Popular Posts of The Week

Menginap di Bandara Ngurah Rai - Bali

Hayy kawan-kawan..

*renggangkan jari tangan*

OKE! Setelah hampir 2 bulan belakangan ini gue enggak pernah membuat postingan apapun, sekarang gue kembali :D

Kali ini gue mau ngebahas tentang cerita jalan-jalan gue beberapa waktu lalu ke Bali.. Hmm.. Bisa dibilang short trip sih, karena gue ke Bali cuma 3 hari saat long weekend :D

Cerita tentang ke Bali ini akan gue mulai dari pengalaman gue menginap di Bandara Ngurah Rai - Bali..

Yaps! Dikarenakan gue harus terbang lebih dulu dari rombongan yang lainnya dan ternyata jadwal flight gue adalah malam hari (tiba di Bandara Ngurah Rai sekitar Pkl. 23.30 WITA), sedangkan jadwal flight rombongan lainnya adalah subuh (tiba di Bandara Ngurah Rai sekitar Pkl. 06.00 WITA), maka sayang banget kalo gue harus menginap di hotel untuk beberapa jam aja terus kemudian subuh-subuh ke Bandara Ngurah Rai lagi untuk jemput rombongan yang lain..

Akhirnya gue memutuskan untuk menunggu di Bandara Ngurah Rai aja sampai pagi menjelang (Halah.. #NowPlaying : Menunggu Pagi by Peterpan)

Oke.. Sebelumnya gue sempet browsing tentang hotel transit yang mungkin ajah ada di Bandara Ngurah Rai, tapi ternyata enggak ada.. Kemudian gue juga dapat info kalo Bandara Ngurah Rai adalah termasuk bandara tersibuk di dunia, maka gue tenang-tenang ajah kalau harus menunggu pagi di Bandara Ngurah Rai..

Ekspektasi gue adalah :

> Gue akan menunggu dikelilingi banyak calon penumpang atau petugas Bandara Ngurah Rai lainnya yang sibuk bekerja..

> Gue akan duduk disamping colokan dan menghabiskan waktu semalaman dengan bermain gadget atau nonton film streaming..

> Nyemil..

Nyatanya adalah :

> Tiba di Bandara Ngurah Rai - Bali Pkl. 23.30 WITA

Setelah keliling ngeliat-liat lokasi di area kedatangan domestik, gue mendapati bahwa di area kedatangan domestik tersebut cuma ada bangku untuk menunggu bagasi.. Gak ada colokan, enggak ada tempat makan.. OKE.. Gue keluar..

> Keluar dari area kedatangan domestik..

Gue mulai bingung harus menunggu dan pergi kemana, karena yang gue temukan suasananya adalah seperti ini :

SEPIIIIIIIIIIIII.. GUE LANGSUNG BINGUNG !! INI MASUK KATEGORI BANDARA TERSIBUK DI DUNIA ???

Oke.. Gue mulai menenangkan diri.. Gue pikir mungkin karena gue berada di area kedatangan domestik, makanya sepi.. Gue coba cari area keberangkatan.. Gue tau sih gue enggak mungkin bisa masuk ke dalam -nya, tapi minimal mungkin di depan area tersebut ada tempat menunggu, food court, atau minimal populasi manusia yang jauh lebih ramai daripada di area kedatangan domestik..

Dan setelah gue sampai di area keberangkatan, ini lah suasananya :

BERSIH dari MANUSIA !! :((

Hmm.. Sejujurnya memang Bandara Ngurah Rai sekarang jauh lebih bagus dan nyaman dibandingkan sama kondisi terakhir gue ke Bali di tahun 2012 lalu sih..

Tapi gue mulai bingung.. Gue harus nunggu dimana.. Akhirnya gue mulai nanya sama petugas di sekitar sana tentang area food court.. Petugas tersebut jawab : "Paling cuma ada Burger King sama Starbucks di arah keluar sana.. Tapi itu -pun kalau masih buka.."

JENG JENG..

Oke.. Gue coba pergi ke tempat yang dia maksud.. Dan inilah suasananya :

Starbucks udah tutup dan Burger King sekitar setengah jam lagi akan tutup.. Akhirnya gue jajan Burger King dulu untuk jaga-jaga takut gue laper saat nunggu nanti..

Well.. Setelah dari Burger King, akhirnya gue balik lagi ke sekitar area kedatangan domestik.. Gue pikir gue akan melanjuti beberapa jam waktu menunggu gue disana ajah..

Sesekali ada rombongan yang keluar dari area kedatangan domestik.. Tapi cuma 5-10 menit ajah ramai -nya.. Terus kemudian sepi lagi..

Gue sempet menghabiskan waktu dengan ke toilet lama-lama.. Terus gue juga sempet melihat mushola yang letaknya enggak begitu jauh dari area kedatangan domestik.. Jadi begitu keluar dari pintu area kedatangan domestik, kita belok ke kanan ajah terus.. Disana ada petunjuk jalan mushola..

Ada 2 mushola yang bersebelahan disana.. Yang satu mushola khusus wanita dan yang satunya lagi khusus pria.. Tadinya gue pikir gue mau tidur disana, tapi gue sungkan dan enggak enak hati.. Ya udah akhirnya gue balik lagi ke tempat gue menunggu sebelumnya..

Gak ada colokan apapun untuk gadget gue.. Bangku -nya juga tegak banget.. Gue udah mulai lelah alias capek.. Akhirnya gue ngemil Burger King yang gue beli..

Mata gue udah ngantuk banget, capek banget, bored banget.. Enggak tau -nya tiba-tiba hujan turun.. Dan ada beberapa spot di deket tempat gue menunggu yang ternyata bocor :((

Akhirnya gue nyerah.. Gue pergi ke mushola dan gak perduli lagi mau enak apa enggak.. Daripada gue harus duduk tegak semalaman atau tidur di bangku besi yang keras itu.. Mending gue tidur di mushola ajah deh..

Dan beruntung -nya.. Kondisi mushola saat itu sepi dan hanya ada 2-3 orang ibu-ibu yang juga mau tidur.. Gue permisi dan minta ijin untuk istirahat.. Ibu-ibu itu langsung bilang ke gue "Tiduran ajah dek.."

Dan inilah kondisi mushola -nya :

Gue sempet nanya ke seorang Ibu, jam berapa sholat berikutnya, biar gue bisa pasang alarm sebelum jam itu dan keluar mushola, karena kan gak enak pas ada orang yang mau sholat eh ada gue lagi tidur.. LOL..

Sekitar Pkl. 04.30 WITA gue bangun deh..

I feel better saat itu.. Minimal gue bisa ngelurusin badan gue disana untuk beberapa jam.. Dan gue juga tidur pules.. HAHAHA.. Gue sempet ke toilet dan setelah gue liat jam sholat subuh udah selesai, gue balik lagi ke mushola dan lanjut tidur lagi sampai sekitar Pkl. 06.30 WITA.. Begitu bangun, rombongan yang gue tunggu udah tiba.. HAHAHA..

Gue sih seneng bisa punya pengalaman seperti ini :D Entah kenapa..

Hmm.. Gue saranin kalo memang kalian transit di Bandara Ngurah Rai, mendingan kalian langsung masuk ke area keberangkatan ajah deh.. Sekalipun kalian belum bisa check in, tapi dengan tiket yang ada, kalian kan minimal udah bisa masuk ke area keberangkatan (jadi enggak kayak gue hikss)..

Begitu pulang ke Jakarta, akhirnya gue bisa melihat kondisi di dalam area keberangkatan.. Disana jauh lebih RAMAI.. Banyak restoran juga (gue enggak tau sih buka 24 jam atau enggak), ada juga ruang menunggu yang banyak bule tidur di bangku -nya dan ada TV.. Dan ada spot untuk colokan gadget kita.. Itu yang PENTING !

So, sekali lagi gue saranin.. Kalo memang kalian TRANSIT di Bandara Ngurah Rai, mending langsung menuju ke area keberangkatan.. Karena di luar area keberangkatan, enggak ada apa-apa yang bisa di explore..

Kecuali kalo nasib kalian kayak gue, yang mana bukan transit, melainkan menunggu pagi :D
 Oke guys.. Sekian deh cerita pengalaman gue menginap alias bermalam di Bandara Ngurah Rai - BALI.. Semoga bisa menjadi info bermanfaat buat kalian :D

1. Seru jg yah. Rencanaya aku jg mau transit d bali nih sampe jumat malem. Berangkat lg sabtu pagi. Sempet browshing2 hotel deket airport ternyata tetep aja hrs naik taxi kan lumayan kalo bs tidur d airport irit hehehe. Btw sis kalau ane berangkat pagi bsknya malem2 masuk keberwngkatan blh ya?

1. Yah kalo cuma selisih beberapa jam sih saya yakin bisa kok.. Lebih baik menunggu di area keberangkatan -nya.. Lebih ramai.. Ruang tunggu -nya juga ada TV.. Hihi.. Have fun yah ^^

2. thanks infonya
    rencana mau nginep airport jg sbelum terbang lg ke sumba

1. Sama-sama.. Semoga bermanfaat.. Wah asiknya yang mau ke Sumba.. Have a nice trip yah :D

3. *termenung

kalo sampe Ngurah Rai jam 10 pm, trus next flight jam 7 pagi, kira-kira jam 10 itu juga boleh masuk ke area keberangkatan ngga ya?

1. Hmm.. Kayaknya sih boleh yah.. Walaupun belum bisa check in.. Tapi rasanya sudah bisa masuk ke area keberangkatan :D

4. Emang enggak papa kita langsung ke area keberangkatan

5. kalo buat cewek. memang mending langsung masuk area keberangkatan aja. itu dah wilayah wajib backpacker. Bandara Ngurah Rai sangat memfasilitasi backpacker lokal dan bule. dan aman, nyaman.
    tapi srpengalaman gw tinggal dan kerja dah lama di Bali, lebih baik nunggu di area kedatangan domestik aja. berhubung gw perokok. tidur ngampar di bangku2 depan kedatangan domestik sambil liat2 cewek seksi. alternatif colokan unt charger hp ya tiap toilet ada 2 masing2. selonjoran aja di toilet mao sepi rame. sip lah liburan di Bali, backpacker gak bakal kecewa asal jangan pasang tampang jutek aja

1. Yesss... Setujuuu.. Jadi gak usah khawatir kalo mau backpakeran ke Bali.. Segala alternative ada di Bali.. Hehehe

6. kok pengen cengar cengir lihat postingan kaya gini. perjuangannya seru banget menunggu pagi hahahaha....

dan itu diarea yang dulu setiap hari hampir saya pintasi waktu masih kerja travel dan sering berurusan sama bandara.

kalo tau yang terdampar cantik gitu, mending nginep ditempat saya aja hahha....

btw mushola memang best buat yang terdampar kaya gitu, emang uda banyak sih yang memamfaatlan fasilitas bandara buat transit, perhitungannya sama juga #savemoney

1. Huahahaha.. Iya, sampe sekarang saya juga masih cengar cengir kalo inget cerita2 traveling saya yang kayak gini.

Thank you udah baca :)

7. Hai sis, jam 9an malam ini gw pake garuda menuju Denpasar sampe jam 12an malam trus nunggu terbang lagi ke ende jam 7 pagi. Rencana gw mau langsung keluar nongkrong di lagian pake gojek. Kalo udah tutup balik ke bandara masuk lounge garuda. Thx kisah backpacker nya...

8. Wah lumayan seru jg rencana mao ngnep d ngurah rai sabtu ini.. Secara sampe bali Minggu jam 01.40 waktu bali jd lumayan save budget buat yg lain.. Oh ya pgn nanya jg kira2 ada colokan listrik ga ya d musala nya? Sama akses wifinya ? Thx

1. Untuk wifi masih ada sih di bandara sana, tp kalo colokan listrik, seingat saya tidak ada di dalam musholanya.

9. hai, aku kebetulan nemu artikel ini pas lagi cari tips menginap di bandara. sekarang aku di starbucks dekat pintu keberangkatan, menunggu pewasat jam 07:00WITA tujuan Yogyakarta.

Setelah insiden kecopetan, karena hp kecopetan juga membuat aku gak bisa akses ibanking dan mbanking. ketika mau ke bandara, sadar bahwa pesen tiket di bulan yang salah! hahahahha akhirnya buru buru beli tiket dadakan di esok harinya pukul 07:00WITA. Dikarenakan hotel harus checkout hari ini, aku memutuskan untuk menginpa dibandara, mengingat uang yang ada cuma yang ada di dompet aja.

sekarang pukul 19:33 WITA, dan malamku masih panjang.....

1. Aduh. Sorry to hear your kecopetan insiden. Tetep waspada yah, but keep exploring.. Yeayy.. Thank you sudah berbagi cerita :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...