Popular Posts of The Week

January 12, 2014

OT Peduli Donor Darah (9-10 Januari 2014)

Hallo guysss :))

Apa kabar kalian semua ?! :D

Kali ini gue mau cerita pengalaman pertama gue ngelakuin donor darah.. Huaaaaa..

Jadi ceritanya, di tanggal 9-10 Januari 2014 lalu, di kantor gue (Orang Tua Group), lagi ada kegiatan donor darah.. Kegiatan ini bekerjasama langsung dengan pihak PMI (Palang Merah Indonesia)-nya guyss.. 

Jadi pihak PMI datang ke kantor gue untuk mengambil darah-darah si pendonor.. 

Awalnya gue enggak tau tentang acara ini, sampe akhirnya temen gue cerita.. Well, gue tertarik untuk ikutan.. Ya udah deh akhirnya gue daftar :D 

Denger-denger sih enggak semua pendonor yang daftar bakal keterima atau memenuhi syarat untuk menjadi pendonor.. Awalnya inilah yang membuat gue tertarik.. Hihi.. Gue penasaran ajah, apakah darah gue ini memenuhi syarat untuk di donorkan.. 

Sampai tibalah hari dimana gue di jadwalkan untuk diambil darahnya, yaitu hari Jumat 10 Januari 2014.. Huffttt.. Agak deg-degan sih.. Apalagi ini pengalaman gue donor darah untuk yang pertama kali nya :D


Waktu itu sekitar jam 2 siang, gue registrasi ulang di Ahava Hall (hall yang ada di dalam Gedung OT Group).. Kemudian menurut panitia, gue bisa balik kerja dulu sampai jam setengah 4 sore nanti.. 

Setelah kira-kira jam 3an, gue udah dipanggil lagi sama panitia untuk masuk ke Ahava Hall.. Tingkat deg-degan gue mulai meningkat.. Hahaha..


[ suasana menunggu di Ahava Hall ]
Waktu gue turun, nomor antrian yang dipanggil masih lumayan jauh sih.. Tapi akhirnya gue nunggu ajah, sambil penasaran bagaimana suasana dibalik bilik besar tersebut.. Hahaha..

Beberapa temen gue yang udah dipanggil duluan ada yang enggak lolos sih.. Ada yang berat badannya dibawah 45 kilo doang, ada yang tekanan darahnya tinggi, ada yang lagi menstruasi, dll..

Tibalah saat nama gue dipanggil.. JENG-JENGG..

Gue masuk ke dalam bilik yang daritadi bikin gue penasaran :D


[ suasana dibalik bilik ]
Setelah nama gue dipanggil, biodata gue diperiksa dulu.. Ditanya-tanya, sebelumnya udah pernah donor atau belum.. Gitu doang sih :D


[ tes golongan darah dan tekanan darah ]
Waktu itu jari gue dibersihin dulu sama si Ibu.. Di tusuk pake alat tes darah gitu.. Enggak sakit, karena dirumah gue udah pernah beberapa kali tes gula darah pake alat sejenis.. Lagian cuma ditusuk jarum doang, cemen ajah kalo yang ketakutan mah.. HAHAHA! *belagu*..

Golongan darah gue ternyata adalah A.. Padahal selama 20 tahun lebih ini, gue kira gue golongan darahnya 0.. HAHAHA! Pindah ke bangku sebelahnya, gue di tes tekanan darahnya.. Ternyata tekanan darah gue adalah 120..

Waktu itu gue sempet ditanya apakah lagi menstruasi dan ada minum obat selama seminggu terakhir.. Yah gue jawab enggak.. Gue sih ada minum vitamin, tapi itu kan bukan obat yah guys.. Jadi gue jawab enggak deh pas petugasnya nanya gituu..

Oke! Gue disuruh tunggu giliran.. Sekitar 5 menit, tibalah saat gue harus naik ke ranjang PMI itu untuk diambil darahnya :( KYAAAKKKKK..



Walaupun sebelumnya temen-temen gue cerita kalo jarum untuk ambil darah itu gede banget, tapi gue sih enggak perhatiin jarumnya.. Karena gue orang-nya curious banget, jadilah yang gue liatin adalah peralatan-peralatan lainnya.. Terus gue juga liatin PETUGAS -nya deh, apa ajah sih yang dikerjain sama tuh petugas..

Awalnya tangan gue dililit pake alat tes tekanan darah.. Terus di pompa sampai tangan gue kenceeeeeeeenggggggg bangett.. Disaat yang bersamaan gue disuruh genggam telapak tangan gue kuat-kuat.. Gilaaa benerrr.. Padahal tangan gue udah kenceng banget gara-gara pompa-an alat tes tekanan darah itu, which means telapak tangan gue jadi lemes.. 

Tapi menurut dia, vena gue kecil banget, jadi enggak keliatan.. Akhirnya dia kasih gue bola angin kecil.. Gue disuruh genggam bola itu kenceng-kenceng.. Dan gue liat dia udah ambil jarum suntik.. Gue bilang "Lah Mas, mau disuntik sekarang?!" dia jawab "Iya.." dan gue bilang, "Ini tangan saya kenceng bangett.." terus dia jawab "Emang iyaaa.."..

Gue ngebayangin tangan gue itu udah kayak balon yang ditiup mpe kenceng banget, terus tiba-tiba mau ditusuk pake jarum.. Hoaaaa.. Gue langsung menenangkan diri dengan, TERIAAAKKKKK... Hahaha.. Enggak dengg.. :D


LALALALALA.. Kemudian gue nyanyi dalam hati.. Atau gue ngoceh sendiriiii..
LALALALALALA...



MASIHHHH !! LALALALALALALALALALAAA.. Sampai akhirnyaaaaa...



 TARAAAAAAA.. JENGGG JENGGGG.. Hahaha.. 

Sakitnya cuma sedetik kok pas di suntik.. Sisanyaa enggak.. Waktu itu gue nanya, darah gue berapa banyak yang diambil, kata dia sih berhubung berat badan gue dibawah 55 kg, jadi darah yang diambil cuma 250 ml.. Kalo temen gue yang diatas 55 kg, diambilnya 350 ml, sedangkan yang diatas 60 kg, diambilnya 450 ml.. Begituuu...

Pas darah gue diambil, rasanya kayak kesetrum gitu.. Berasa aliran darahnya gitu.. Drettt.. Drettt.. Hahahaha.. Kantong darahnya ditaro diatas timbangan biar bisa sekaligus ditimbang darahnya..


Waktu itu pendonor disamping ranjang gue udah selesai di donor.. Jadi setelah beratnya cukup, si petugas melakukan banyak hal yang gue enggak ngerti.. Selangnya diguntinglah, ditarik-tarik lah.. Darahnya juga diambil dibotol-botol kecil.. 


Jadi menurut petugas, darah yang kita donorin itu enggak langsung di jadikan stock PMI.. Tapi di test dulu apakah bisa dipakai atau enggak.. Di tes HIV lah, penyakit lain lah, dll pokoknya.. Kalo hasilnya enggak bisa dipakai, yah darahnya enggak akan mereka simpan.. Gue gak nanya deh tuh darah dikemanain.. 

Gue juga sempet nanya, kalo mau tau hasil tes nya gimana yah.. Yah katanya sih tanya ke PMI nya langsung.. Tapi pasti ribet banget deh yah, mengingat banyak banget kantong darah di PMI.. Fiuhhh.. 

Okeh! Akhirnya selesai juga darah gue diambil.. Saat jarum mau dicabut, petugas minta gue tarik napas dan kemudian ditempelin plaster deh..


Kata petugasnya, kalau sampe tangan gue biru, itu karena kulit gue yang putih, bukan karena apa-apa kok.. Terus gue juga disuruh tekuk tangan gue (kira-kira ditekuk seperti telapak tangan menyentuh bahu) sekitar 2 menit.. Biar mencegah darahnya gak keluar lagi kali yah.. Hihi..

Pas turun dari ranjang, gue enggak ngerasain pusing sama sekali.. Gue kira gue bakal pusing kayak mabok kapal gitu.. Enggak tau nya gue masih bisa loncat-loncatan ajah.. Alhamdulilah yahh.. Hahahaha.. 

Terus gue dikasih kartu donor darah deh sama PMI -nya.. Terus ada juga obat penambah darah yang harus gue minum sehari 1 selama 5 hari kedepan, biar cepet banyak lagi darah gue.. Ckckck.. Plusss, makanan untuk pendonor..


Sayangnya, tuh pop mie kebanyakan kuah.. Jadinya tawar deh.. HAHAHA..

Oh yahh, setelah itu tangan gue agak berasa kenceng atau keras di deket daerah suntikannya, tapi kata temen gue itu cuma sugesti.. Karena daerah sekitar sikut emang ada yang keras kalo dilurusin.. Entahlah.. Hehehe..

Besokannya gue lepas deh tuh plester.. Dan masih agak biru.. Cuma gak ada rasa sakit kok di bekas suntikannya..


Kesimpulannya adalah.. Kalo next time ada kesempatan waktu, tenaga, dan situasi memungkinkan, gue mau banget donor darah lagi :-)

Ternyata gak semenyeramkan yang gue bayangkan selama ini.. Yang katanya kalo habis donor bakalan pusing dll lah.. Hihihi..

Semoga darah-darah gue bisa dipakai yahh sama orang lain, terus enggak nyusahin juga kalo udah sampe tubuh orang lain :-)

Oke deh guyss.. Sekian cerita gue kali ini..

- aiaidunk -

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...