Popular Posts of The Week

January 05, 2014

MALAYSIA DAY 1 : Mall to Mall Kuala Lumpur & Petronas Twin Tower

Annyeonghaseyo para fellas..
Well.. Sekarang gue lagi mau berbagi cerita tentang traveling gue beberapa waktu lalu ke Kuala Lumpur - Malaysia :D

Jadi.. Pas tanggal 22 Desember 2013 lalu, di hari Minggu yang masih gelap alias subuh, gue sama temen gue udah harus berangkat ke Kuala Lumpur.. Waktu itu, jadwal flight gue adalah 06.25 WIB.. Alhasil gue sama temen gue udah nangkring di Terminal 3 Soekarno Hatta sekitar jam 04.30 WIB.. Hoaaammm..

Perjalanan ke Kuala Lumpur memakan waktu sekitar 2,5 jam.. Dan karena Kuala Lumpur memiliki perbedaan waktu 1 jam lebih awal dari Jakarta, jadi gue landing di Kuala Lumpur kira-kira sekitar jam setengah 10 waktu Kuala Lumpur..

Tiba di LCCT (Low Cost Carrier Terminal), gue langsung bergegas mengurus imigrasi.. Petugas imigrasi-nya sih emang agak jutek tampangnya.. Kebanyakan mereka adalah orang melayu asli atau orang india.. Tapi gue sih enggak ditanyain apa-apa sama mereka.. Temen gue juga cuma ditanyaian berapa lama bakal tinggal di Kuala Lumpur..

Okeh! Selesai dengan urusan imigrasi, gue sama temen gue langsung menuju pintu exit LCCT.. Dan beruntungnya, begitu kita keluar pintu exit LCCT, kita langsung nemuin disebelah kanan kita, ada sederetan loket pembelian tiket bus menuju KL Sentral..

Yang paling terkenal sih merek bus-nya ada 2, yaitu SKYBUS AirAsia dan AEROBUS.. Untuk harga tiket SKYBUS AirAsia adalah RM 9/orang dan untuk AEROBUS adalah RM 8/orang.. Waktu itu JELAS gue dkk pilih AEROBUS.. HAHAHA!

Selagi membeli tiket, gue juga nanya sama petugas penjual tiketnya.. Dimana kita bisa naik AEROBUS -nya.. Dan dia menjawab "Platform 2 - Outside".. Hokeehh! Waktu itu gue langsung ke luar bandara dan melihat pemandangan pada umumnya di bandara.. Banyak orang antar jemput dengan mobil pribadi..

Well, tiba-tiba gue ketemu sama seorang petugas kebersihan.. Si petugas kebersihan enggak bisa bahasa inggris, jadilah gue pake ajah bahasa tubuh, sambil unjukin tiket bus gue.. Terus dia kasih unjuk deh "Ooh.. McD.. Kanan.." (Kyakk! Gubrak! Gue lupa yah kalo bahasa melayu gak jauh beda sama bahasa indonesia).. Hahaha.. Oke! Maksudnya dia adalah dari McD gue belok kanan..

Okay! Ternyata setelah gue mengikuti saran dia, gue menemukan sebuah tempat parkir khusus bus.. Disana banyak banget bus-bus lagi parkir (atau menunggu giliran berangkat?)..

Gue menuju ke tempat itu dan disana banyak tempat duduk sebagai tempat tunggu.. Ada beberapa penumpang dan juga supir berbaju merah.. Disana bus-bus yang ada diparkir dengan rapih.. Kemudian gue liat ada tiang pendek dengan tulisan "Platform 2".. Kemudian di depannya ada bus merah bertuliskan AEROBUS..

Langsung aja deh gue kasih tiket bus gue ke supir yang lagi duduk di depan bus itu.. Tapi supirnya langsung suruh gue masuk ke dalam bus tanpa melihat tiket gue.. Akhirnya gue masuk aja (dan kebetulan juga ada bule-bule yang tadi satu pesawat sama gue).. Begitu duduk di dalam bus, baru ada petugas yang periksa-in tiket bus kita satu-satu..

Bus-nya bagus.. Nyaman.. AC Dingin.. Bangku-nya juga enggak sempit..

Perjalanan berlanjut! Sekitar 45 menit kita sampai di KL Sentral..

[ suasana ketika tiba di KL Sentral ]
Nah! Begitu turun dari bus, kita langsung melihat ada 2 loket kecil.. Loket pertama adalah tempat penjualan tiket bus AEROBUS dan SKYBUS AirAsia dari KL sentral menuju LCCT.. Kemudian loket kedua adalah tempat penjualan tiket bus ke Genting..

Tidak jauh dari kedua loket tersebut, gue ngeliat ada eskalator menuju ke atas.. Jadilah gue naik eskalator.. Ternyata itu adalah eskalator untuk masuk ke dalam Gedung KL Sentral -nya..

Gedung KL Sentral ini adalah pusat transportasi di Kuala Lumpur.. Disini kita bisa beli tiket untuk transportasi apapun dan kemana-pun.. Konsep-nya seperti mall.. Ada outlet fast food, baju, tas, sepatu, dll.. Waktu itu gue juga sempet makan KFC di dalam Gedung KL Sentral ini..

[ suasana di dalam Gedung KL Sentral ]
Begitu perut kenyang.. Otak langsung ingat! OOOHHH IYAAA.. Gue mau ke hotel harus naik monorail darimana yakkkk ????!!!

Well.. Sebenernya gue enggak begitu ngerti sama nama transportasi umum di Kuala Lumpur.. Ada yang namanya monorail, LRT, rapid KL, dan gue enggak bisa bedain yang mana ajah itu.. Karena hampir di semua tiket-nya ada tulisan "Rapid KL" -nya..

Okeh.. Setelah tanya-tanya.. Ternyata untuk naik monorail (kayaknya sih monorail - sejenis kereta yang rel nya sampe dibangun seperti jembatan layang) menuju ke Hotel yang udah gue booking, itu harus di Station Monorail KL Sentral.. Dan station itu tidak berada di dalam Gedung KL Sentral..

Jadilah gue turun lagi ke bawah.. Ke tempat gue turun bus tadi.. Ketika sudah sampai bawah, gue kemudian pergi ke arah luar dan menemukan ada traffic light di ujung jalan sana.. Gue nyebrang ajah deh.. Habis nyebrang gue jalan ke arah kanan.. Disana baru lah gue menemukan tempat penjualan tiket.. Dan ternyata itu adalah Station Monorail KL Sentral..

Jadi Gedung KL Sentral itu berbeda lho dengan Station Monorail KL Sentral.. Jadi jangan asal sebut "di KL Sentral".. Harus pasti dulu.. Gedung KL Sentral atau Station Monorail KL Sentral..

Okeh! Pas udah sampai di Station Monorail KL Sentral, gue langsung antri beli tiket untuk ke Station Monorail IMBI.. Untuk beli tiket, kita bisa langsung ke loket yang ada petugas-nya, ato bisa lewat mesin yang kayak mesin ATM (pilih station tujuan, masukin uang, keluar deh tiketnya)..

Tapi.. Berhubung gue masih baru, jadi gue pilih untuk beli tiket-nya di loket ajah deh.. Yang ada petugasnya.. Hehehe..

Tiket -nya berbentuk koin plastik berwarna biru..

Kita tinggal tap (tempelkan) koin -nya di mesin, nanti palang pintu akan terbuka.. Begitu sampai di station tujuan, kita masukin deh koin-nya ke mesin, nanti palang pintu akan terbuka lagi.. :-)

Harga tiket dari KL Sentral menuju IMBI adalah sekitar RM 1-2 /orang..

[ suasana di dalam monorail ]
Buat kalian-kalian yang mau berkelana ke Kuala Lumpur, baiknya membawa map (rute) station monorail atau station transportasi umum lainnya (kalo di Jakarta mah, ibaratnya rute koridor transjakarta busway.. hihi..), map tersebut sangat membantu lhooo...

Cuma sekitar 10 menit, kita sampai di Station IMBI.. Station IMBI ini hanya berjarak sekitar 3 station setelah Station KL Sentral dan merupakan station monorail sebelum Station Monorail Bukit Bintang..

Ternyata, Station IMBI ini nyambung sama Mall Berjaya Times Square.. Jadi begitu keluar dari Station IMBI gue tiba-tiba langsung ada di dalam Mall Berjaya Times Square.. HAHAHA! Udah kayak pake pintu ajaib-nya doraemon ajah..
Waktu itu akhirnya gue langsung keluar Mall dan telp pihak Hotel Sentral Pudu (tempat gue akan menginap).. Gue nanya-nanya tentang jalan menuju ke Hotel tersebut.. Berikut review gue tentang Hotel Sentral Pudu (Click Here)..

Okeh! Singkat cerita, setelah gue berjalan kaki cukup lama dengan cuaca yang terik banget waktu itu, gue akhirnya tiba di Hotel.. Heffttt.. *adeemmm adeemmmm*.. Well, karena udah kecapean banget, akhirnya gue pilih untuk istirahat sebentar di kamar sambil menunggu cuaca diluar sana agak ademan.. Untuk rute menuju Hotel Sentral Pudu dan bagaimana suasana Hotel -nya, kalian bisa klik di review gue tentang Hotel Sentral Pudu (Click Here) yah guys..

- 1 jam kemudian -

Sekitar jam 3 sore-an, gue akhirnya keluar dari Hotel.. Cuaca masih cerah, tapi matahari udah gak seterik sebelumnya.. Yeayyy..

Gak lama jalan keluar dari Hotel, gue nemu ada sevel minimarket.. Hokehh.. Gue mampir sebentar kesana untuk beli air mineral dan sempet tanya-tanya sih sama petugas sevel-nya, jalan pintas ke Mall Berjaya Times Square (karena kalo lewat jalan yang pas awal gue lewatin, itu lewat jalan besar yang banyak mobil dan bus lalu lalang).. Akhirnya gue dapet jalan tikus (gang kecil) untuk menuju ke Mall Berjaya Times Square..

Well, tujuan pertama gue adalah Bukit Bintang.. Berhubung dari informasi awal yang gue dapet, Station Monorail Bukit Bintang itu adalah setelah Station Monorail IMBI, maka gue sama temen gue memutuskan untuk jalan kaki ajah.. HAHAHA!

Mana disangka, kita jalan kaki gak tentu arah.. Hahaha! Begitu liat ada spot yang ada hiasan natal, kita langsung samperin.. Ada jalanan bagus dikit, kita samperin.. Ada orang jalan, kita ikutin.. Ampe orang nyebrang juga kita ikutin..

Sampai kita enggak paham, sebenernya kita ada di daerah Bukit Bintang atau bukan.. -_-"
Pas tanya sama tukang makanan kaki lima, mereka bilang kalo sepanjang daerah tersebut adalah udah masuk daerah Bukit Bintang..

Nah! Kebetulan kita nemu ada banyak mall dan plaza sih.. Wahh bener nih.. Bukit Bintang kan emang pusatnya mall-mall gituu.. Kita akhirnya sempet masuk ke mall itu satu-satu.. Yah berhubung gue bukan orang yang hobi shopping, jadilah perjalanan mall to mall itu terkesan biasa ajah.. Harganya juga standard kok..

Jalan kaki agak jauhan dikit dari daerah -yang katanya- Bukit Bintang, gue nemu jembatan penyebrangan yang ternyata adalah akses langsung untuk masuk ke dalam Pavillion Mall.. Akhirnya masuklah gue ke mall itu dan ngadem-ngadem bentar..

Gue juga sempet makan di Daily Kopitiam -nya.. :D

[ Pavillion Mall ]
Dan ternyata, Kuala Lumpur itu macet juga lho guyss.. Beda-nya sama Jakarta, kalo di Jakarta itu banyak BUANGETTTT motor-nya.. Kalo di Kuala Lumpur sih dikit banget.. Bisa diitung pake jari.. Untuk urusan bus, di Kuala Lumpur bus -nya juga banyak yang berasap hitam.. Ieeuuuwww.. Tapi emang enggak sebanyak kopaja di JAKARTA sieh :D

Oke.. Berlanjut ke perjalanan gue.. Gak disangka, tiba-tiba gue nemuin petunjuk jalan bertuliskan "TWIN TOWER".. Akhirnya gue ikutin ajah deh tuh petunjuk jalan.. Dan sepanjang gue ikutin petunjuk jalan itu, gue ngelewatin seperti tangga jembatan.. Tapi jembatannya besar dan tertutup.. Jadi enggak kayak jembatan..

Ternyata! Kalo kita ikutin petunjuk "TWIN TOWER" di jembatan itu, kita bisa dihubungkan dengan Suria Park.. Woohoooo.. Gue udah enggak tau seberapa jauh gue berjalan kaki dan udah enggak ngerti lagi nanti pulang mau lewat mana.. Ini bener-bener gue jalan kaki mengikuti arah angin yang berhembus ajah.. HAHAHA!

Okeh! Gue sieh enggak peduli, pokoknya gue enjoy sama perjalanan gue, mau itu jalan kaki kek, ngesot kek, yang penting judulnya jalan-jalan dan eksplore ke tempat baru.. Yihhaaa...

Kebetulan, di Suria Park waktu itu lagi ada kontes cosplay.. Semacam kontes mirip-miripan sama tokoh anime gituu.. TERUUUSSSSS.. Gue minta foto ajah deh sama merekaaa.. HAHAHA..

Sepanjang Suria Park itu banyakk bangettt manusia anime-nya.. Howowowowowohhh.. Walaupun gue juga tau di Jakarta banyak beginian, gue sih enggak pernah ngeliat langsung ada mahluk anime sebanyak ini, berkeliaran di taman.. Dan miripppp bangetttttt sama anime asli-nya.. Gue jadi berasa mereka keluar dari TV.. HAHAHA!.. Okehh.. I'm overwhelming now..

Karena gue sebelumnya udah sibuk ngeliatin para cosplayer itu, gue sampe enggak sadar kalo Petronas Twin Tower udah ada di belakang gue.. Ayeayyy..

Suria Park itu sebenernya kayak taman yang ada di Central Park Jakarta.. Bedanya kalo Suria Park itu bisa nyambung ke tempat-tempat lain.. Ibaratnya nih.. Taman yang ada di Central Park Jakarta bisa nyambung ke mall tetangganya, ke Mall Taman Anggrek.. Gituu.. Tapi sayangnya enggak bisa yah.. HAHAHA!

Gue akhirnya masuk ke dalam Mall Suria KLCC -nya ajah deh dulu.. Sambil nanya-nanya orang, gimana caranya ke Petronas Twin Tower itu..

[ Suria Park ]
 Suasanya di dalam Mall Suria KLCC ini kalo gue liat agak mirip-mirip lah sama Senayan City.. Disana gue cuma liat-liat dan mampir ke Apple Store -nya.. Berhubung gue udah agak jamak bahkan bosen banget ngeliat mall di Jakarta, gue juga ngerasa hal yang sama ketika di Kuala Lumpur.. Karena pada dasarnya semua mall mah sama ajah.. Isinya outlet buat 'setor duit' alias BELANJA.. Hahaha..

Akhirnya, gue tanya-tanya sama orang sekitar, kalo gue mau capture Petronas Twin Tower, gue harus kemana.. Well.. Orang yang gue tanya jawab "just go outside.." Okelah.. Akhirnya gue keluar Mall Suria KLCC.. Awalnya gue ngeliat cuma taman biasa yang banyak orang duduk, sampai gue berasa ada yang aneh diatas kepala gue.. Gue mendongakan kepala gue ke atas dan HOOOAAAAAA..

Petronas Twin Tower ada DI ATAS KEPALA GUEHHHHH! Hahaha! Okelahhh.. Foto session berlangsung sangat lama.. Waktu itu, langit mendung dan agak horror gituuu..

[ liat deh langitnya.. horror yeeeyy ]
Gue banyak banget ambil gambar.. Niatnya pengen nunggu sampe langit gelap, biar gue juga bisa ambil gambar Petronas Twin Tower lagi nyala.. Tapi anehnya... Sampe jam 6 lewat-pun, langitnya gak gelep-gelep..

Ya udahlah, daripada nanti pulang ke Hotel kemaleman, secara gue sama temen gue juga masih enggak ngerti gimana caranya pulang ke Hotel (berhubung tadi jalan kaki enggak tentu arah LOL).. Gue akhirnya masuk lagi ke Mall Suria KLCC dan balik lagi ke Suria Park..

Rencananya gue mau ikutin rute tadi pas gue datang.. Gak disangka, pas gue sampe di Suria Park.. Langitnya udah gelappp.. Hahaha.. Akhirnya gue ambil gambar seadanya di Suria Park.. Tapi gue demen banget sama hasilnya :D

Kembali berjalan kaki.. LAGI.. Dan setelah gue melewati jembatan yang gue bilang bentuknya tertutup dan ukurannya agak besar (jadi enggak terlihat kayak jembatan) tadi, gue nanya-nanya ke orang sekitar di mana station monorail terdekat.. Dan alhamdulilah, ada Station Monorail Raja Chulan.. Kyaaaakkkkkkkk.. Akhirnya gue bisa juga duduk sambil mengistirahatkan betis gueee...

Hikss! Perjalanan melelahkan tapi menyenangkan.. I Love my traveLing style xoxo! Kembali di Hotel, tiba dengan sangat kelelahan.. Akhirnya gue makan pop mie yang gue beli di sevel.. Berhubung gue enggak terlalu berani untuk cicip-cicip makanan yang asing buat gue, jadilah nasib gue seperti ini.. Pop mie as always.. Hahahaha..

See ya at the next post ppl :D

Love ya_

+ RM 3.799

- aiaidunk -

MALAYSIA SERIES 2013 :

1. Mal 1 utama lebih bagus..

2. MALL ONE UTAMA DI DAMANSARA,SUNWAY PIRAMID DI SUBANG JAYA,DI SERI KEMBANGAN MINES RESORT CTY(PALACE OF GOLDEN HORSES,SOGO DI JALAN TENGKU ABDUL RAHMAN,MID VALLEY LEBIH BAGUS BANYAK PILIHAN

1. Wah.. Terima kasih info -nya, semoga next time pas kesana bisa saya kunjungi semua :D

3. MALL EKEA DI DAMANSARA,SUBANG PARADE JUGA BAGUS..BANYAK LAGI MALL DI KL YANG BERTABURAN ...IOI MALL DI PUCHONG,,TURIS HANYA KE BUKIT BINTANG AJA KERNA NGGAK TAHU KL ITU BESAR..PUNYA MALL BERTABURAN CUMA PERLU EXPLORE AJA.KERNA KL PUNYA SEGITIGA EMAS KAMU CUMA KE 1 TEMPAT AJA....

1. Wah, terima kasih info -nya.. Semoga next time jika ke KL lagi bisa jalan-jalan ke tempat lainnya :-)

4. KOMUTER DI KL ITU NGGAK SAMA KAYAK DI INDO,JIKA YANG KAYAK DI INDO ITU DIPANGGIL TRAIN AJA DI MALAYSIA.JIKA KAMU MAHU NAIK TRAIN YANG EKSKLUSIF COBA NAIK KTM ORIENTAL EXPRESS (PUNYA MALAYSIA)MEWAH BANGAT.LO PUNYA STEWEDESS ALIAS PELAYAN AC,KAMAR,,BAR,RUANG MAKAN DI DALAMNYA.ROUTE NYA DARI SINGAPORE,KL,BANGKOK.YANG TRAIN BIASA JUGA ADA NAMANYA SENANDUNG SEMALAM.YANG PUNYA KELAS 1 JUGA PUNYA STEWARDESS,KELAS 2 DAN EKONOMI.TRAIN INI JUGA PUNYA AC,RUANG MAKAN, RUANG TIDURAN NAH YANG INI NGEBUT AMAT DAN YANG INI MIRIS DI INDO ROUTE NYA JUGA DARI SINGAPORE,KL-BANGKOK.TAPI JIKA KOMUTER ITU BEDA AMAT AMA LO DIA PAKE LITRIS HANYA DI KURSUS DI KL DAN DAERAH YANG HAMPIR DENGAN NYA.JUGA BEDA AMA LRT,MONOREL SEMUA BEDA LO

1. Wah.. Sepertinya menarik yah.. Semoga next time bisa coba semua transportasi tersebut.. :-)

5. Semoga datang lahi ke Kuala Lumpur

1. Yaaa.. Pasti saya balik lagi kesana.. KL adl tempat yang menyenangkan :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...