Popular Posts of The Week

July 15, 2015

Pengalaman Transit 9 Jam di KLIA 2 - Malaysia

Hallo semuanya.. Please welcoming back me from my summer holiday in Hong Kong a weeks ago :D Tapi sebelum bercerita tentang jalan-jalan gue di Hong Kong, gue mau cerita terlebih dahulu tentang pengalaman transit gue di KLIA 2 Malaysia selama lebih kurang 9 jam..

Saat itu gue tiba di KLIA 2 sekitar jam 9 malam, sedangkan flight selanjutnya adalah jam 7 pagi.. Tentu saja di jam transit gue yang malam tersebut, gue tidak bisa keluar dari KLIA 2 untuk berjalan-jalan menuju Kuala Lumpur..

Tapi tenang! KLIA 2 yang dulunya LCCT ini sudah berubah menjadi bandara yang bagus dan nyaman kok.. Bahkan ada mall Gateaway@KLIA2 -nya.. Jadi akhirnya gue memutuskan untuk menunggu dan bermalam di KLIA 2 saja deh..


Mengingat penerbangan gue saat itu adalah flight-thru (dimana gue tidak perlu mengambil bagasi dan check in ulang untuk flight berikutnya), maka awalnya gue jadi cukup ragu, apakah baiknya gue langsung masuk ke International Transfer (tidak perlu keluar imigrasi) dan menunggu di ruang tunggu untuk flight gue berikutnya atau keluar imigrasi dulu untuk berjalan-jalan keliling KLIA 2 saja.. 

Tapi setelah mempertimbangkan waktu transit gue yang cukup lama dan juga jika gue sudah masuk ke International Transfer gue tidak akan bisa keluar lagi, maka akhirnya gue memutuskan untuk keluar imigrasi saja terlebih dahulu..

Setelah keluar imigrasi, gue segera mencari makan malam.. Ada cukup banyak restoran di KLIA 2, mulai dari Food Court, Burger King, Shihlin, KFC, Wendy's, Nannys Pavillon, dll.. KLIA 2 juga dipenuhi dengan banyak outlet, butik-butik ternama, dan sebuah hotel kecil bernama Container Hotel..

Karena saat itu gue tidak berniat untuk menginap di hotel, maka gue berfokus untuk mencari makan malam saja deh.. Dan akhirnya gue memutuskan untuk makan di Wendy's :D


Pesanan gue bersama kawan gue saat itu adalah :
- Golden Chicken Rice Combo Regular (with Honey Green Tea) : RM 8,25 / paket
- Pasta RMD Combo reguler (with Honey Green Tea) : RM 8,10 / paket
- Reguler Cheese Fries : RM 5,45 / porsi
- Mineral Water : RM 4,10 / botol 600 ml

Semua rasa makananya sangat enak menurut gue.. Ooh yah.. Outlet Wendy's di KLIA 2 ini sepertinya tutup jam 12 malam deh.. Karena saat itu ketika gue sedang makan (jam 12 kurang), semua pelayan sudah siap-siap membersihkan outlet dan mengangkat semua bangku yang ada keatas meja.. 

Melihat hal tersebut, akhirnya gue dkk langsung bergegas pergi dari Wendy's dan pergi ke outlet Shihlin untuk membeli cemilan.. Ternyata harga Crispy Chicken di Shihlin KLIA 2 ini lebih murah daripada di Jakarta lho.. Untuk Crispy Chicken Original Spicy harga seporsinya adalah RM 9,3..

Bedanya, jika Shihlin di Jakarta menggunakan nomor urut di struk untuk menunggu pesanan, maka di KLIA 2 ini, pelayan akan mengantarkan pesanan langsung ke meja kita.. Jadi tidak ada nomor urut di struknya.. Kemudian Crispy Chicken -nya juga tidak dipotong-potong seperti yang ada di Jakarta, melainkan utuh berukuran besar.. Jadi kita perlu mengigitnya deh :D

Oke.. Setelah membeli cemilan Shihlin, gue dkk memutuskan untuk melihat kantor Air Asia di lantai 2 yang katanya bisa dijadikan spot untuk tidur.. Dan ternyata beginilah penampakannya saat itu..


Tidak ada satu orang pun disana yang sedang duduk menunggu apalagi tidur.. Alhasil gue dkk tidak berani untuk tidur dan menunggu di depan kantor Air Asia ini..

Karena saat itu juga sudah jam 1 malam, akhirnya gue dkk memutuskan untuk masuk ke area Keberangkatan saja.. Saat itu awalnya gue ingin langsung menunggu di area Gate keberangkatan gue, apalagi mendengar bahwa jarak Gate di KLIA 2 ini cukup jauh sehingga perlu berjalan kaki cukup lama walaupun kita sudah berada di dalam area Keberangkatan.. 

Namun sayangnya, Gate baru diketahui 3 jam sebelum jam keberangkatan.. Yah jadilah gue hanya bisa menunggu di area Keberangkatannya saja (bukan di area Gate).. Tapi di area Keberangkatan ini juga masih banyak beberapa outlet, restoran, dan minimarket kok.. Jadi suasananya masih cukup ramai..

Dan yang paling penting adalah di area Keberangkatan ini terdapat banyak bangku yang bisa dijadikan tempat untuk tidur :D Bahkan ada spot dengan lantai berkapet dimana banyak orang yang tidur di lantai berkarpet tersebut.. Hihi.. 

Tapi saat itu gue lebih memilih tempat yang tidak terlalu ramai untuk dijadikan tempat tidur.. Dan inilah tempatnya :D



Di bangku-bangku inilah akhirnya gue tidur.. Saat itu hanya ada sekitar 2 - 4 orang yang tidur disana.. Menurut gue tempat ini masih cukup 'nyaman' untuk dijadikan tempat tidur dibandingkan dengan tempat lainnya yang terlalu ramai..


 Jika kalian berencana untuk tidur di KLIA 2 seperti gue, maka jangan lupa untuk membawa jaket dan kain selimut.. Karena KLIA 2 amat sangat DINGIN.. Kalian juga harus meletakan barang beharga kalian ditempat yang aman saat kalian tidur yah :D

Oke deh.. Setelah berhasil 'tidur-tidur ayam' sekitar 3 jam, akhirnya gue dkk bangun sekitar jam 4.30 subuh dan mulai membeli sarapan di minimarket yang ada.. 


Harga rotinya masing-masing tidak sampai RM 2 kok :D Rasanya juga enak dan cukup mengenyangkan untuk dijadikan sarapan..

Oke.. Setelah mengetahui Gate keberangkatan gue selanjutnya, gue dkk segera menuju ke Gate tersebut dan ternyata benar saja.. Jaraknya cukup jauh.. Padahal ibaratnya gue sudah berada di dalam area Keberangkatan, tapi tetap saja gue masih perlu berjalan kaki sekitar 15 menit untuk mencapai Gate tersebut..

Jadi untuk kalian semua yang transit di KLIA 2 untuk waktu sekitar 2 - 3 jam saja, lebih baik kalian langsung saja menuju ke Gate keberangkatan kalian tersebut (tidak usah keluar-keluar imigrasi).. Karena jarak Gatenya cukup jauh dari lokasi Check In Counter.. Jangan sampai nanti kalian jadi ketinggalan pesawat.. Lagipula jika waktu transitnya hanya 2 - 3 jam, Gate keberangkatan juga sudah bisa diketahui kok..

Oke deh guys.. Sekian cerita pengalaman transit gue di KLIA 2 selama lebih kurang 9 jam.. Semoga bisa bermanfaat.. See yaaaa :D

59 comments:

  1. Hai, mau nanya pendapat dong..
    Kalau mendarat di KLIA2 sekitar jam 1.30 pagi dan flight berikutnya jam 7 pagi, kira2 baiknya langsung aja ke area keberangkatan atau masih bisa keliling KLIA2 yah?

    Thanks in advance yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii.. Sorry late to reply.. Kamu masih bisa keliling2 KLIA2 kok.. Tapi jam segitu semua outlet dan tempat makan pasti sudah tutup.. Kalo mau lanjutin tidur, langsung ke area keberangkatan saja.. Istiraha di area tempat tunggu sesuai gate kamu.. Jangan lupa pake jaket tebal yah.. DINGINNNN BANGETTT disana! Hihihi ~

      Delete
  2. hai, mau nanya, klo fly thru 14 jam transit n keluar imigrasi dlu n muter2 klia2, abis itu mau masuk lg ke area keberangkatan harus melewati imigrasi lg?... area transfer dan area keberangkatan apakh sama? krn saya mau transit di klia2 jam 6 malam-6 pagi besoknya, kalau keluar dari area transfer apakah tidak merepotkan utk antrian imigrasi dll?... tulisannya sangat informatif. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii.. Iya tetap harus lewat imigrasi lagi.. Area transfer dan area keberangkatan itu beda.. Kalo km dari turun pesawat mau lgsg ke area transfer, maka kamu gk perlu keluar imigrasi, tapi kalo km mau muter2 KLIA2 dulu, yah kamu harus keluar imigrasi.. Nanti begitu mau flight, baru kamu menuju ke area keberangkatan dan harus melewati imigrasi lagi..

      Saran saya sih, mending kamu muter2 KLIA2 dulu, dari jam 6 sore sampe jam 11 malem masih oke tuh, sambil makan, cemal cemil, dll.. Nanti malamnya, kamu lgsg ajah masuk ke area keberangkatan, mungkin check in counter untuk flight km yg jam 6 pagi itu belum dibuka, tapi kalo udah masuk area keberangkatan, disana km bisa tidur2an, banyak bule tidur juga kok.. Lumayan kan istirahat.. Tp barang bawaan harus tetep km jaga sendiri.. Hihi.. Nanti kalo udah jam 4 subuh, baru deh km siap2 check in dan menuju gate keberangkatan, soalnya dari AREA keberangkatan ke GATE nya itu jalurnya panjang benerr.. Jalan kaki ajah bisa 20 menit..

      happy traveling ^^

      Delete
  3. Mau nanya,kira kira pada terima kartu kredit ga ya counter di KLIA, males tuker ringgit nih karena cuma treansit . makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sih ada, apalagi kalau counter changer nya ada di Bandara.. Tapi saya tidak jamin juga..

      Delete
  4. Waktu itu sih sy keluar gak ditanyain apa2 sama bagian imigrasinya.. Jadi lancar.. Anyway, dapet tiket ke Japan PP berapa..?

    ReplyDelete
  5. Hi,mau tanya waktu trip ke hongkong, pembayaran bagasi total dikenakan berapa?
    dengan adanya transit dikl tiba jam 12 malam, esok pagi baru lanjut ke hongkong.
    apakah bagasi cgk-kl + bagasi kl-hk untuk rute pergi
    dan bagasi hk-kl + bagasi kl-cgk untuk rute pulang
    rute diatas dibeli dalam 1 bookingan tiket..
    please share infonya ya..
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan sy beli bagasi hanya utk pulangnya saja, prepare karena akan beli oleh2. Kalo perginya sih gak beli bagasi.

      Iya betul, saya beli dalam 1 bookingan tiket, jadi karena saya beli tiket utk pulangnya saja, jadi sdh termasuk HK-KL + KL-CGK. Saya tidak perlu ambil bagasi saat transit di KL, karena kan sy belinya yg fly thru, jd masukin bagasi di HK pokoknya begitu sampe CGK baru ambil lagi bagasinya. Harga bagasinya saja sih sy lupa.. Hehe..

      Delete
  6. Hi tanya donk....sy juga dah beli tiket ne to Brunei...transi di KL dr jam 23.00-13.00 besoknya....apa ne plan terbaiknya ya(yang biaya murah biar ngirit) ...baru pertama ke KL ne?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, kalo saya sih bakal tidur kira2 sampe jam 4 subuh di Bandara utk istirahat, lalu saya jalan2 ke KL (estimasi sampe di KL jam 5.30 an), bisa kuliner sarapan, atau kalo blm pernah ke Twin Tower, langsung saja ke Twin Tower, nanti jam 9 pagi, saya balik lagi ke Bandara.. Sampe Bandara jam 10.30an.. Hehehe..

      Paling ada 2 hal yg perlu dipikirkan :
      1. Agak ribet bawa koper jalan2, kalo nemu tempat penitipan koper di Bandara, boleh dititipkan..
      2. Saya kurang tau apakah jam 4 subuh gitu sudah ada bus/train dari Bandara ke KL.. Hihi..

      Delete
  7. Halo mbak.. tgl 1 juli 2016 saya mau pergi ke bangkok.. karna tiket dari bali ke bangkok lumayan harganya (minim buget) saya beli tiketnya dari bali ke kl trus dari kl ke bangkok... nah itu saya beli tiketnha pisah2, apakah nanti waktu saya brangkat dari kl ke bangkok kna airport tax? Saya beli tiketnya di trave××oka.. oya saya sampai kl jam setengah satu pagi mendarat di klia2 trus penerbangan berikutnya jam setengah 2 sore melalui bandara klia (dpt promo tiket thaiairways unt ke bangkoknya), nah saya rencananya mau ke twin tower aja hanya foto2 apakah itu cukup waktunya? Maunya mau naik bus kesananya... terima kasih sebelumnya.. ini perjalanan saya pertama jadi masi bingung dan sedikit takut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf banget yah baru bales skrg, mungkin Mba Ayu juga udah pulang, hehehe, tapi sy tetep jawab yah siapa tau berguna buat pembaca lainnya.

      1. Dari KL ke Bangkok tidak pakai airport tax, karena istilah airport tax itu yang saya tau hanya ada di Indonesia, di luar negeri tidak ada bayar apa2 lagi. Tapi sekarang di Indonesia pun, harga pembelian tiket pesawat sudah include airport tax, jadi di bandara Indonesia pun sekarang sudah tidak perlu membayar airport tax tsb.

      2. Cukup banget. Saran saya, tidur dulu di bandara sampai sekitar jam 4 subuh, lalu naik bus ke KL, mungkin sampe jam 5.30an, sarapan / kuliner, jalan2 pagi, dan menuju ke Twin Tower. Pastikan jam 11 sudah sampai bandara lagi yah :D

      Delete
  8. halo mba, mau nanya
    saya rncana mau beli tiket air asia dr CGK ke KTM Nepal, transit di KL 9 jam
    kalo beli fly thru dan transit di KL, kemungkinan untuk tahu transit di KLIA1 atau KLIA2 itu kita bisa tahunya dari pas booking tiket atau gimana ya?
    soalnya kalo transit di KLIA2 masih mending bisa istirahat di bandara, karena bandaranya bagus...hehehe
    trus ada refrensi info traveling ke Nepal atau mba pernah ke sana?
    thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asiknya ke Nepal. Hihi.. Anyway, setau saya kalo ini tergantung pesawatnya. Ada maskapai yang saat pemilihan tiket ditampilkan lokasi tibanya (terminal apa/bandara apa), tapi ada juga yang baru diketahui saat tiket dibeli.. Gituuu..

      Saya belum pernah ke Nepal nih.. Have fun di Nepal yahhh.. Bagi-bagi ceritanya juga nanti.. hihi..

      Delete
  9. hai mba, saya insya allah bulan oktober mau ke korea, dan nanti saya mau transit dulu di KL. saya boleh minta id line ga mba? mau tanya2 lebih lanjut hehe terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallooo Leni, boleh line ke @aiaidunk . Yuk ngobrol2 bahas ke Korea.. Hehehe..

      Delete
  10. lain kali kalo jalan2 aku boleh ikut gak?

    ReplyDelete
  11. halo kak kalau kita dari KLIA2 mau kebangkok dengan air asia itu counter check in di lantai berapa sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii haii.. udah kita obrolin via line yah.. hehehe..

      Delete
  12. Hay kak, saya mau tanya besok tahun depan rencana mau liburan ke kul sin, tapi saya berangkat ke kul sabtu sore dan sampai sana sabtu malam, setelah itu minggu pagi langsung berangkat ke sin, dan saya rencananya sabtu malam stay di sama sama express klia2 hotel selama 6jam, hotelnya itu berada sebelum di imigrasi. Kalau seperti itu berarti sabtu malamnya saya tidak harus melewati imigrasi kan? Dan kartu kedatangan yg kita isi di pesawat sebaiknya di isi bagaimana ya. Makasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener tuh, same same express itu sebelum imigrasi, jadi kamu gak perlu keluar dari imigrasi deh. Untuk kartunya kamu simpen ajah, toh itu cuma akan dicek kalo kalo keluar imigrasi (resmi masuk KL), kalo enggak kan kamu besoknya lgsg ke luar lagi ke SG. Jadi harusnya gak bakalan dicek lagi.

      Delete
  13. Hai kak salam kenal. Saya mau tanya beberapa hal nih. Bulan Maret nanti saya mau ke Australia naik AA JKT - SYD (Transit KL) penerbangan dari JKT jam 19.15 - 10.20 (JKT-KL) jeda 1 jam langsung KL-SYD. Yang awalnya durasi transitnya cuma 1 jam. Kemudian baru hari ini saya dapet SMS dari pihak AA bahwa jadwal penerbangan saya dari KL-SYD di reschedule jadi jam 09.10 (besok paginya). Berarti saya transit di KL selama 10 jam 50 menit.
    Kalo kaya gitu kasusnya saya aga bingung,
    1. Apakah saya harus ambil bagasi saya atau tidak usah?
    2. Apakah saya harus lapor ke pihak imigrasi saat sampai di KL?
    3. Apakah saya harus melakukan check in kembali untuk tujuan KL-SYD mengingat jeda transitnya cukup lama yaitu 10 jam?

    Kemudian dengan jeda 10 jam, apakah lebih baik saya booking hotel (jika ya, hotel apa yg cukup dekat dengan keberangkatan saya di KLIA2 nanti) atau bisa menunggu di ruang tunggu keberangkatan international?

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rufina, maaf baru bales comment-mu, semoga masih berguna, berikut sy jawab pertanyaannya yah :

      1. Ini tergantung tiket yang kamu beli, jika tiketnya adl fly-thru (artinya pas beli km lgsg pilih dr Jkt to Syd), berarti km tidak perlu ambil bagasi. Jika km beli tiketnya dari awal memang terpisah, yaitu dr Jkt to KL dulu, terus km beli lagi dr KL to Syd, berarti km harus ambil bagasinya. Tp dari ceritanya km sepertinya tiket kamu adl yg fly-thru yahh.. Hehehe..
      2. Kl tiket km fly-thru, km TIDAK WAJIB keluar imigrasi / tidak perlu lapor, bisa lgsg lewat jalur tersendiri (biasanya ada petunjuknya nanti setelah km turun dr pesawat), tapi kalo km mau keluar imigrasi juga boleh kok.. Jika tiket km bukan fly-thru, maka km WAJIB utk keluar imigrasi / lapor..
      3. Check in flight yg dari KL to Syd bahkan bisa dilakukan dari Jkt kok, waktu itu sy seperti itu, tp jika ada perubahan ketentuan, sy blm tau yah.. Tapi kl memang dr Jkt km belum melakukan check in, maka dr KL to Syd -nya yah harus check in lagii..

      Menurut sy sih lebih baik km book hotel, supaya bs istirahat, soalnya flight berikutnya cukup panjang dr KL to Syd, apalagi km naik AA yg ruang geraknya cukup sempit. Hotel di dalam KLIA sendiri juga ada kok, ada SAMASAMA HOTEL dan CONTAINER HOTEL, yang lebih murah sih yang CONTAINER HOTEL.

      Semoga jawaban sy membantu yah..

      Delete
  14. Hai mbak, saya mau tanya. Untuk transit lama seperti mbak di malaysia itu, saat mbak keluar dr imigrasi apakah perlu mengambil bagasi atau bagasi langsung ditangani oleh maskapai untuk penerbangan berikutnya (meskipun jarak antara penerbangan satu dan selanjutnya cukup lama)? Oia, penerbangannya menggunakan maskapai yang sama.

    Terimakasih, mohon dibalas^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo.. Hmm, jika tiket penerbangan yang kita beli adalah sistem fly-thru, maka tidak perlu ambil bagasi lagi.. Tapi jika tiket yg kite beli bukan fly-thru, maka HARUS ambil bagasi.

      Fly thru itu mksdnya, jika mau ke jepang, kita lgsg beli tiket Jkt to Jepang. Transit di KL adl keputusan dari maskapai.
      Sedangkan jika kita beli yg non fly thru, artinya kita beli sendiri Jkt to KL, lalu beli terpisah lagi dr KL to Jepang. Seperti ituu..

      Delete
  15. Shalom Mbak Mat Pagi,, Saya Mau Tanya Nihhh,Kalau Kita Yang Dari Hong Kong Mau Pulang Cuti Satu Bulan Indo Tapi Mau Ke malaysia Dulu 2 Minggu Baru Ke Indonesia 2 Minggu Abis Pulang Ke Hong Kong Lagi Apa Bisa Ya Mbak, Dari Hong Kong Ke Malaysia Jalan Jalan Dulu Baru Ke Indonesia, Apa Yang Saya Harus Urus Mbak Makasih,, JBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja. Bagi warga negara indonesia, baik malaysia atau hongkong bukan negara bervisa kok...

      Delete
  16. Haii kaaak makasi yaa infonya,
    Mau tanya nih aku tiba di KL sekitar jam 10 malem dan bakal flight lg jam 8mlm keesokan harinya, kalo mlmnya aku nginep di bandara terus pagi - sorenya mau explore KL ga masalah kan yaa dan imigrasi ga terlalu ketat kan ?? soalnya tiket aku bukan fly thru, makasi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa gak masalah kok.. Kalo bukan flythru justru emang harus keluar imigrasi dulu.. Soalnya kan kamu beli tiketnya emang tujuan KL..

      Delete
  17. Halo mbak sgt informati bgt blognya. Mbak apakah ad wa. Sy diah.rencana mau ke jkt- hkg tp transit di kl aelama 1 jam. Naik aa. Tp waktu tunggu hanya 1 jam. Nti itu lsg masuk ke transfer aiport atau gmn ya? Ada wanya ga ya? Mau nny.thank you. Soalnya sm anak dan suami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, kalo hanya 1 jam, bisa langsung masuk ke transfer airport. Sy gak mungkin pasang nomor WA saya disini kan mba, haha.. Contact socmed saya ajah Mba..

      Delete
  18. Halo Mba,
    saya ada rencana balik dari Bangkok transit di KL, sekitar 5 jam, apa memungkinkan saya keluar dari bandara utk foto2? landing di KLIA1 jam 15:00 terbang lagi jam 20:30. dan sepertinya saya ada bagasi nantinya. boleh minta sarannya.. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluar dari Bandara atau keluar dari Imigrasi nya nih ? Kalo keluar dari Imigrasinya dan ingin keliling Bandara, sangat memungkinkan. Tp kalau keluar Bandaranya sih, saya tidak sarankan. Lagipula disekitar Bandara KLIA itu tidak ada apa2. Mau ke KL saja harus naik bus sekitar 1 jam'an. Kalau memang cuma punya waktu 5 jam, better keliling Bandaranya saja, 2 jam sebelum take off kan harus sudah check in lagi.

      Delete
  19. Halo mba aini, salam kenal..

    Saya ada flight ke bangkok via KL, tiba di klia2 pukul 10.40, flight ke bangkok pukul 14.15, maskapai air asia dgn kode booking terpisah dan tidak ada bagasi.


    Apakah saya bisa langsung masuk ke area transfer tanpa keluar masuk imigrasi, mengingat waktu transit yang pendek dan tidak ada bagasi ?

    Tolong pencerahannya ya mba.

    Terimakasih


    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama tiketnya adalah fly thru, maka bisa langsung masuk. Jika tidak, maka harus keluar imigrasi malaysia dulu lalu masuk lagi ke area keberangkatan lagi.

      Delete
  20. Pengalaman juga pernah transit 6 jam di KL dan itu sangat memerlukan power bank dan juga colokan listrik :D

    ReplyDelete
  21. Halo kak terima kasih sekali postingannya sangat membantu. Saya mau tanya kalo berangkat tiketnya fly thru tpi tidak beli bagasi, brarti koper dibawa turun ya kak? Terima kasih mohon arahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, kan ganti pesawat, maka koper kamu yg di kabin harus dibawa turun.

      Delete
  22. halo kak, saya mau ke BKK transit di KL sekitar 6 jam (jam 9-3sore) saya memakai Malindo, apakah perlu mengambil bagasi saat di KL? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo.. Sorry nih baru dibales. Balik lagi ke tiket yang kamu beli, flythru atau tidak. Kalo flythru yah gak usah ambil bagasi, tapi kalo bukan flythru pasti harus ambil.

      Delete
  23. Halo kk, ada rencana nih tgl 4 maret jam 11 kami sampe di KLIA dan transit selama 10jam. Flight berikutnya jam 8 mlm, rencana ingin pergi ke menara petronas. Menurut kk gmna ya? Apakah sempat untuk melihat menara petronas? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo.. Wah, komennya pake Anonymous jadi masuk ke spam nih. Walaupun telat tetep saya jawab yah biar yang lain tetep bisa baca juga. Kl sampai di KLIA jam 11 siang dan next flight jam 8 malam, itu keburu kok kalo mau ke petronas. Tapi waktunya sempit banget. Asumsi jam 11 landing dan urus imigrasi sampe jam 12.. Lanjut ke KL sampe jam 1 atau 1.30, nanti jam 5 sore udah harus jalan lagi yah ke KLIA. Hihii..

      Delete
  24. Halo kak, aku mau tanya kalo fly thru dari Bangkok-Jakarta trus dari maskapai transit di KL itu bagasi non cabin perlu kita ambil ga ya? trus kalo flight dari bkk jam 18.00 sampe KL kira2 jam 20.00 trus flight ke jkt jam 8.30 pagi better aku nunggunya dimana&ngapain ya kak?
    trus kalo restaurant atau outlet2 di klia pada tutup jam brp??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl fly thru bagasi on cabin gk perlu diambil. Hmm, saran ku mending dari jam 20.00 sampe tengah malam keliling2 KLIA nya ajah, sambil cari makan malam. After diatas jam 12 malam, baru masuk ke ruang tunggu departure buat tidur sambil nunggu flight paginya.

      Kalo restoran di KLIA (di bagian luarnya) setau saya gak ada yg 24 jam, jadi mungkin hanya sampe tengah malam saja bukanya.

      Delete
  25. hai aku mau tanya kalo misal naik AA itu nyaman ga ya untuk penerbangan 6 jam ? soalnya liat tiket promo 4juta pp ke korea rasanya pgn beli. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm honestly sih kalo aku agak gak nyaman yah utk penerbangan 6 jam, karena penerbangan 4 jam ajah udah pegel banget dan lapar banget jadinya. Soalnya harga tiket kelas ekonomi AA kan gak termasuk sama makanan. Coba ikut garuda travel fair ajah, siapa tau beruntung jadi dpt harga murah fasilitas nyaman. Hehe..

      Delete
  26. Mba aini mau nanya.. Sy beli tiket promo nih cgk-penang tapi transit 11jam di KL.. Pertanyaan sy bisa gak sih sy keluar bandara n jln2 di KL dlu hehee soalnya klo cm diseputaran bandara bete jg.. Mksh yaa smoga msh dibls.. Amienn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok. Kan tiket yg saya beli juga tujuannya ke Hongkong, transit di KL. Nah pasti di KL saya keluar imigrasinya, cuma karena sudah malam saya hanya keluar imigrasi dan keliling di outlet2 bandaranya saja sambil cari makan.. Tp kl udah bisa keluar imigrasi sih pasti udah bisa lgsg keluar bandara juga yah :) Tapi better pertimbangkan waktu transit kamu yg hanya 11 jam, krn dari bandara KLIA ke KL nya ajah udah takes time 1 jam lebih.

      Delete
  27. Mba mau tanya meski kita ke dr sby-medan transit kl harus pakai paspor ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama tidak keluar bandara KL nya, yah tidak perlu paspor.

      Delete
  28. mba titis sama pertanyaanya dgn sy. sy awam kl transit di Luar negeri. tiket skrg mahal. jd banyakan org transit. sy dr surabaya ke medan ambil tiket transit kl, krn beda jauh kalo transit dalam negeri. boleh kasih tips mba aini alur yg harus sy lakukan, berhubung krn ini pertama kali untuk sy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, saya belum pernah nih pengalaman berpergian ke luar kota dgn transit sampai ke luar negeri, tp kalo memang transitnya lama dan butuh keluar imigrasi untuk cari hiburan, coba di bawa passportnya.. Karena biar bagaimanapun passport itu identitas kita ketika keluar dari Indonesia.

      Delete
  29. Hai mba Aini ,salam kenal mba. Saya ada rencana Maret ini mau ke Surabaya transit KLIA2 dengan pembelian tiket tidak fly-thru. Tiket saya KNO-KLIA2 landing jam 09.10 trus nantinya KLIA2-SUB brkt jam 14.10 artinya ada jeda sekitar 5 jam. Yang jadi pertanyaan adalah :
    1.saya harus cek masuk imigrasi Malaysia atau tidak ( langsung trf area ). 2.mohon petunjuk area keberangkatan KLIA2 lantai berapa mbak?
    3. Jika nanti pemeriksaan cek imigrasi ketika sampai di Malaysia apa alasan kita karena kita tahu kita hanya transit saja.

    Mohon advicenya mbak, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii..

      Dari infomu di atas, dikatakan bahwa tiket tidak fly-thru, artinya kamu beli tiket terpisah, KNO-KLIA2, lalu KLIA2-SUB. Jika seperti ini kondisinya, artinya kamu bukan TRANSIT di KL, jadi kamu tidak bisa transfer area, karena (setau saya) transfer area hanya untuk yang tiket fly-thru saja.

      1. Jadi better kamu keluar imigrasi dulu (karena biar bagaimanapun juga, tiket pertama mu adalah KNO-KLIA2, jadi selesaikan dulu tujuan mu di KLIA2 dgn cara keluar imigrasi), setelah itu yah masuk imigrasi lagi saat mau keberangkatan.

      2. Saya tidak hapal sih, tapi petunjuk jalan di KLIA2 itu sangat jelas, jadi kamu pasti akan menemukan petunjuk jalan Departure.

      3. Waktu itu sih saya simple saja bilang kalau memang saya transit 5 jam dan saya mau cari makanan / lihat2 sembari menunggu next flight saya.

      Semoga membantu yah :)

      Delete
  30. Hallo kak aini. Awal okt ini aku mau plg dr perth ke bdg. Transit di KLIA1 Kira2 5 jam. Pertanyaannya:
    1. Klo ke KL sentral dulu keburu ga ya?
    2. Aku tiketnya fly thru, kalo mau keluar bandara perlu ambil bagasi dlu ga sih?
    3. Klo mau keluar bandara perlu ke migrasi dlu ga?
    4. Klo ga sempet keluar bandara, bisa ga jalan2 di KLIA2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry banget Dina baru bisa bales komen kamu sekarang, akan tetap saya jawab walaupun sudah lewat yah, siapa tau pembaca yang lain bisa dapat info juga.

      1. Tidak keburu.
      2. Tidak perlu.
      3. Perlu.
      4. Bisa banget, KLIA2 tempatnya asik kok buat jalan2, banyak makanan dan store2 juga..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...