Popular Posts of The Week

March 14, 2015

Rute Menuju Green Canyon - Pangandaran (Jawa Barat)

Beberapa waktu lalu, gue diajakin sama seorang temen gue untuk join di trip yang mau dia lakuin.. Kemana ??

Ke Green Canyon ! Hihi.. Yang lokasi nya ada di dekat Pangandaran - Jawa Barat, sekitar 10 jam perjalanan darat dari Jakarta.. Atau masih sekitar 5 jam dari Bandung :D

Dan karena emang gue punya niat untuk kesana, makanya gue setuju!

Perjalanan dilakukan saat weekend.. Sabtu-minggu.. Dan karena temen gue ini masih kerja setengah hari di hari Sabtu, maka mau gak mau perjalanan baru bisa dimulai sekitar jam 3 sore di hari Sabtu..

WOW.. Agak sayang yah waktu dari pagi sampai jam 3 sore di hari Sabtu tersebut.. Tapi gak apalah.. LANJUTKAN ajah pikir gue :-)

Sebelum berangkat, gue sudah di warning sama temen gue kalo kita bakal sampai di Jakarta lagi kira-kira subuh di hari Senin.. Ahhh masa iya sih pikir guee.. Harusnya paling juga sampai sekitar tengah malam.. Enggak sampai subuh.. Tapi gue tetep mengiyakan trip tersebut :D

Okeh.. Gue janjian sama dia di Pool Bus Primajasa Cililitan.. Deket BKN (Badan Keuangan Negara) arah PGC (Pusat Grosir Cililitan)..

So.. Gue memulai perjalanan gue dengan menggunakan busway dari halte Kalideres, transit di Grogol 1, jalan menuju Grogol 2, naik busway arah PGC tapi turun-nya di halte BKN.. Gileeee.. Jauh bener mau sampe halte BKN ajah.. Eerrrr..

Buat sebagian orang yang mau naik bus jurusan Pangandaran dari terminal Kampung Rambutan : kalian bisa naik busway yang sama yaitu ke arah PGC tapi turunnya di halte Uki Cawang, kalian transit dan kemudian naik lagi busway jurusan Kampung Rambutan, nanti turun deh di halte busway Kampung Rambutan.. Dari halte busway Kampung Rambutan itu, kalian tinggal nyebrang jalan (katanya) dan masuk terminal Kampung Rambutan untuk naik bus jurusan Pangandaran (yang infonya sih bertarif Rp. 90.000,-).. Setelah sampai Pangandaran, bisa naik angkot sekali lagi menuju terminal Green Canyon (masih katanya), dan naik ojek deh.. Hihi..

Nah! Kalo yang mau ke terminal Kampung Rambutan -nya via Commuter Line, kalian bisa naik Commuter Line sampai stasiun Tanjung Barat.. Dari sana (katanya) naik Mikrolet No. 19 langsung ke terminal Kampung Rambutan..

Hmm.. Sebenarnya dari terminal Kalideres juga ada bus Mayasari Bakti (No. P6A / No. PAC 02 / No. P02A) yang langsung menuju ke terminal Kampung Rambutan, tapi setau gue, bus-bus itu jalan-nya kayak siput, lambat banget.. Mereka nyari-nyari penumpang gitu di jalan soalnya..

Untuk yang dari Tangerang dan mau langsung menuju ke terminal Kampung Rambutan juga ada sih, yaitu Mayasari Bakti No. 74A (via Karawaci, BSD, TB Simatupang, Pasar Rebo) dan Mayasari Bakti No. AC117 (via Cikokol, Kebon Nanas, BSD)

Ps : Gue udah kayak kondektur bus yang berpengalaman gitu yah.. LOL..

*back to the topic*

Tapi rencana gue dkk tidak seperti itu.. Kita tidak janjian di terminal Kampung Rambutan, tapi janjian di Pool Bus Primajasa Cililitan (seberang halte busway BKN)..

Oke.. Setelah tiba di halte busway BKN, gue mulai mencari-cari dimana Pool Bus Primajasa tersebut.. Dan akhirnya ketemu..

Jadi begitu kalian turun dari busway, keluar busway langsung saja lihat ke arah kiri, maka kalian akan lihat gedung besar bertuliskan BKN dan gedung kecil bertuliskan Badan Keuangan Negara.. Nah, yang gue beri kotak merah di foto atas tersebut adalah Pool Bus Primajasa -nya :-)

[ Kondisi Pool Bus Primajasa Cililitan dari Tangga Penyebrangan Busway - Halte BKN ]
[ Welcome to the Cililitan Bus Pool of Primajasa - LOL ]
[ Kondisi di Dalam Pool Bus Primajasa - Cililitan ]
Okehh.. Setelah gue ketemu sama temen gue.. Kenalan sama beberapa temen baru.. Maka perjalanan dilanjutkan..

Jadi rencananya, gue dkk akan naik bus Primajasa jurusan Tasikmalaya atau jurusan mana ajah, yang lewat Gerbang Tol Cileunyi, nanti kita akan turun di Gerbang Tol Cileunyi tersebut..

Ini adalah gerbang tol terakhir nih katanya.. Jadi gak boleh sampai kelewatan untuk turun.. Bisa repot.. Hihi..

PS : DAN INGAT !! DI POOL BUS PRIMAJASA CILILITAN INI TIDAK ADA BUS YANG LANGSUNG MENUJU PANGANDARAN !! (Karena rencana gue dkk agak sedikit berbeda)

Akhirnya gue dkk pilih bus ekonomi Primajasa jurusan Tasikmalaya.. Sebelum naik, gue dkk memastikan lagi ke supir bus -nya yah, apakah lewat Gerbang Tol Cileunyi atau tidak..

[ Suasana di dalam bus Primajasa jurusan Tasikmalaya ]
 Walaupun Ekonomi, tapi tetep ada AC -nya kok.. Hihi.. Dan bus Primajasa ini jalan setiap 15 menit sekali.. Jadi kita enggak harus menunggu lama.. Nah! Ini menjadi salah satu alasan kita kenapa kita lewat rute ini.. Karena dengar-dengar info, bus menuju Pangandaran dari Kampung Rambutan itu jalan setiap 2 jam sekali..

Takut waktu -nya enggak pas, maka kita menggunakan rute ini..

Karena turun di Gerbang Tol Cileunyi, maka kita hanya membayar Rp. 38.000,- / orang-nya..

Okeh.. Perjalanan waktu itu berlangsung sekitar 3 jam untuk sampai Gerbang Tol Cileunyi (dari jam 4 sore sampai jam 7 sore).. Sempat hujan sih.. Tapi aman.. Hihi..

Begitu kondektur bus sudah teriak-teriak kecil Gerbang Tol Cileunyi, maka gue dkk bersiap untuk turun.. Ketika turun, gue dkk langsung menuju masjid dekat sana untuk istirahat dan menunggu rombongan teman-teman yang lain ;-)

Di sekitar masjid ini banyak sekali tukang makanan.. Boleh dicoba.. Hihi..

Nah! Di Gerbang Tol Cileunyi ini kita janjian untuk ketemu dengan rombongan temen yang lain.. Rencananya dari sini kita akan melanjutkan perjalanan ke Green Canyon dengan mobil pribadi :-)

Begitu ketemu dengan rombongan baru alias temen-temen baru.. Maka perjalanan dilanjutkan.. Gue kira dari Gerbang Tol Cileunyi menuju Pangandaran itu enggak begitu lama lagi, yah sekitar 3-4 jam lah.. Gak taunyaaaaaa...

Gue dkk mulai jalan jam 7 an, sampe Pangandaran itu jam 2 subuh.. Hmm.. Sekitar 6 jam -an lah.. Dari tidur, bangun, tidur, bangun lagi, ngobrol, maen hape, tidur lagi, bangun lagi, ganti posisi tidur.. BELOOMM NYAMPE JUGAA !!

Udah gitu perjalanan menuju Pangandaran itu melewati jalanan berliku yang enggak besar-besar banget, jalanan tersebut 2 arah yang mana banyak bus, truk, dan kendaraan besar lainnya.. Kanan kiri pohon-pohon besar udah kayak hutan.. Gelep lagi jalanan -nya..
Gue langsung inget tetangga gue yang punya kampung di Pangandaran.. Hebat banget dia.. Tabah bangetttt.. Dia tuh sering pulang kampung dari Jakarta dengan jarak tempuh dan medan perang kayak begini..

10 JAM PERJALANAN DARAT dari JAKARTA.. Gak bisa naik pesawat komersil pada umumnya.. Gak bisa naik kapal feri pula.. Mau gak mau harus lewat darat.. 10 JAM!! Jalanan kayak hutan berliku-liku nan gelap itu.. HAIZZZ..

Okehh!! Sesekali memang gue melewati jalanan seperti kota kecil yang ada komplek rumah, toko dll.. Tapi sisanya, hutan lagi, gelap lagi.. Eeerrrr..

Pas perjalanan pergi tersebut, gue sempet mikir.. "Ini mungkin kali pertama dan kali terakhir gue ke Pangandaran.." Gilaaa jauh bangettt.. Padahal ini gue berangkatnya malem lho.. Yang disertai tidur.. Gimana kalo siang coba.. (Tapi pemikiran gue yang bilang kalo ini kali pertama dan terakhir gue ke Pangandaran akhirnya gue batalkan, setelah tau reward yang gue dapat di Green Canyon :D)

Dan akhirnya.. Tibalah gue di Pangandaran..

FINALLYYYYY!!

Waktu menunjukan sekitar Pkl. 02.00 WIB.. Gue dkk menepi di dekat parkiran Pantai Batu Karas (atau Pantai Batu Tunggal yahh) yang pada saat jam 2 subuh itu lagi ada acara terapi kesehatan di LAUT..

Jadi kalian bayangin yah.. Jam 2 subuh, banyak warga berendam di air laut.. Suasana laut gelap banget saat itu.. Bahkan sampai ada panitia yang bertugas kasih informasi pakai mic dari kejauhan dan bilang "Kami tidak bisa memantau kalian karena kondisi terlalu gelap, harap berhati-hati..."

Amazing banget warga disana.. Gue cuma mikir.. Apa itu enggak berbahaya.. Walaupun katanya air laut itu hangat disaat malam hari karena kadar garamnya tinggi, tapi tetap ajah kondisi-nya gelap gulita, air laut yang gak keliatan jelas, apa gak ngeri sama resiko hewan dibawah air laut itu.. Bahkan banyak anak kecil yang diajak kesana.. Bagaimana kalo ada ombak besar yang tiba-tiba datang ?? Karena pada saat itu, dari parkiran mobil gue dkk ajah, suara ombak-nya kedengeran jelas banget lhooo..

Hooo.. Tapi gue seneng-seneng ajah sih mengetahui adanya kebiasaan unik masyarakat di daerah tertentu yang seperti itu.. Pengetahuan baru buat gue.. :-)

Okeh! Back to the topic.. Awalnya gue dkk berniat menyewa guest house di daerah itu yang harganya sekitar Rp. 350.000,- (satu rumah, kayak kontrakan kecil gitu), tapi jam 9 pagi udah harus keluar.. Lah! Kita ajah sampai jam 2 subuh..

Ya sudahlah.. Kita lanjut tidur di dalam mobil :D Untungnya gue bisa tidur nyenyak.. Jadi pas bangun jam 6 pagi, gue enggak berasa capek atau yang gimana-gimana.. Hihi..