Popular Posts of The Week

October 02, 2016

BATAM Trip 2016 (Part 2) : Kuliner Malam Pujasera Astro - Komp. Penuin Center

Jika kalian sedang berkunjung ke Batam dan menginap di Hotel Gideon, maka rasanya kuliner malam adalah hal wajib yang perlu kalian lakukan. Ada beragam jenis kuliner malam kaki lima yang berlokasi tidak jauh dari Hotel Gideon, mulai dari yang lokasinya berada di food court terbuka, pujasera, ruko, sampai yang benar-benar berada di kaki lima -pun ada. 

Well, kali ini gue akan bercerita tentang pengalaman icip-icip gue di Pujasera Astro yang jaraknya hanya sekitar 500 meter dari Hotel Gideon dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit saja :D



Jika dilihat dari ukuran tempatnya, Pujasera Astro bisa dibilang memiliki ukuran tempat yang tidak begitu luas. Namun, jumlah pedagang makanannya cukup banyak dan beragam. Bakut Teh yang dijual di Pujasera Astro ini juga cukup terkenal dan banyak direkomendasikan oleh banyak orang lhoo.. Hihi.. Dan gue salah satu yang menerima rekomendasi itu dari teman-teman gue :p


Oke dehhh, kita langsung ajah ke menu makanan yang sempat gue icip di Pujasera Astro ini yah.. Jadi gue sempet mencicipi BAKUT TEH dan SOP IKAN BATAM yang dijual di Pujasera Astro ini.. Dan berikut foto-fotonya.. Hihi..

[ Bakut Teh Komplit - IDR 40.000,- ]
Bagi yang masih tidak paham dengan menu Bakut Teh, biar gue jelaskan sedikit yah. BAKUT memiliki arti yaitu tulang-tulang babi yang masih ada sisa-sisa daging babi yang menempel disekitar tulangnya. Sedangkan TEH memiliki arti yaitu sup rempah. 

Namun pada prakteknya, isi dari Bakut Teh diperlengkap lagi dengan daging babi itu sendiri, organ dalam babi, seperti hati, darah, dll. Bakut Teh ini juga biasa disajikan dengan cakwe ataupun salada. 

Awalnya gue agak takut untuk mencicipi Bakut Teh ini, karena Bakut Teh yang terakhir gue makan di tempat lain memiliki aroma kuah yang sangat keras bahkan tercium seperti aroma obat cina. Namun, ternyata gue salah. Bakut Teh yang dijual di Pujasera Astro ini sama sekali tidak memiliki rasa seperti obat cina, melainkan manis, gurih, dan ketika gue meminumnya, rasanya cukup bisa memberikan efek hangat ditenggorokan. Hihi... 

Oke, balik ke foto di atas, foto BAKUT TEH di atas adalah menu Bakut Teh Komplit yang terdiri dari Bakut, Daging Babi Cincang, Darah, dan Organ Dalam Babi lainnya. Biar lebih jelas, gue tampilkan foto yang lebih detail di bawah ini.. Hihi..


Jika kalian bukan pecinta kuliner ekstrim (sama kayak gue sih.. hihi..), maka jangan khawatir. Kalian masih bisa mencicipi gurih dan lezatnya Bakut Teh ini, tapi dengan memesan yang paket tertentu saja, yaitu bisa Daging Babi -nya saja atau Bakut -nya saja (in case, kalian tidak suka makanan ekstrim seperti organ dalam hewan).

Well, karena gue sama sekali tidak suka Organ Dalam Babi dan Bakut, maka gue memesan yang isinya Daging Babi Cincang -nya saja, penjualnya menyebut dengan nama Bak'Co (Daging Babi Cincang -nya saja). 


[ Bakut Teh Paket Bak'Co - IDR 38.000,- ]

Biar rasanya makin lezat, gue juga meminta untuk ditambahkan potongan cabai rawit di dalamnya. Daging Bak'Co -nya sendiri sangat empuk, garing, dan tidak berlemak. 

Secara keseluruhan, menu Bakut Teh di Pujasera Astro ini sangat bisa diterima oleh lidah gue bahkan masuk kategori ENAK menurut lidah gue, yang mana gue termasuk kategori bukan pecinta Daging Babi. 

Well.. Lanjut ke menu berikutnya, yaitu SOP IKAN.. 


[ Sop Ikan Paket Seafood - no more than IDR 40.000,- ]
Masih di dalam Pujasera Astro, terdapat juga pedagang yang menjual SOP IKAN BATAM. Hmmm... Di Batam memang banyak sekali penjual SOP IKAN, tapi anehnya, gue belum pernah menemukan SOP IKAN BATAM seperti yang suka ada di mall-mall di Jakarta (dengan logo lingkaran merah dengan gambar ikan  di dalam -nya). 

Well.. Pada saat ingin memesan SOP IKAN, pedagang menawarkan gue paket yang isinya SOP IKAN saja atau SOP IKAN PAKET SEAFOOD. Yahh sudah, tanpa ragu pesan yang SOP IKAN PAKET SEAFOOD. Untuk ikannya sendiri juga gue diberi 2 pilihan, yaitu Ikan Tengiri atau Ikan Kakap. Lalu gue memilih Ikan Kakap. 

Dan taraaaaaa.. Jadilah SOP IKAN KAKAP PAKET SEAFOOD untuk gue :p



Isi dari SOP IKAN pesanan gue antara lain : Filet Ikan Kakap, Udang, Cumi, Bakso Ikan, Salada, dan Tomat. Rasa kuah -nya tidak begitu kuat dengan bumbu, bisa dibilang sedikit tawar hanya dengan aroma gurih ikan -nya saja (jadi seperti kaldu ikan tanpa garam). Gue akhirnya meminta tambahan kecap asin lagi untuk disesuaikan dengan lidah gue.. Kalian juga bisa memesan nasi di pedagang SOP IKAN ini yah guys, karena sudah pasti porsi SOP IKAN ini tidak akan membuat kenyang (kecuali jika kalian hanya ingin nyemil.. hihi..)

Well.. Sekian cerita kuliner malam gue di PUJASERA ASTRO BATAM yah guys.. Seeeee yaaaa di postingan berikutnyaaa... 


PUJASERA ASTRO
Komplek Penuin Center
(Depan Plaza Top 100)
BATAM



BATAM Series 2016 :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...