Popular Posts of The Week

November 07, 2018

Pasar 8 Alam Sutera : Pastelia & Bakso Ikan Telur Asin AHAN

Nah, Sabtu pagi pekan lalu, gue sedang iseng berjalan-jalan di Pasar 8 Alam Sutera. Tujuannya sih untuk kuliner, walaupun pada akhirnya gue hanya mencicipi 2 jenis kuliner di sana karena perut sudah terlanjur kekenyangan. 

PASTELIA

Nah, PASTELIA ini ada di dalam Pasar 8 Alam Sutera-nya. Untuk lokasinya sendiri, karena kondisi pasar yang ramai dengan pedagang sayur dan pembeli, jadi mungkin harus lebih bersabar dan teliti dalam mencari lokasi PASTELIA ini. Tapi tenang saja, di bagian atas kiosnya ada judulnya kok, PASTELIA (maaf lupa foto) x_X.

PASTELIA ini menjual aneka jenis gorengan dimsum dengan komposisi daging yang padat sehingga cukup mengenyangkan. Oh yah, PASTELIA ini tidak menggunakan daging babi yah guys, melainkan udang, ikan, atau ayam. Jadi aman dan halal. 

Nah, Ini dia penampakan sebagian gorengan dimsumnya :


Saat itu gue membeli Siomay Goreng, Siomay Kukus, dan Swikiau. Harganya di kisaran Rp. 6.500,- sd Rp. 7.500,- per satuan. Untuk bumbunya sendiri diberikan bumbu kacang dan juga cabai rawit hijau secara terpisah. Inilah penampakannya setelah gue potong-potong dan gue siram dengan bumbu kacangnya.



Nah, untuk rasa bumbu kacangnya sendiri ada sedikit rasa pedas, tetapi tidak terlalu pedas yah. 


Seperti yang gue bilang di atas, dagingnya amat sangat padat. Jadi makan 3 pcs saja sudah cukup mengenyangkan buat gue. Menurut gue rasanya enak, tetapi hampir tidak ada bedanya antara Siomay Goreng, Siomay Kukus, dan Swikiau. Mungkin karena isi dagingnya sama hanya berbeda di kulitnya saja. 

Okayy, setelah membeli PASTELIA, gue langsung ke luar area pasar dan berjalan-jalan di area ruko luar Pasar 8 Alam Sutera. Gue akhirnya memutuskan untuk mencicipi : 

BAKSO IKAN TELUR ASIN AHAN



Bakso Ikan Telur Asin AHAN ini memang tidak memasang merek di bagian atas rukonya, tetapi lokasinya sudah dapat ditemukan melalui google maps, jadi bisa dibilang sudah cukup dikenal. Nah, lokasinya yang gue kasih garis putus-putus berwarna merah pada foto atas yah. 


Nah, untuk tempatnya sendiri memang tidak terlalu besar sih. Tapi cukup nyaman dan bersih. Apa saja yang dijual?? Berikut tampilan menunya..



Intinya, Bakso Ikan Telur Asin AHAN ini menjual sop dengan pilihan isian Bakso Ikan Polos (tanpa isi), Bakso Ikan Isi Telur Asin, Bakso Tahu Ikan, Pare Telur, dan Cakien (sejenis cakwe yang terbuat dari ikan). Pilihan mie-nya adalah Kwetiau dan Bihun. Selain itu mereka juga memiliki menu Bubur Ikan dan Sop Ikan, tetapi karena rasanya kurang terkenal dibandingkan dengan Bakso Ikan Telur Asin-nya, maka gue tidak mencicipinya. 

Pada menu yang ditempel, sudah terdapat beberapa paket, misalnya mau yang isinya campur, lengkap, atau yang hanya pilihan tertentu saja. Jadi tinggal kita pilih sesuai kesukaan kita. Saat itu gue memesan Paket Mix B seharga Rp. 35.000,- / porsi (lebih mahal Rp. 5.000,- dari harga pada menu yang ditempel, sepertinya belum diupdate) yang berisi : Bakso Tahu Ikan, Bakso Ikan Polos, Bakso Ikan Telur Asin, dan Cakien. Inilah tampilannya : 


Nah, yang paling gue suka adalah makanannya disajikan dengan selada air, bukan sawi hijau. Hihi.. Selain itu yang unik adalah keberadaan kacang kedelai di dalam kuahnya. Entahlah apakah keberadaan kacang kedelai ini mempengaruhi rasa kuahnya atau memang untuk isian tambahannya saja. 

Rasa kuahnya sebelum diberikan tambahan bumbu apapun memang sudah segar sih, tidak terlalu menyengat rasa gurihnya. Satu kata yang tepat adalah SEGAR. Kemudian gue tetap menambahkan bumbu pendamping seperti kecap, cabai, perasan jeruk, dll. Inilah penampakannya :


Kemudian, inilah penampakan Bakso Ikan Telur Asin-nya :


JUJUR ! Rasanya enak banget ! Gue lebih suka memakan Bakso Ikan Telur Asin-nya dengan tidak menggitnya secara utuh 1 buletan, karena isi telur asinnya yang setengah cair itu biar berantakan di mulut gue, jadi gue lebih suka memotongnya menjadi 2 di dalam mangkok terlebih dahulu kemudian baru memakannya. Uhuyyyyy... 

Lalu yang menjadi favorite gue berikutnya adalah CAKIEN :


Don't bother dengan kerupuk di dalam mangkoknya yah :D Nah, CAKIEN ini teksturnya garing di luar lembut di dalam. Yaps! Jadi ketika gue gigit itu rasanya garing dan manis ikannya cukup terasa. Ahh, gue suka dengan CAKIEN ini. Enak pokoknya!

Nah, selain menjual yang sudah siap saji, penjualnya juga menjual Bakso Ikan Polos (tanpa isi), Bakso Ikan Telur Asin, dan Cakien-nya secara terpisah. Siapa tau ada pembeli yang mau memasak sop di rumah menggunakan bahan-bahan tersebut, kan. 

Untuk harganya adalah seperti di bawah ini :


Cakien - Rp. 90.000,- / pack isi 30 pcs
Bakso Polos (tanpa isi) - Rp. 150.000,- / pack isi 100 pcs
Bakso Ikan Telur Asin - Rp. 180.000,- / pack isi 30 pcs

Secara keseluruhan gue suka dengan Bakso Ikan Telur Asin AHAN ini. Enak dan yang pasti gue akan kembali untuk makan lagi. Uhuyyy. Sekian cerita gue kali ini guys.. 

See yaaaa... 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...