Popular Posts of The Week

August 17, 2020

Homemade Kuo Tie / Gyoza during Quarantine

Hi guys, kali ini gue mau berbagi cerita pengalaman gue dalam memasak Kuo Tie / Gyoza selama masa karantina #dirumahsaja . Yuk langsung menuju ke resep yang gue gunakan dan cara membuatnya, semoga memberikan informasi tambahan yah buat kalian semua :)
 
*ada beberapa makanan yang gue buat selama #dirumahsaja , tetapi Kuo Tie / Gyoza ini adalah favorite gue!*
 
BAHAN : 
(tidak ada ukuran pasti yang gue gunakan)
 
 
 - Daging Ayam Cincang Halus 1/2 KG 
- Wortel
- Sawi Putih
- Daun Bawang
- Bawang Putih Cincang Halus
- Kulit Pangsit 
(sebenarnya ada kulit khusus Kuo Tie, tetapi saat itu gue pakai Kulit Pangsit Goreng dan hasilnya bagus-bagus saja sih) 
 
CARA MEMASAK :

Bahan yang harus dicincang halus adalah DAGING AYAM dan BAWANG PUTIH. Sedangkan bahan yang harus dipotong kasar atau dengan ukuran sesuai selera adalah SAWI PUTIH, WORTEL, dan DAUN BAWANG. 
 
Setelah semua bahan dicincang dan dipotong, maka semuanya bisa dicampur atau diaduk bersamaan. Seperti inilah hasilnya :


Nah, untuk bumbunya sendiri tidak ada aturan pasti yang gue gunakan. Saat itu gue hanya menggunakan : 

- Bumbu Kaldu Bubuk
- Kecap Asin / Garam
- Minyak Wijen

Untuk memastikan apakah rasanya sudah enak atau belum, biasanya gue ambil sedikit adonan untuk digoreng terlebih dahulu, jika sudah pas, maka gue bisa lanjutkan ke tahap berikutnya :)

Lanjut ke tahap membungkus yuk!

- Ketika membungkus, jangan mengisi terlalu banyak daging karena akan membuat kulit jadi sulit ditutup atau menyebabkan kulit robek.

- Untuk teknik membungkusnya sendiri, gue melihat tutorial di YouTube. Ada beragam teknik / bentuk, pilihlah yang paling mudah menurut kalian. Untuk yang gue praktekan di atas, tidak terlalu sulit kok. 

- Gunakan air sebagai perekat kulit pangsit.

- Jika kalian berencana untuk menyimpan Kuo Tie / Gyoza ini di lemari es atau tidak langsung digoreng, jangan lupa taburkan tepung terigu di wadah Kuo Tie / Gyoza nya, supaya mereka tidak menempel dan robek saat akan diangkat.

Setelah selesai, kita lanjut menggoreng dan merebusnya yuk!
 

- Siapkan Minyak Goreng secukupnya, jangan terlalu banyak. Minyak Goreng hanya untuk bagian bawah Kuo Tie / Gyoza saja (bukan untuk sampai merendam seluruh bagiannya).

- Ketika Minyak Goreng sudah mulai hangat (bukan panas yah), masukan Kuo Tie / Gyoza ke dalam Minyak Goreng tersebut, dengan posisi bagian bawah Kuo Tie / Gyoza yang mengenai Minyak Goreng.

- Gunakan ukuran api sedang. Tunggu sampai warna Kuo Tie / Gyoza menjadi Golden Brown atau Coklat Tua. Untuk memastikan warnanya bagus, maka sesekali kita harus mengecek atau mengintip warnanya :) 

- Setelah warna yang kita inginkan berhasil didapat, tanpa mengeluarkan Kuo Tie / Gyoza dari wajan, maka langsung masukan air secukupnya ke dalam wajan yang sama (jangan sampai membuat Kuo Tie / Gyoza terendam banyak air yah).

- Pada tahap ini, kita sudah bisa membalik Kuo Tie / Gyoza, untuk memastikan semua bagian (terutama kulitnya) ikut matang terkena rebusan air. 

Kira-kira seperti ini :

 
 Tunggu sampai kira-kira isi Kuo Tie / Gyoza nya matang, mungkin sekitar 2-4 menit. Biasanya ketika selesai menggoreng dan merebus, hanya sedikit sekali sisa minyak atau air yang tersisa di wajan. Oleh karena itu, pastikan tidak kelebihan dalam menggunakan minyak atau air nya yah.

Dan beginilah hasilnya :)


 Gue suka banget sama hasilnya karena rasanya sesuai dengan selera lidah gue. Untuk saus, gue tidak menggunakan saus khusus, hanya saus sambal biasa saja. Sangat enak dimakan selagi hangat. Oh yah, Sawi Putih yang gue gunakan memberikan efek crunchy pada saat dimakan. Love it!
 
Oke deh guys, sekian cerita gue kali ini, semoga bermanfaat buat kalian semua yah.. Byeee!

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...