Popular Posts of The Week

August 20, 2015

Hong Kong Culinary : Dim Sum TIM HO WAN (Cab. IFC Mall)

Sebelum tiba di Hong Kong, gue memang sudah merencanakan untuk makan dim sum di TIM HO WAN Restaurant. Hong Kong memang terkenal dengan kuliner dim sum -nya yang luar biasa enak. Jadi rasanya akan sangat menyesal sekali jika pergi ke Hong Kong tanpa mencicipi kuliner dim sum -nya :p

TIM HO WAN sendiri merupakan restoran dim sum yang sudah cukup terkenal di Hong Kong. Cabangnya bahkan sudah dibuka di beberapa negara besar lainnya seperti Singapore, Australia, dan juga Indonesia. 

Walaupun ketika gue pergi ke Hong Kong, TIM HO WAN sudah membuka cabang di Indonesia (tepatnya di Pantai Indah Kapuk - Jakarta Utara), rasanya tetap saja gue lebih tertarik untuk mencoba langsung di negara asalnya. 


Di Hong Kong sendiri terdapat beberapa cabang restoran TIM HO WAN. Saat itu gue dkk mengunjungi restoran TIM HO WAN cabang IFC Mall yang terletak di dalam Station MTR Central. Walaupun sudah tiba di dalam Station MTR Central, rupanya untuk mencari lokasi restoran TIM HO WAN ini tidak semudah yang gue bayangkan. Gue dkk sampai menghabiskan waktu sekitar 30 menit berkeliling IFC Mall untuk menemukan restoran TIM HO WAN ini. Petunjuk dari petugas sekitar juga kurang membantu saat itu :((



Karena saat itu gue dkk tiba sekitar pukul 19.30 waktu setempat, yang merupakan jam makan malam, maka gue dkk harus rela menunggu dan masuk waiting list. 


Di depan restorannya akan terdapat petugas yang mendaftar para tamu waiting list, setelah itu mereka akan memberikan kita kertas daftar menu (jangan lupa minta daftar menu yang berbahasa inggris yah), jika meja untuk kita sudah tersedia, maka kita bisa menyerahkan kertas pesanan kita kepada petugas. 

Ooh yah.. Lebih baik kalian jangan menunggu terlalu jauh dari area restoran dan tetap pantau nomor waiting list kalian. Karena saat itu, setelah sekitar 10 menit menunggu dan tidak mendengar panggilan apapun, gue dkk akhirnya bertanya ke petugas, apakah mejanya sudah siap, baru setelah itu tiba-tiba petugas mempersilahkan gue dkk masuk. Saat itu gue sendiri tidak tau antrian waiting listnya sudah sampai di nomor berapa.  

 

Setelah gue menyerahkan kertas pesanan kepada petugas, maka tidak lama kemudian petugas mengembalikan kertas pesanan gue bersama dengan struk total harga pesanan gue. Namun pembayarannya sendiri dilakukan setelah gue dkk selesai makan. Gue dkk tinggal membawa struk tersebut ke kasir dan membayarnya di sana.
  
Well.. Dan berikut adalah pesanan gue dkk saat itu :p


Para petugas yang ada bekerja dengan cepat. Tidak sampai 15 menit, semua pesanan gue dkk sudah lengkap di atas meja.


 Steamed Rice Rolls Stuffed with Shrimps and Chives - HKD 30/porsi (kalo tidak salah ingat isinya hanya ada 3 pcs).

Kulit putih luarnya terbuat dari tepung beras yang rasanya benar-benar tawar dan agak berminyak. Sedangkan isinya adalah udang segar yang rasanya gurih dan sedikit asin. Untuk menu ini sangat cocok dimakan dengan kecap asin atau chili oil menurut gue. Uwenak :p

[ Steamed Fresh Shrimp Dumplings - HKD 30/porsi isi 4 pcs ]
 Siomay udangnya amat sangat enak. Terasa sekali udang yang digunakan benar-benar fresh. Teksturnya juga padat dan garing. Sungguhhh.. Gue merindukan siomay udang ini :p

Ooh yah.. Gue dkk sempat ragu saat memilih makanan. Karena daftar menu bahasa inggris yang diberikan saat gue dkk berada di waiting list tidak memiliki gambar sama sekali. Sedangkan cukup banyak menu makanan yang diberi istilah 'dumplings', namun gue dkk ragu, apakah wujudnya benar-benar seperti 'dumplings' pada umumnya (yaitu berupa pangsit atau hakau).

Ternyata benar saja, keraguan gue dkk terjawab ketika menu berikut dikeluarkan..


[ Deep Fried Dumplings Filled with Pork - HKD 16/porsi isi 3 pcs]
Melihat nama menunya, bayangan gue dkk adalah Pangsit Goreng isi Daging Babi.. Tapi ternyata yang keluar adalah 'dumplings' dengan bentuk roti goreng seperti foto di atas.

Rasa roti gorengnya adalah manis, teksturnya tidak seperti roti goreng sih, tapi lebih mirip gemblong. Lengket-lengket gitu pada bagian dalamnya. Sedangkan rasa daging babinya adalah asin. Ini adalah menu yang paling tidak gue suka, mengingat gue memang kurang suka dengan rasa manis yang bercampur dengan rasa asin :( 

[ Steamed Vegetable Dumplings filled with Shrimp - HKD 30/porsi isi 4 pcs ]
Kalau di Indonesia, kita lebih mengenai menu di atas dengan istilah Hakau. Rasanya enak, kulitnya tidak terlalu tebal, isinya juga cukup gurih yaitu berupa udang segar utuh dan juga sedikit sayuran yang gue tidak begitu paham apa nama sayurannya. 

Semua menu dim sum TIM HO WAN ini dapat dimakan dengan tambahan sauce yang disediakan di setiap mejanya, yaitu sauce-sauce berikut.


 Ada kecap manis, kecap asin, saus sambal, dan chili oil.

Ooh yah.. Mengingat suasana restorannya sangat ramai, jadi para tamu harus berbagi meja dengan tamu lainnya. Misalnya jika kapasitas meja adalah 4 orang, maka gue yang hanya berdua dengan teman gue harus berbagi meja dengan 2 orang lainnya yang tidak gue kenal. Tapi secara keseluruhan gue suka kok makan di TIM HO WAN ini. Varian dim sum -nya sangat lengkap dan juga enak. Pelayanannya cepat. Harganya juga masuk akal dan tidak terlalu mahal menurut gue. 

Oke deh guys.. Sekian cerita kuliner gue kali ini.. Sampai ketemu di post berikutnya =))

TIM HO WAN (IFC Mall)
Concession Hok 12A - Level 1
Central MTR Station
Hong Kong 



HONG KONG & MACAU SERIES 2015 : 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...