas disuntik.. Kemudian dia mulai kotak-katik gusi gue dan bilang "kerasa enggak??" hmm.. ENGGAK SAMA SEKALI sih :D *nyengir*

Yang gue denger cuma ketukan alat-alat dia yang nyenggol gigi gue.. Gue tau dia menggunting sesuatu karena dia masukin gunting ke mulut gue dan "tekk, tekk, tekk"..

HAHAHA.. Tapi gak kerasa apa-apa kok! SUMPAH :)

Setelah selesai, si dokter bilang "ALHAMDULILAH.. PUJI TUHAN.."

Dia suruh gue gigit kapas bulat besar yang ada obatnya.. Gue harus gigit kapas itu selama setengah jam.. Dan setelah setengah jam gue lepas kapas itu, I felt nothing.. 

Semua baik-baik ajah.. Gue gak rasa sakit dan gue liat gusi gue masih rapi.. Yang beda adalah gigi bungsu gue udah keliatan lebih muncul :D

Kerja dia cukup rapi dalam hal memotong gusi yahh.. Hahaha..

Besokannya, gue cuma sedikit ngerasa seperti sariawan kecil di gusi gue.. Yah wajarlah, mungkin biusnya sudah habis.. Tapi rasanya cuma seperti ada sariawan yang kecillllllll banget.. Gak sakit kok.. Trust me! :)

Dan sampai malam ini, sampai gue ketik postingan ini.. Gue enggak ngerasain sakit kepala apapun.. :) Semoga seterusnya begitu yahh guysss :)

Minggu depan adalah jadwal ketiga gue datang kesana LAGI..

- RENCANA 'SERVICE' MINGGU KETIGA -

Rencananya.. Gue mau tambal gigi geraham yang pecah, yang udah 2 kali perawatan saluran akar.. Kemudian gue mau tetep cabut geraham gue yang udah 20% goyang.. Mengingat geraham tersebut juga sudah menghitam.. Untuk gigi geraham yang udah 20% goyang ini, si dokter sempet menwarakan ke gue untuk enggak jadi di cabut (padahal di minggu pertama dia bilang harus dicabut lhoo!), katanya perawatan saluran akar lagi ajah selama sebulan.. Huft.. *apakah ini tanda-tanda komersil?!*

Tapi sesuai nasehat bokap dan kawan-kawan lainnya (mau cabut gigi ajah sampe konsultasi ke banyak orang.. HAHAHA!), gue tetep mau cabut :D Yahh, sebenernya gue takut.. Tapi gue harus berani! HARUS! Gue lebih takut dengan bahaya dari gigi berlubang ini nantinya.. :(( Dan gue bertekad (halah), selanjutnya gue akan rajin scaling (bersihin karang) gigi enam bulan sekali.. Dan kalau gue punya anak nanti, gue akan kenalkan dia dengan dokter gigi sejak dini.. Supaya dia enggak takut kayak gue :)

Doakan gue yahh! Semoga minggu depan berjalan lancar.. Gigi gue semuanya bisa sehat.. Jadi makan apapun gue gampang deh ngunyahnya..

Buat kalian yang selalu takut ke dokter gigi... Hayukk! Jangan takutt.. Kalian harus berani demi kesehatan kalian sendiri.. Jangan biarkan kalian mengemut gigi yang membusuk bertahun-tahun.. It feels 'ieeuuuwwww'...

FYI guyss.. Udah 2 kali gue ke dokter gigi, biaya yang gue keluarin untuk semuanya sudah mencapai hampir satu juta, karena gue ada minta di scaling (pembersihan karang juga)..
Scaling IDR 300.000, Perawatan Saluran Akar IDR 85.000/satu kali perawatan, Tambal IDR 150.000, Potong Gusi IDR 350.000, Obat-Obatan..
Belum lagi minggu depan gue masih harus kesana.. Hmm.. Seandainya gue rajin ngerawat gigi sejak lubang pertama muncul di gigi gue, pasti enggak sebesar ini biayanya..

Haduhh guyss.. Sumpah demi apapun! Gue nyesel enggak dari awal ngerawat gigi gue.. So, sebelum terlambat, gue mau rawat rajin mulai dari sekarang.. Gue harap kalian juga :)

Guyss.. Sekian yah celoteh gue.. Next week gue kasih laporan lagi ke kalian gimana hasil cabut geraham gue :) DOAKAN ! 

Aku, Gigiku, dan Si Dokter Gigi.. (Part 2)


 - aiaidunk -

10 comments:

  1. salam kenal mbak.. kalo boleh tau referensi dokter gigi nya dimana ya? kualitas tambalannya bagus kah? apa masih pake yg tambalan logam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga (",)/ ini saya di Klinik Gigi Graha Estetika - di Kutabumi Tangerang.. Sama drg. Ida.. Tambalannya OK dan bukan tambalan logam.. Tambalannya masih yang warna putih (seperti semen)..

      Delete
    2. mba jadi masang implant lepasan di geraham? kalo jadi, apa lebih baik dibanding implant yang permanen ya (yang ngebor gusi).. mohon pencerahannya...

      Delete
    3. Wah.. Untuk yang geraham, saya jadinya hanya pasang tambalan biasa saja.. Tambalan untuk gigi berlubang pada umum -nya.. Hihi.. Maap tdk bs memberikan pencerahan :D

      Delete
  2. wah.. menarik sekali. tapi waktu aku cabut gigi kok sakit ya sampai aku nagis-nangis.
    tapi gimanapun juga sesakit-sakitnya dicabut gak separah saat sakit gigi melanda. huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayy Yesi.. Thanks yah udah baca :-) Waktu itu km dibius gak ?? Hehehe.. Aku sakitnya cm pas akhir2 nya ajah.. Karena efek obat biusnya udah habis :D Iyaaa betull.. Sesakit dan seserem -nya ke dokter gigi, masih lebih sakit dan serem pas lagi sakit gigi -nya kumat.. Hahaha.. Ini aku baru selesai pengobatan lagi.. Nanti bakal aku bahas lagi di blog :D

      Delete
  3. Brp yah mba harga pasang behel atas bawah?

    ReplyDelete
  4. Brp yah mba harga pasang behel atas bawah?

    ReplyDelete
  5. Kira kira brp sih ya pasang behel atas bawah!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...