Popular Posts of The Week

April 05, 2012

Kroket Keju Sehat & Bergizi.. Ahayyy ;)

Jadi gini sodara sodara ceritanya.. 

Someday, gue pergi maen ke rumah temen gue. Doi udah berkeluarga dan punya anak gitu deh, so doi suka buat kue-kue enak untuk anak-anaknya..

Singkat cerita, gue pernah dibawain sebuah makanan yang enakkkkk banget !! Tuh makanan namanya kroket keju dan rasanya kayak dari kentang gitu, tapi ternyata gak pake kentang sama sekali.. :D

So, ketika gue lagi maen ke rumahnya, kita semua (gue dkk yang laennya) mempraktekan cara pembuatan kroket tsb..

Setelah semua bahan disiapin sama yg empunya rumah (kurang ngajar khan tamunya??), kita buat deh kroketnya.. Abis itu kita dibawain pulang banyaakkk bangettt (bener-bener bukan tamu yg diharapkan)

Berikut penampakannya :

[ ini adonannya ]

[ ini pada saat di goreng ]

[ ini hasil akhirnya.. yummy.. ]


Mau tau cara buatnya ??????
Okeeeh, jadi ketika pulang dari rumah temen gue tsb.. Gue memutuskan untuk nyobain buat sendiri tuh kroket..

Karena SUMPAH, selain enak dan sesuai selera gue, ini kroket gampang banget buatnya.. 
(walaupun ternyata hanya keliatannya saja gampang -_____-")

Dan tibalah hari dimana gue membuat kroket tsb dgn tangan gue sendiri..

Tapi mohon maaf, gue gak tau berapa banyak takaran bumbunya, jadi seadanya aja info dari gue ini yakkk :D 

First Step
Siapin bahan-bahannya, yaitu :
 *tepung terigu (ehmm, 1 Kg udah menghasilkan adonan yang BUANYAK kok)
*ayam fillet (kira-kira 1/2 kg ajah)
*kacang polong (sesuai selera, 1/4 cukup kok buat gue yang gak gitu hobi sama kacang polong)
*bawang bombay (kira-kira 4 atau 5 butir juga OK)
*daon bawang (I like it, so banyakan juga gak apa-apa, wkwk..)
*jamur kancing (sama, sesuai selera, 1/4 ajah jgn banyak-banyak)
*keju parut (beli ajah craft cheddar yang uk. 250gr)
*susu cair yang full cream (penggunaannya disesuaikan dengan bahan, jadi jgn sampai terlalu encer nanti adonannya, karena bisa-bisa gak bisa dibentuk kalo adonannya encer, jadi 700ml sepertinya enough)
*tepung panir ato tepung roti untuk membalur
*telur kocok untuk membalur sebelum digoreng
*garam, lada, bumbu kaldu/penyedap rasa ayam boleh, sapi boleh, kambing boleh (kalo ada, hoho..)

Second Step
 *bersihkan ayam fillet, kemudian rebus.. setelah matang, potong-potong ayam filletnya menjadi bentuk dadu boleh, bulet boleh, segitiga boleh, terserah deh bentuknya mau kayak apa.. potongnya jgn gede-gede dan jgn kecil-kecil, kira-kira seruas jari kita ajah..
*potong jamur kancing menjadi dua atau tiga bagian setiap buahnya..
*rebus jamur kancing dan kacang polongnya biar matang..
*potong daun bawang dan bawang bombay, iris-iris gitu deh..
*panaskan margarin, masukan bawang bombay dan tumis sampai agak-agak layu gitu..
*masukin tepung terigu, aduk sampai kira-kira tuh tepung rata sama bawang bombay (INGAT !!! Pakai api kecil biar enggak GOSONG)
*masukin susu cairnya, sampai agak sedikit merendam tepung terigu tsb dan kemudian aduk-aduk..
*masukin ayam, keju parut, kacang polong, daon bawang, jamur, dan semua bumbu yang ada..
*aduk sampai pulen seperti gambar adonan di atas

Third Step
*dengan sarung tangan atau plastik, mulai bentuk adonan tersebut sesuai selerah (dengan bantuan sendok juga tentunya), boleh bulet, kotak, segitiga sama kaki, atau LOVE.. 
NAH, ini bagian yang paling susah menurut gue, membentuk adonan.. 
*masukin adonan yg udah dibentuk ke kocokan telur dan kemudian balur dengan tepung panir (tepung roti) lalu goreng deh..
SARAN gue sieh goreng dulu satu atau dua buah, cobain rasanya, PAS gak.. Kurang asin atau apa gak.. Gituuuuuuu.. 

Kalau kalian rasa adonannya agak lembek dan susah dibentuk, tambahkan lagi ajah tepung terigu, dijamin jadi gampang dibentuk.. Hehe..
Nah, berikut hasilnya yang udah gue bikin, sama persis lhoo sama yang sebelumnya ;)

[ ini adonan bikinan gue ]

[ setelah di goreng, warnanya PAS ]

[ setelah di goreng, yang warnanya agak gosong ]

 Kalau udah jadi, terserah kalian mau makan pake cabe rawit atau sambel botol, karena gak pake apa-apa ajah udah enak.. *ngeces*

Menurut gue sieh ini makanan udah sehat banget, liat ajah bahan-bahannya khaaaannn... Oh yah, pas goreng dijagain yah, karena cepet gosong, jadi pake api kecil biar dalemnya mateng.. Hehehe..

Oke deh, sekian dulu info-info dari gue guyss..

Udah malem juga dan gue harus segera tidur.. Besok gue ada traveling ke Bali.. HORAAAAAYYYYYY..

Nanti gue akan post liputannya yaaahh,, OKE OKE ??!!!! 

seee yaaaaa

- aiaidunk -

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...