Popular Posts of The Week

June 15, 2014

Jogjakarta | Day 3 : Taman Sari Water Castle, Alun-Alun Kidul, Bye Jogja ..

Lanjutttttt ! Kali ini gue mau cerita tentang kegiatan gue di hari ke-3 di Jogjakarta..
Ihiiiiyyyy.. 

Lagi-lagi gue harus bangun pagi di liburan gue kali ini.. Kenapa??
Karena sore -nya gue harus balik ke Jakarta dan masih ada tempat wisata yang pengen gue kunjungin..

Apa itu ? Taman Sari Water Castle.. YEAYYY..

Jadi konon katanya, Taman Sari Water Castle ini dulunya adalah sebuah desa yang ditutupi oleh air.. Ada juga Masjid Bawah Tanah, Tempat Permandian Sultan, dll.. Banyak spot-spot foto yang bagus yang seringkali dijadiin tempat foto prewedding.. Itulah yang menjadi incaran gue.. HAHAHA..

Okelah.. Setelah selesai sarapan, dari Zodiak Hotel gue lagi-lagi menumpang shuttle menuju ke Malioboro yang merupakan fasilitas dari Zodiak Hotel.. 

Selama di perjalanan, gue cerita ke driver -nya kalo gue pengen ke Taman Sari Water Castle.. Ehhh.. Dasar emang driver -nya baik yah, menurut si driver, lokasi -nya gak gitu jauh kok dari Malioboro.. Ya udah akhirnya gue dkk dianterin deh sampe depan Taman Sari Water Castle.. Woooohoooo.. Gomawo oppa.. *halahh*

Pas sampe disana, gue liat ada beberapa rombongan bus anak sekolah gitu.. Dalem ati gue udah nge'batin, wah bakal susah nih foto-fotonya kalo saingannya sama anak sekolah.. Ya udah deh, sebelum anak-anak sekolah itu masuk, gue langsung curi start..

Awalnya gue agak bingung sama tempatnya.. Sampe akhirnya gue ketemu bapak-bapak dan nanya.. Si bapak itu rupanya penduduk setempat yang jadi tour guide.. Begitu gue nanya, dia langsung deh anterin dan unjukin gue jalan-jalan di tempat sekitar.. 

Dia juga cerita ke gue tentang sejarah-sejarah dari bangunan yang ada di lokasi tersebut.. Jasa si bapak tour guide ini amat sangat membantu lhoo.. Karena tempat wisata ini adanya di daerah kampung-kampung yang pada rumah penduduk, makanya kalo bukan penduduk sekitar, pastilah enggak tau, gimana caranya menuju ke Masjid Bawah Tanah, Tempat Pemandian Sultan, dll..

 Oke deh.. Gue nurut ajah sama si bapak yang ngajakin gue ikutin rute -nya dia, gue juga dengerin dengan seksama tentang cerita dia.. Dan yang paling asik -nya lagi, si bapak tour guide -nya udah tau banget spot-spot foto yang bagus.. Dia malah ngajarin kita untuk ambil fotonya dari mana dan berdirinya dimana.. 

Selain itu, si bapak tour guide juga udah tau rute rombongan anak-anak sekolah itu bakal kemana dulu.. Makanya si bapak tour guide ajak gue dengan rute yang berlawanan, jadi enggak bakal ketemu sama anak-anak sekolah yang rame itu.. Duhh.. Makasih banyak yah bapak tour guide yang gue enggak tanya nama dan nomor telepon -nya :-)

Okee.. Enjoy the photos :-)

[ Pintu Masuk Masjid Bawah Tanah ]
 Menurut si bapak tour guide, semua pintu pada jaman dulu dibuat rendah, agar semua orang atau tamu yang masuk mau merendahkan hati -nya, merunduk, tidak sombong, angkuh dengan kepala yang mendongkak ke atas..



Karena Masjib Bawah Tanah, jadinya untuk masuk ke dalam -nya, kita harus melewati anak tangga yang menurun.. Gelepppp banget.. Awal -nya gue takut.. Dan sempet nanya sama si bapak tour guide, yakin nih Pak gak masalah masuk-masuk kesini, katanya enggak kok.. Di dalam terang..

Yahhh.. Dan ternyata enggak segelap yang gue bayangkan.. :-) Banyak lobang-lobang tempat cahaya masuk :-)

Jadi Masjid Bawah Tanah ini bentuknya bundar lho guysss.. Kata si bapak tour guide, arsitek -nya orang Portugis.. Dan di Masjid tersebut tidak perlu pengeras suara (spaker, mic, toak, dll), karena suara kita akan bergema kalo ada di dalam Masjid Bawa Tanah tersebut.. Kita tepok tangan ajah suaranya langsung bergema.. Keren dehhh...

Masjid Bawah Tanah ini ada beberapa lantai.. Masing-masing lantai untuk gender yang berbeda.. Cewek-cewek.. Cowok-cowok.. Gitu deh katanya :-)

Nah.. Dari sini keliatan kan bahwa Masjid Bawah Tanah ini bertingkat.. Alias ada 2 lantai gitu.. Disebelah kiri gambar, kalian bisa ngeliat ada tangga.. Jumlah tangga -nya ada 5, yaitu 4 tangga ke bawah dan 1 tangga ke atas atau ke lantai 2..

5 tangga itu ada artinya, cuma gue lupa apaan.. Hehehe..


Dibawah 5 tangga itu juga ada kolam air gitu guyss...


Foto ini -pun si bapak tour guide yang arahin.. Hehehe.. Bagus yahh.. Bagus donggg :-p

Selesai dari Masjid Bawah Tanah ini, gue di arahin sama bapak tour guide ke Tempat Permandian Sultan..

Nah.. Disini ada 2 kolam.. Kolam yang satu untuk Tempat Permandian Selir.. Nah, gue lupa yang kolam satu -nya lagi tempat permandian siapa, apakah istri sultan, atau anak sultan.. Gue lupa.. 

Konon katanya, ketika selir-selir sultan sedang mandi, sultan akan melihat.. Nanti sultan akan memilih satu selir yang sultan sukai untuk diajak mandi bersama di Tempat Permandian Sultan..

Nah.. Foto diatas adalah Tempat Permandian Sultan -nya.. Hihihi.. Lokasi -nya terpisah sama 2 kolam sebelumnya :-)

Disana gue juga diunjukin tempat sauna -nya sultan.. Gue sempet bingung, kok ada tempat sauna jaman dulu.. Jadi udara panas di tempat sauna itu asalnya dari perapian gitu.. Nanti dibawah tempat duduk-duduk sauna di pasang kayu bakar gitu katanya.. Gileeeee.. Akal -nya orang jaman dulu ada ajah yahh.. Saluuutttt.. 

Okehh.. Dari Tempat Permandian Sultan ini, gue diajak keluar lokasi.. Masih banyak juga spot-spot bagus buat foto.. :-)

Ini lokasi -nya ada di lapangan sekitar tempat wisata gitu dehhh :-)

Nah.. Kata si bapak tour guide, seluruh rumah di kampung tersebut sudah terkoneksi sama internet.. Keren benerrrrrr.. LOL..

2 foto diatas adalah bangunan tua yang udah rusak di lokasi sekitar Taman Sari Water Castle.. Semakin bertambah rusak lagi ketika gempa besar yang menimpa Jogjakarta di tahun 2007 :-(

Tapi sekarang lokasi tersebut justru menjadi tempat wisata..

Okeee.. Setelah selesai.. Si bapak tour guide akhirnya mengantarkan gue ke pintu masuk lokasi tempat wisata yang sebenarnya.. LHOOO ??? Jadi ternyata pas gue dateng itu, itu bukan pintu masuk.. Kayak pintu belakang gituu.. Nah kalo di pintu masuk -nya, ada loket tiket..

Si bapak tour guide akhirnya nyuruh gue beli tiket.. Disana harga tiket per orang -nya murah kok.. Gak sampe IDR 10.000,-/ orang.. Cuma gue lupa tepatnya berapa.. 

Untuk si bapak tour guide, gue kasih ajah IDR 50.000,- .. Gue sempet nanya sih sama petugas tiket, kasih tour guide biasa berapa yah ?? Kata si petugas itu seikhlas -nya ajah, karena itu penduduk sekitar.. Ya udah deh gue kasih ajah IDR 50.000,- untuk lebih kurang 1,5 jam waktu si bapak tour guide nemenin gue.. Gue sendiri juga bingung, itu kurang enggak.. HIHIHI..

Jasa si bapak tour guide itu sih berguna banget lho.. Soalnya kalo enggak ada si bapak, pasti gue enggak akan berani masuk Masjid Bawah Tanah yang which is gelep dan saat itu sepiii.. Gue juga pasti akan berpikir bahwa itu bangunan biasa tanpa tau arti -nya dan history dibalik -nya..

Okehhh.. Dari Taman Sari Water Castle, gue langsung menuju ke Alun-Alun Kidul.. Kata si bapak tour guide sih enggak usah naek becak, jalan kaki ajah.. Yahh bener juga sih.. Sekitar 15 menit jalan kaki nyampe.. Tapi masalah -nya PANASSSSSS pak.. Hiksss..

Gue jalan kaki kesana -pun berdasarkan nanya-nanya sama warga sekitar.. Sampe akhirnya gue nemu deh lapangan besar yang isinya 2 pohon beringin gedeeeeeeeee banget.. 

Pas gue sampe disana, ada beberapa anak muda yang sedang mencoba permainan khas disana.. Jadi katanya, kalo kita tutup mata dan jalan kaki ke tengah-tengah 2 pohon tersebut, dan berhasil melewati -nya, itu artinya bagussss.. 

Disana juga ada bapak yang sewain penutup mata gitu.. Harganya goceng per tutup mata..

Nah itu dia.. Diantara 2 pohon itu kan ada jalan, nahh kalian harus bisa melewati jalan tersebut dengan mata tertutup.. Tapi jalan -nya dari jarak yang agak jauh gituuu.. Misalnya sekitar 5 - 10 meter dari pohon.. Terus jalan lurus menuju ke tengah jalan tersebut, kalo bisa berarti hebattt.. LOL..

Gue yang dari dulu penasaran sama permainan ini akhirnya coba juga.. Udah konsen banget.. Udah jalan pelan-pelan banget.. Udah yakin kalo jalan -nya lurus, eh pas buka mata tau-tau posisi badan kita ada disamping salah satu pohon.. Bener-bener pas jalan tuh kayak badan kita diarahin ke arah kiri atau kanan.. Padahal pas jalan kita rasanya luruussss..

Hahahaha.. Entah deh ada history apa dibalik permainan ini.. :-)

Okehhh.. Dari Alun-Alun Kidul ini gue lanjut naek becak menuju Malioboro untuk belanja oleh-oleh.. Harga becak -nya IDR 20.000,- dari hasil nawar.. INGET yahhh NAWAR.. Katanya sih emang gitu.. Kalo di Jogjakarta yah harus rajin-rajin nawar..

Okeh deh guysss.. Sekian cerita-cerita gue kali ini.. See yaa at the next post :-)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...