Popular Posts of The Week

March 14, 2015

Pengalaman Body Rafting di Green Canyon - Pangandaran (Jawa Barat)


Setelah selesai main-main di Pantai Batu Karas (atau Batu Tunggal), gue dkk sarapan dulu deh di sekitar parkiran mobil..

[ Indomie Telur - IDR 10.000,- ]
 Ada juga nasi goreng, nasi rames, mie goreng, dll Hihi.. 

Setelah sarapan, beberapa teman gue langsung ganti pakaian yang mau dipakai untuk rafting.. Kalo gue enggak.. Karena pakaian yang gue pakai udah terlanjur kotor pas maen di pantai.. Gue dkk juga enggak pake mandi lagi.. Kannnn mau main air juga di Green Canyon :D

Okeh deh.. Dari parkiran tersebut, gue dkk melanjutkan perjalanan ke tempat penyewaan jasa body rafting yang mau kita pakai.. Nih foto tempatnya..



Nama -nya BARAJA BODY RAFTING.. 

Nah.. Kalian liat ajah nomor telepon nya di spanduk yang ada di kiri atas itu.. 081323048039 / 081322596346 / dan yang terakhir gue gak jelas telepon -nya berapa..

Harga paket -nya per orang gue juga enggak tau pasti.. Karena gue enggak yakin harga yang gue bayarkan ke temen gue itu adalah harga aslinya.. Kayaknya harga yang gue bayarkan itu harga diskon deh.. Lebih murah dari yang seharusnyaa... Jadi daripada gue salah info, mendingan kalian sms / telpon langsung deh :-)

Tapi gue rekomen sih sama jasa body rafting ini ke kalian.. Soalnya disini kita dikasih sepatu juga.. Pas di Green Canyon -nya, ada peserta dari jasa body rafting lain yang bilang "Kok mereka dapet sepatu, kita enggak yah.."

Hoho.. We're just lucky.. Kalo enggak pake sepatu soalnya licin banget pasti untuk lewatin batu-batuannya.. Hihihi.. Instruktur -nya juga baik-baik sih.. Jadi okehlah kalo pake jasa mereka.. 

Nah ini dia sepatu yang gue bilang.. Sepatu karet.. Kalian cari sendiri ukuran yang cocok di kaki kalian.. Enggak boleh terlalu pas.. Tapi jangan terlalu longgar juga.. Enggak perlu yang warnanya sama.. Beda warna antara kaki kanan dan kaki kiri juga enggak apa-apa.. 

Oke deh.. Setelah kita dikasih sepatu, life jacket, helmet, dan sebenarnya ada lagi pelindung lutut, tapi kata instrukturnya, cuaca lagi bagus, jadi gak perlu pake pelindung itu, yang ada malah menghalangi gerak langkah kita.. So.. Kita siap menuju Green Canyon.. Hehehe..

Ooh yah.. Untuk pakaian rafting, gue saranin ke kalian untuk pakai celana panjang deh pas body rafting.. Legging atau celana katun body fit gitu.. Daripada kaki kalian lecet-lecet kena batu karang.. 

Gue ajah yang pake celana panjang, pulang-pulang bawa memar di seluruh tubuh warna biru tua sampe 10 buah.. 2 minggu baru ilang memar -nya.. So.. Mending pake celana panjang ajah yah :-)

Okehh.. Back to the topic.. Setelah perlengkapan rafting sudah siap, gue dkk tinggal menunggu mobil pick up yang akan membawa gue dkk ke lokasi Green Canyon sesungguhnya..

Mobil pick up biasa.. Yang kayak biasa dipake di toko material untuk bawa batu krikil.. Nah! Di mobil itu, kita duduk dipinggirannya saling berhadapan.. HAHAHA! Gue kalo inget ini sih suka lucu sendiri..

Seru deh.. Jadi kita naik mobil pick up itu dan melewati jalan menanjak yang berliku dan disamping kita itu kayak jurang.. Medan perang -nya seru banget.. Pokoknya selama di mobil pick up itu semua saling berpegangan lah.. HAHAHA.. Kalo nengok ke belakang, eh ada jurang.. Belum lagi jalanannya menanjak dan hancur..

Tapi seru.. Kayak naik wahana dufan jadinya.. Hihi..

Setelah sekitar 15 menit naik mobil pick up itu.. Tibalah kita di Green Canyon.. Dan inilah pengalaman body rafting pertama kali -nya untuk gue di Green Canyon :D

Eiittss.. Tapi tunggu dulu.. Kita harus turun bukit dulu sekitar 5 menitan.. 

Dan beginilah suasana turun bukitnya :-)


Tuh.. Dari ketinggian udah keliatan Green Canyon -nya :D

Dan tibalah kami di Green Canyon sesungguhnya :-))

Nah.. Begitu sampai.. Gue dkk di briefing dulu sama instruktur -nya..

Disitu kita dijelaskan bahwa kita harus berpikiran postif.. Enggak usah pusing mikirin di dalam air itu ada apaan.. Green Canyon itu udah go international katanya.. Jadi harus positif thinking ajah.. Gitu katanya.. Hihi.. 

Disini, semua handphone bisa kita titipkan ke instruktur -nya.. Yang bawa uang juga titipin ajah.. Karena sekalipun disimpan di kantong, tetep bisa beresiko ilang mengingat kita ada di dalam air dan ada arus besarnya.. 

Untuk handphone, gue sih bawa anti air untuk handphone.. Tapi tetep gue titip ke instruktur.. Begitu juga uang dll.. Jadi instruktur -nya itu bawa tas anti air gitu deh.. Yang isinya untuk bawa barang titipan kita semua.. 

Nanti di spot-spot tertentu, kalo kita mau foto, maka kita bisa ambil titipan kita sama instruktur -nya.. Misalnya ambil handphone buat foto..

Enaknya kalo kayak gini ada fotografer khusus yah buat fotoin kita.. Karena jujur ajah.. Sangking menikmati body rafting di Green Canyon ini, kalian pasti bakalan lupa sama yang namanya foto, rekam, dll deh.. Walaupun gue dkk tetep sempet-sempetin untuk foto dan rekam sih.. HAHAHA..

Oke.. Body rafting dimulai jam 11 siang.. Jadi sistem -nya itu, kita akan melewati sepanjang sungai Green Canyon itu.. Nanti akan ada beberapa spot yang menjadi tantangan untuk kita.. Misalnya batu yang tinggi-tinggi (ada yang 2 meter, 5 meter, 7 meter, 9 meter).. Arus yang muter-muter.. Nah.. Kalo yang berani, boleh loncat dari batu tersebut dan boleh loncat ke kolam arus yang muter-muter.. 

Kalo enggak ?? Yah lewat jalan aman ajah berenang dibawah seperti biasa atau jalan lewati pinggiran batu-batu.. Hihi..

Ini foto sebelum terjun dari batu pertama kali :D

Nah, instruktur nya itu yang paling kiri.. Sama yang lagi fotoin kita :-)

Gue ada beberapa video saat gue loncat.. Gue udah cut menjadi 15 detik ajah (versi instagram).. Soalnya kalo gue upload full time video tersebut, pasti bakal lemot banget jadinya :(

Nanti kalo udah sempet, gue akan upload di channel youtube gue yah :-)


Gue sih lupa ini yang ketinggian berapa meter :p

Susahnya adalah, gue enggak bisa loncat jauh-jauh.. Pasti gue loncat -nya selalu pinggir-pinggir.. Padahal itu beresiko bahaya karena dipinggiran suka banyak batu..

Jadi kalo kalian mau loncat.. Loncatnya melangkah yang jauh.. Dan yang jatuh duluan itu kaki, kayak loncatan gue di video atas.. Jangan jatuh duduk yah.. Itu bakal sakit banget.. Temen gue udah membuktikannya.. LOL..


Nah! Kalo ini adalah video gue terjun di kolam arus yang muter-muter.. Gila sensasi -nyaaa.. WOHOOOOO..

Jadi begitu gue terjun.. Yang gue rasain adalah gue digulung sama arus.. Hidung, kuping, mulut, semua masuk air.. Sakit sih hidung gue.. Badan gue kebawa arus kanan kiri..

Serasa gue enggak napas dalam beberapa detik.. HAHAHA..

Kalo liat video-video nya lagi, gue kadang bingung kenapa gue bisa-bisanya berani terjun ke kolam arus itu yah.. Hahaha.. Tapi yang pasti ENGGAK NYESEL.. 

Mungkin kalo gue enggak terjun, gue akan nyesel karena gue enggak akan tau rasanya dan enggak akan bisa cerita ke kalian gimana rasanya.. Hihihi..

Tapi instruktur selalu bilang, "Kalo ragu-ragu, JANGAN!" Gituuu.. Hihi..

Kedalaman air di Green Canyon itu lumayan dalem sih.. Tapi karena pakai life jacket, jadi ngambang terus ajah kitanya.. Yang pasti jangan panik.. Kaki kita gerakin ajah kayak maen sepeda.. Atau mau telentang gaya dada juga asik.. Gak bisa berenang juga enggak apa-apa kok.. Tetep bisa ikutan body rafting ini :-)

Di dalam air Green Canyon itu gue enggak bisa lihat apa-apa.. Isinya cuma air warna hijau ajah.. Jadi emang enggak keliatan ada apa-apa di dalam -nya.. (Ini yang banyak ditanyakan temen gue setelah gue pulang balik dari Green Canyon :D)

Okeh deh.. 

Ditengah perjalanan, ada yang namanya rest area.. Disana kita bisa duduk istirahat dan ada yang jual popmie, kopi, teh, atau susu.. Mau tau gimana rest area -nya ?? 

Nihhh..

Keren kan.. Yang namanya usaha bisa dimana ajah.. Hihi..

Tapi gue harap si Ibu atau pedagang lainnya enggak membuang air bekas minuman, popmie, dll ke dalam Green Canyon yah Bu.. Kasian nanti anak cucu saya enggak bisa ke Green Canyon, tempat mama/neneknya pernah main air.. Hihi..

 Dan inilah foto-foto yang gue ambil selama lagi di rest area Green Canyon :D





Waktu disana gue pesen susu coklat hangat.. Lucu yahh gelasnya dari bambu.. Setelah gue pulang ke Jakarta gue mikir.. Itu gelas gue enggak tau deh dicuci apa enggak sama si Ibu -nya kalo dari pembeli yang satu ke pembeli lainnya.. Hahaha..

Ya sudah deh.. Semoga bebas dari segala virus menular :D Malah semoga bisa meningkatkan sistem imun tubuh guee.. Hahaha..

Setelah dari rest area, perjalanan untuk mengakhiri sungai Green Canyon ini masih setengah -nya lagii..

*ceritanya dicepetin*

Waktu sudah menunjukan pukul setengah 4 sore.. Enggak kerasa hampir 5 jam di dalam air.. Akhirnya gue dkk sudah sampai di ujung Green Canyon..

Untuk pulangnya, kita naik perahu deh.. Perahu motor gituuu.. 

Tapi pakai transit.. Jadi dari perahu motor pertama naik sampai ke satu tempat.. Dari satu tempat itu, naik lagi perahu motor lanjutan.. Tau-tau pas tiba di tempat pemberhentian kedua, lokasinya sudah diseberang tempat jasa body rafting tadi.. Hahaha.. Bingung deh.. Jadi enggak perlu naik mobil pick up lagi untuk pulangnya :D Tinggal nyebrang jalan ajah..

Ini foto di perahu kedua :-)

Setelah sampai di tempat penyewaan jasa body rafting, disana kita mandi dan bersih-bersih.. Ada kamar mandinya kok.. Kemudian disediakan makanan untuk kita semua.. Waktu itu ada ayam goreng, tahu goreng, lalapan, sama kangkung.. Sama nasi juga.. 

Semua biaya sudah termasuk dalam biaya yang kita bayarkan di awal..

Okeh deh.. Setelah beres-beres.. Jam setengah 6-an kita mulai jalan pulang ke Jakarta.. Gue dkk dari Jakarta diantarkan ke terminal Leuwi Panjang - Bandung..

Waktu itu dari Pangandaran jam setengah 6-an sore, sampe terminal Leuwi Panjang - Bandung sekitar jam setengah 2 subuh.. Dari terminal Leuwi Panjang, gue dkk lanjut naik bus Arimbi langsung ke arah Tangerang..

Tarif untuk sampai ke Tangerang (Cikokol - Transmart) adalah Rp. 75.000,- 

Sebagian ada yang turun di Slipi, ada yang turun di Kebon Jeruk, dll.. Akhirnya gue sampai rumah jam setengah 5 pagi di hari Senin.. 

Begitu sampai rumah, gue langsung beres-beres, mandi, dan tanpa sarapan lagi, jam setengah 6 gue langsung berangkat kerja lagi.. Maklum.. Kantor gue agak jauh dari rumah..

Gue cuma mengandalkan tidur di perjalanan ajah.. Hihi..

Secara keseluruhan MENYENANGKAN sekali.. Dan dengan jadwal seperti itu, untungnya gue enggak pake acara sakit-sakitan segala setelah body rafting ini.. Hihi :D

Mungkin ini karena efek gue yang akhir-akhir ini rajin olahraga kali yah :-)

Yah.. Inilah kenapa di post sebelumnya gue bilang kalo gue menarik isi kepala gue yang bilang "Kayaknya ini bakal menjadi kali pertama dan kali terakhir gue ke Pangandaran deh.."

LOL.. Yah karena gue sih mau-mau lagi ajah next time body rafting lagi ke Green Canyon.. Hehehe..

Oke deh guys.. Sekian cerita gueeee.. Semoga bisa memberikan informasi bermanfaat buat kalian :D

UPDATE VIDEO :

Seee yaaaaa_

5 comments:

  1. Body Rafting Green Canyon Pangandaran memang seru.

    ReplyDelete
  2. Keren banget cerita dan foto-fotonya. Semoga bisa menyusul ke sana.

    ReplyDelete
  3. terimakasih infonya sangat menarik, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2P5Wu53

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...