Popular Posts of The Week

March 05, 2017

CIKOLE Trip (Part 2) : Pengalaman Camping di CIKOLE JAYAGIRI

Setelah tiba di CIKOLE JAYAGIRI, gue dkk menghampiri loket / sejenis ruangan reservasinya. Jadi CIKOLE JAYAGIRI ini memiliki 2 lokasi, di lokasi yang gue datangin dan 1 lokasi lagi yang letaknya persis di seberang jalan dari lokasi yang gue datangin. Isinya sih sama saja, seperti hutan-hutan, tetapi mungkin memang lahannya cukup luas dan terpisah oleh jalan raya. 

Di masing-masing lokasi, terdapat loket / ruangan reservasinya masing-masing kok. Hihi.. 

Gue dkk saat itu memesan tenda, harganya Rp. 400.000,- / tenda untuk kapasitas 4 orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan 4 sleeping bag dan matrasnya. Petugasnya saat itu cukup baik, petugasnya menawarkan bahwa kalau memang yang tidur di dalam tenda lebih dari 4 orang, kita bisa pinjam sleeping bag tambahan. Hehehe.. 

Ooh yah, walaupun kita sudah menyewa tenda, tetapi tiket masuk seharga Rp. 10.000,- / orang tetap harus bayar lho. Hihi.. 

Oke deh, selesai melakukan pemesanan tenda, gue dkk kemudian langsung diajak untuk memilih lokasi camping. Saat itu sebenarnya ada banyak pilihan lokasi camping (karena lahan CIKOLE JAYAGIRI ini cukup luas), tetapi gue disarankan oleh petugasnya untuk tidak memilih lokasi yang cukup dalam, melainkan di lokasi yang agak luar.

Seperti inilah penampakannya lokasi yang agak luar tersebut.. 


Tenda yang dipasang di situ adalah contoh tenda yang sengaja didirikan agar para pengunjung bisa melihat ukurannya sebelum menyewa tenda. 

  Well.. Adapun alasan gue dkk tidak disarankan untuk mendirikan tenda di kawasan yang lebih dalam, karena lokasi tersebut benar-benar gelap saat malam hari (karena tertutup pohon semua). Lokasi yang dalam itu biasanya diperuntukan bagi mahasiswa / karyawan yang mengadakan acara camping dari kampus / kantornya, sehingga walaupun malam hari sangat gelap, mereka sudah ada koordinasi dengan tim masing-masing (beramai-ramai), tidak seperti gue yang saat itu hanya berempat saja.

Well, berikut adalah lokasi camping yang akhirnya gue dkk pilih dan suasana disekitarnya.. 


Gue dkk dipersilahkan memilih posisi atau arah peletakan tendanya juga lhoo. Saat itu gue dkk memilih ke arah matahari terbit... Yeayyyy!

Dan kemudian, dimulailah pendirian tendanya. Untuk pendirian tendanya juga gue dkk dibantu sama petugas yang ada. Saat itu gue dkk tidak dikenakan biaya untuk pendirian tendanya sih, tetapi gue dkk sepakat untuk memberikan uang tip. 


Buat kalian yang ingin bawa tenda sekali, juga bisa kok.. Jadi kalian hanya cukup membayar tiket masuknya saja yang Rp. 10.000,- / orang. Nanti kalian bisa parkir mobil kalian (jika bawa mobil), lalu kalian bisa mendirikan tenda sendiri di lokasi yang masih tersisa. Gue sebenarnya tidak terlalu tau prosedur pastinya, tetapi menurut gue kalian perlu menginformasikan / meminta ijin saja ke ruangan reservasi.. 

Untuk fasilitas umum yang tersedia adalah kamar mandi sekaligus toilet umum (cukup bersih) dan mushola. Untuk kamar mandi atau toilet umumnya, terletak di beberapa titik (jadi ada yang terletak di dekat kawasan luar, kawasan dalam, dll). Sedangkan untuk mushola, hanya terletak di kawasan luar saja. 


Untuk menggunakan seluruh fasilitas umum itu, tidak dikenakan biaya lagi kok. 

Buat kalian yang mau ke sana, jangan lupa bawa power bank yang banyak yah, karena ini hutan, jangan harap ada listriknya. Kalian bisa sih menitipkan gadget kalian untuk dicharge di ruang reservasi, tetapi kalian harus menjaganya sendiri, karena tidak ada petugas yang akan menjagakannya untuk kalian. Selain itu, lokasi ruang reservasi juga jauh dari lokasi camping, karena terletak di dekat pintu gerbang CIKOLE JAYAGIRI. 

Kemudian yang perlu kalian perhatikan lagi adalah MAKANAN. Yaps! Disini tidak ada yang jual makanan.. Hanya ada 1 warung yang terletak di kawasan dalam (itupun hanya menjual mie istant), kemudian sesekali beberapa pedagang kaki lima masuk, tetapi hanya sampai batas ruang reservasi saja (itupun hanya menjual kopi / susu hangat). 

Oke dehhh.. Setelah tenda gue dkk selesai didirikan, gue dkk berkeliling ke kawasan yang lebih dalam lagi. Berikut adalah foto-fotonya.. 


Ini adalah warung yang gue ceritakan di atas tadi. The one and only warung. Nyahahaha.. Di warung ini juga menjual kayu bakar.. Karena di CIKOLE JAYAGIRI ini benar-benar tidak ada lampu saat malam hari, maka kayu bakar sangat dibutuhkan saat malam. 


Gue lupa harganya berapa, kalo tidak salah sekitar Rp. 50.000,- / ikat. Saat itu gue dkk memutuskan untuk membeli 1 ikat kayu bakar untuk tambahan pencahayaan di sekitar tenda gue dkk.

Akhirnya malampun tiba.. Dan 2 orang teman gue lainnya juga sudah sampai ke lokasi camping.. 


Suasana benar-benar gelap, dingin, tapi tidak banyak nyamuk (walaupun tidak ada api unggun, konon katanya memang tidak banyak nyamuk sih). Walaupun dingin, gue bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman, mungkin karena pakai sleeping bag, jadi hangat.

Kekurangan lokasi camping gue hanya 1, dimalam hari, suara kendaraan dari jalan raya sangat jelas terdengar (hanya sesekali sih, seperti motor ngebut gitu), mungkin karena lokasi camping yang gue pilih cukup tinggi, sehingga suara kendaraan dari bawah jadi lebih jelas terdengar. Selain itu lokasi camping gue juga termasuk kawasan yang agak di luar. 

Well.. Pagi hari tiba dan inilah penampakan suasana pagi hari dari tenda gue dkk.. 


Setelah mandi dan bersih-bersih, masih dengan menggunakan baju tidur, gue dkk kemudian berfoto ria dan explore ke kawasan yang lebih dalam lagi di CIKOLE JAYAGIRI ini. Berikut adalah foto-fotonya.. 


Itulah pengalaman camping gue dkk di CIKOLE JAYAGIRI. Secara keseluruhan gue puas dengan suasana camping di CIKOLE JAYAGIRI. Walaupun cuma semalam, tapi gue benar-benar bisa merasa kehidupan tanpa listrik, gelap gulita, tidak bisa charge gadget di samping tempat tidur, mau ke toilet harus jalan beberapa ratus meter dulu, tidak ada makanan. Wow! 

Oh yah, buat kalian yang mau camping dan langsung sewa tenda di sini, gue sarankan untuk book dulu beberapa hari sebelumnya, karena bisa jadi lokasi saat itu sedang penuh dan/atau alasan lainnya. Buat yang mau book untuk acara kampus / kantor dengan jumlah peserta banyak, maka lebih baik book dari beberapa bulan sebelumnya guys. Hehehe.. 

Oke deh guys, sekian cerita gue, semoga bisa memberikan informasi yang kalian butuhkan. 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...