Popular Posts of The Week

June 14, 2014

Jogjakarta | Day 2 : Borobudur & Prambanan Temple

Hari kedua di Jogjakarta.. 

Tentulah sesuai rencana, gue dan dkk mau pergi ke Candi Borobudur dan nanti lanjut ke Candi Prambanan..

Setelah selesai sarapan di Zodiak Hotel, gue dkk langsung bergegas melakukan perjalanan menuju ke Candi Borobudur terlebih dahulu.. 

Dari awal gue udah tau kalo jarak Candi Borobudur ini emang lumayan jauh.. Secara Candi Borobudur ini lokasinya udah di luar wilayah Jogjakarta.. Lokasi -nya ada di Propinsi Jawa Tengah cynnn.. Tepatnya di Magelang.. 

Keluar dari Zodiak Hotel sekitar pukul 8 pagi.. Gue langsung menuju ke halte Trans Jogjakarta terdekat, yaitu halte Cokroaminoto (SMPN 1).. Dari halte tersebut, gue naek bus Trans Jogjakarta nomor 2B jurusan Terminal Jombor.. 

Kalau kalian mau ke Candi Borobudur dari Malioboro, caranya juga enggak jauh beda kok.. Naik ajah bus Trans Jogjakarta dari halte Malioboro 1 atau Malioboro 2.. Tanya petugas -nya ajah, kira-kira kalo mau ke terminal Jombor, harus naik bus Trans Jogjakarta yang nomor berapa dan PENTING !! Tanyakan, ada transit gak.. Soalnya kalo dari halte Cokroaminoto (SMPN 1) sih enggak ada transit.. Langsung nyampe.. :-)

Oke.. Sekitar 30 menit dari halte Cokroaminoto (SMPN 1), akhirnya gue tiba di Terminal Jombor.. Terminal yang penuh dengan bus-bus antar kota.. Ada bus menuju Jakarta, Purwokerto, Bandung, dll deh pokoknya..

[ suasana terminal jombor ]
 Begitu tiba di Terminal Jombor ini, gue langsung ajah nanya sama petugas setempat, tentang bus yang menuju ke Candi Borobudur.. Ada beberapa bus yang diunjukin, tapi paling banyak menyarankan untuk naik Bus Ragil Kuning atau Bus Samara Tunggal.. 

Karena waktu itu ada Bus Ragil Kuning yang siap berangkat, akhirnya gue naik ajah deh..

Tidak ada jadwal keberangkatan yang pasti dari bus-bus yang menuju ke Candi Borobudur ini.. Mereka hanya jalan jika penumpang udah cukup penuh.. Di tengah perjalanan -pun mereka masih menaikan dan menurunkan penumpang kok.. Jadi tidak hanya khusus ke Candi Borobudur ajah..

Perjalanan dengan bus dari Terminal Jombor menuju Candi Borobudur kira-kira memakan waktu sekitar 90 menit alias satu jam setengah.. Ongkosnya gue lupa tepatnya berapa, tapi kisaran + IDR 15.000,- (UPDATE November 2015 - IDR. 20.000,-)

Setelah kira-kira 90 melakukan perjalanan, akhirnya gue tiba juga di Magelang - Jawa Tengah.. Bus yang gue naekin enggak langsung menurunkan penumpang di Candi Borobudur.. Tapi diturunkan di sebuah terminal juga.. Namanya Terminal Borobudur.. Yang pasti itu adalah pemberhentian terakhir dari bus jurusan Candi Borobudur..

Begitu turun bus, udah banyak tukang becak yang nawarin menuju ke Candi Borobudur.. Karena gue enggak tau arah ke Candi Borobudur dan kalo jalan kaki -pun bisa sekitar 20 menit-an, jadi gue pikir lebih baik gue naek becak ajah deh.. 

Setelah cari dan nawar-nawar, akhirnya gue dapet becak dengan harga IDR 10.000,- 


Di perjalanan.. Si abang becak nawarin, mau gak nanti balik dari Candi Borobudur di jemput lagi.. Jadi harganya IDR 20.000,-.. Katanya tinggal sms ajah kalo udah selesai.. LOL..

Ya udah deh, karena gue pikir gue males nawar-nawar lagi sama tukang becak pas balik nya, gue setuju ajah.. :D Si abang becak juga nawarin untuk ke Candi Mendut, tapi gue dkk emang enggak niat ke Candi Mendut :-)

Oke.. Sampailah gue di dalam komplek Candi Borobudur..

Di dalam komplek Candi Borobudur, banyak banget tukang makanan dan tukang oleh-oleh yang dagang.. Ada juga pedagang keliling yang jual Power Bank.. LOL.. Untuk yang satu ini gue enggak ngerti kenapa.. Bukan cuma 1, tapi banyak pedagang yang jual Power Bank.. Kalo dagang topi, kacamata hitam, itu wajar yah.. Ini Power Bank ???

Okehh.. Setelah tiba di dalam komplek Candi Borobudur, gue bergegas untuk beli tiket..

Harga tiket -nya IDR 30.000,-/orang untuk turis domestik.. Kalo turis luar negeri kisaran + 150.000 an deh per orang..

Suasana udah mulai panas.. Hooooottttttt.. 

Mendekati Candi Borobudur, akan ada petugas yang meminta pengunjung untuk mengenakan kain batik di pinggang.. Sekalipun kita pakai celana panjang..

Okee.. Enjoy foto-foto gue di Candi Borobudur yahh :-)

[ sebelum naik ke atas Candi Borobudur ]



WOOOOWW ! Sumpah yeeyyy.. Candi Borobudur panas bener.. Apalagi disana gue udah sekitar jam 11-an..

Saran gue, kalo mau kesini, mending jalan dari Jogjakarta -nya subuh deh.. Sekitar jam 4 pagi gitu.. Jadi pas sampe Candi Borobudur, masih sejuk dingin dan bisa liat embun..

Kalo mau lebih niat lagi, liat sun rise dari puncak Candi Borobudur.. LOL..

Okeee.. Setelah puas di Candi Borobudur, gue langsung hubungin abang becak buat jemput.. Gue langsung balik ke terminal bus yang gue enggak nama -nya terminal apa..

Pas sampe sana, gue sempet bingung.. Nah lhoo.. Naik bus -nya dimana, bus apa.. Kok sepi gak ada bus.. Akhirnya, gue nanya sama orang-orang sekitar.. Mereka kasih tau deh, duduk aja disitu, nanti ada bus -nya sampe..

Sekitar 10 menit, ada deh bus -nya.. Kondektur -nya teriak-teriak "Jogja, Jogja, Jogja".. Yang artinya tuh bus menuju ke Jogja..

Naik lah gue ke bus itu.. Merek bus -nya beda sama yang pas pergi gue naekin.. Tapi ongkos -nya sama, kisaran + IDR 15.000,- (UPDATE November 2015 - IDR. 20.000,-)

Setelah tiba di Terminal Jombor lagi.. Gue lanjut ke Candi Prambanan.. Dari Terminal Jombor, gue naek bus Trans Jogjakarta No. 2B dan turun di halte Condong Catur.. Kemudian transit untuk naek yang No. 3B dan turun di halte Marguo.. Habis itu transit dan naek yang 1A terus turun di halte Prambanan deh..

Dari Terminal Jombor ke halte Prambanan, perjalanan sekitar 1 jam.. Setelah sampe di halte Prambanan, akan banyak becak yang nawarin kalian ke Candi Prambanan.. Sekitar + IDR 15.000,- an.. Tapi kali ini gue enggak mau naek becak.. Gue keluar dari halte Prambanan dan jalan kaki ajah deh.. 

Dari jauh sih udah keliatan deket ada Candi Prambanan -nya.. GAK TAU -nya, pas diladenin untuk jalan, jauhhhhhh juga.. Hufttt... Sekitar 20 menit jalan kaki..

Okehh.. Tibalah gue di komplek Candi Prambanan.. Harga tiket -nya sama, yaitu IDR 30.000,-/orang untuk turis domestik.. Dan ternyata, di Candi Prambanan ada tempat penitipan barang gratis alias loker!! HAH! Tau gitu mah dari Bandara Adisucipto gue langsung ajah ke Candi Prambanan :(

Okehh.. Karena Candi Prambanan tutup sekitar jam 5 sore dan waktu gue sampe udah jam setengah 4, gue langsung bergegas masuk dan foto-foto deh disana... 

Kalo dibandingin sama Candi Borobudur, bentuk -nya Candi Prambanan ini jauh lebih kecil.. Kalo Candi Borobudur itu kan ada 1 tapi GEDEEEEEEE banget.. Nah kalo Candi Prambanan ini kecil-kecil tapi ada banyak..

Pas gue dateng kesana, ada satu Candi Prambanan yang lagi di perbaiki gitu..

[ foto favorite gueee ]
Candi Prambanan itu ada diatas pasir-pasir gitu.. Liat baik-baik deh foto kedua dari atas.. :-)

Well, abis selesai dari Candir Prambanan, gue langsung NAEK BECAK.. Iya kali ini naek becak karena gue udah capek jalan kaki..

Gue naek becak balik ke halte Prambanan.. Setelah nawar (lagi-lagi nawar), gue dapet becak dengan harga IDR 10.000,- :-)

Dari halte Prambanan, gue naek bus Trans Jogjakarta No. 1A dan turun di halte Malioboro 1.. Dari sana, gue makan dan jalan-jalan santai dulu terus balik ke Zodiak Hotel deh :D

Hari yang melelahkan tapi menyenangkan.. 

Ooh yah.. Candi Prambanan ini sebenarnya sangat dekat sekali dengan Bandara Adisucipto (Jogjakarta).. Tapi dekatnya yah gak bisa dengan jalan kaki juga, maksudnya dekat adalah tidak sampai 30 menit jika menggunakan Trans Jogjakarta No. 1A.. 

Jadi buat kalian yang pergi ke Jogjakarta via pesawat dan masih punya waktu cukup setelah landing, rasanya lebih efektif jika kalian langsung mengunjungi Candi Prambanan, karena disana juga terdapat tempat penitipan koper kok.. 

Karena jika mengikuti rute gue yaitu Candi Borobudur - Candi Prambanan, itu akan sangat menghabiskan waktu di jalan.. Ibaratnya tuh dari ujung ke ujung.. Hehe.. Tapi yah gak masalah juga jika kalian punya waktu lebih untuk menikmati jalanan di Jogjakarta :D

Oke deh guys.. See ya di post berikutnya :*

65 comments:

  1. Iyaa.. Sama-sama.. Have a nice holiday..

    ReplyDelete
  2. pengalaman yang seru,
    thanks udah share
    kebetulan ada rencana backpackeran akhir tahun ke jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2.. Semoga backpackeran ke Jogjanya menyenangkan yah :-)

      Delete
  3. ei mba...thanks ya for sharenya,
    kalau aku boleh tanya,misal kita mau liat sunrise di borobudur,
    masuk borobudurnya kira-kira jam berapa ya?
    dan subuh berarti udah buka dong ya mba?? thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya Borobudur -nya belum buka kalo subuh2. Yang saya tau, kalo mau hunting sunrise, kita harus masuk lewat jalur khusus yang harga tiketnya sekitar Rp. 150rb - Rp. 250rb / orang.

      Hmm.. Mungkin sekitar jam 4 atau jam 5 subuh sudah harus sampai di Borobudur kalau memang mau liat sunrisenya :D

      Delete
  4. Thanks aini ,, really a wonderful explanation,, aq bnr2 bingung gmn cara nya dari malioboro ke candi borobudu, skrg aq uda ngerti dn thanks banget penjelasan yg sgt jelas atas bus tuh jd bs hemat banget bagi ku,.,.
    tp kalo blh tau.. kalo dr candi brobudur balik ke malioboro lnsg gmn y? apa ke terminal jombor dulu lalu transit bus lain ke malioboro gty? dn borobudur nyampe sana siang panas,, kalo siang smpe sore tutup jam brp tau ngk y ? soalnya sore lbh cantik,, mksh y ..

    ReplyDelete
  5. Iya, balik lagi ke terminal Jombor, terus lanjut naik Trans Jogja. Nanti tanya aja ke petugasnya harus naik Trans Jogja nomor berapa utk sampe ke Malioboro.

    Wah kurang tau tutupnya jam berapa, mungkin sekitar jam 6.

    ReplyDelete
  6. kak.. aku mau tanya.... dari Malioboro ke Candi Borobudur tuh sekitar berapa jam ea kak ?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo naik angkutan umum kurang lebih 2 jam perjalanan.

      Delete
  7. Aaah kereen... Aku mau banget ke sana.. Terakhir ke sana pake rental mobil jogja semberani sama keluarga dan waktunya terbatas karena udah harus balik kerja ke ewh ga enak banget..
    Kalo ke sana itu enaknya jam berapa ya? Biar dapet pemandangan yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. Tergantung sih.. Kamu mau dapat pemandangan yang seperti apa.. Kalo para sunset hunter pasti kesananya sore-sore menjelang matahari terbenam.. Kalo saya lebih prefer pagi - siang.. Sekitar jam 10 sudah sampai Borobudur.. Jadi tidak terlalu panas :p Hihi..

      Delete
    2. Oh jam 10 an ya biar ga terlalu panas hehe. Kalo yang di foto itu sekitar jam 10 ya? Suka tuh foto-fotonya pemandangannya bagus :D Keren lah pokoknya hihi

      Delete
    3. Iya yang di foto saya itu, yang di Candi Borobudur sekitar jam 10 sampai jam 12an.. Kalo yang di Candi Prambanan itu sudah hampir jam 4an.. :D

      Makasih ^^

      Delete
  8. Bestnya.. nak tanya kalau solo traveler female ok tak pegi sini.. maksud saya selamat tak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogjakarta is full of friendly people. I met some solo travelers there.. So don't worry :-)

      Delete
  9. Kalau dari bandara better melawat candi prambanan atau candi borubudur terlebih dahulu.. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Candi Prambanan is the nearest to airport, only 15 minutes by public transportation.. While you need about 2-3 hours from airport to Candi BOROBUDUR.. You're welcome..

      Delete
    2. Kalau dari MALIOBORO, enak ke prambanan dulu apa ke borobudur dulu??. mana yg lebih efektif dalam satu hari?

      Delete
    3. Kalo dari Malioboro, arah menuju ke Prambanan dan Borobudur itu berlawanan. Tidak searah. Tapi kalo mau yang lebih deket dulu, Prambanan yang lebih deket.

      Delete
  10. Pengen keliling jateng dan Jogja, tapi baru nyampe Kebumen hehe...

    Untung ada referensi tentang jogja di blog ini. thanks infonya ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga infonya membantu. Sukses untuk rencana keliling Jateng dan Jogjanya.

      Delete
  11. Nanya dunk. Kalo mau ke borobudur buat sunrise nya, ada opsi transportasi selain taxi ga? yg murmer gitu de. Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. I'm not sure sih about kendaraan umum yang udah ada kalo subuh2 gituu..

      Delete
    2. sis cindy janjian ama abang ojek ajah

      Delete
  12. sis aini, tengkyu ya postingannya udah ngebantu ane buat jalan ke prambanan ama borobudur kmaren..
    cuma mo ngapdet aja, ongkos bis jombor-borobudur sekarang udah 20 ribu.. trus terminal yg sis gak tau itu namanya terminal borobudur.. oiya, sis cobain jg tuh ke kraton ratu boko, tempatnya unik lho.. kalo dari prambanan tiket terusannya 50 ribu (inc: tiket prambanan, tiket boko, shutle prambanan boko pulang pergi)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Makasih Ayu untuk updatenya.. Udah saya update juga di post saya.. Hihi.. Iya nih.. Masih ada rencana untuk explore jogja lagi.. Pengen ke Kalibiru sama Goa Pindul.. Semoga next time bisa mampir ke Ratu Boko juga.. Makasih yah infonya :*

      Delete
  13. tanya dong kak kalau naik kereta enaknya turun dimana ya kalau tau infonya dongg??? rencana mau kesitu tapi gak tau arah-arahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. April lalu saya juga baru ke Jogja naik kereta, boleh cek link ini http://aiaidunk.blogspot.co.id/2015/05/jogja-solo-semarang-trip-part-1-jakarta.html

      Ada beberapa postingan sih.. Cerita dari Jakarta naik kereta ke Jogja, lanjut Solo, dan Semarang.. Hihi.. Silahkan diliat, siapa tau ada info yang kamu cari..

      Delete
  14. mau nanya, kalau tiket trans jogja berapa ya?. trus kalau dari terminal jombor ke prambanan berapa jam?. diatas gak disebutin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. April lalu saya ke Jogja tiketnya masih 3 ribu/orang.. Hehehe.. Disebutin kok di atas.. 1 jam perjalanan dari Jombor ke Prambanan..

      " Setelah tiba di Terminal Jombor lagi.. Gue lanjut ke Candi Prambanan.. Dari Terminal Jombor, gue naek bus Trans Jogjakarta No. 2B dan turun di halte Condong Catur.. Kemudian transit untuk naek yang No. 3B dan turun di halte Marguo.. Habis itu transit dan naek yang 1A terus turun di halte Prambanan deh..

      Dari Terminal Jombor ke halte Prambanan, perjalanan sekitar 1 jam.. Setelah sampe di halte Prambanan, akan banyak becak yang nawarin kalian ke Candi Prambanan.. Sekitar + IDR 15.000,- an.."

      Delete
  15. Aini di penginapan yg aini tinggalin apakah ad yg merentalkan mobil utk jalan2 ke borobudur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, jika jadwal ke Borobudurnya sesuai dengan jadwal ketersediaan mobil hotel.

      Delete
  16. Aini,
    Di terminal borobudur itu ada bus yg langsung ke semarang ga? Terus di borobudur gakd penitipan tas yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo bus ke Semarang saya tidak tau. Sepertinya sih tidak ada, karena terminal borobudur itu bukan terminal besar. Kalo tempat penitipan tas, di Borobudur tidak ada ~

      Delete
  17. Hi mbak Aini,
    Thanks buat infonya. Juni ini saya rencana ke Jogja, pesawat tiba pkl. 06.00 pagi setempat. Mau tanya mbak, Prambanan bukanya jam berapa ya? Dari Prambanan ke Borobudur naik apa? Makasih sebelumnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. Saya lupa-lupa inget sih Mbak kalo candi prambanan bukanya jam berapa. Tapi saran saya, kalo memang belum buka, Mba keliling daerah sekitar saja dulu, kuliner dll. Kalo dari prambanan ke borobudur, rutenya sama seperti dari borobudur ke prambanan (bisa dibaca di atas), tinggal dibalik ajah rutenya :)

      Delete
  18. jadi inget dulu pas SMA pernah studytour kesono, capek juga naek tangganya yak wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Lelah yang menyenangkan dan berkesan tapinya..

      Delete
  19. Wah infonya sangat membantu, syukron ya
    Rncna senin lusa sy backpakeran ke jogja via kereta dri bandung. Smga bisa mngunjungi tmpt2 yg direkomendasiin diatas dan dilancarkan
    Syukron :)

    ReplyDelete
  20. Kemarin baru aja travelling ke Jogja
    Dan tentunya ke Candi Borobudur dan Prambanan udah dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogja selalu membuat saya ingin kembalii.. hihi..

      Delete
  21. Mba aini... aku mau tnya dong ..
    Rencana kan mah ke sana bulan maret ini, tapi hari kedua mau ke borobudur dengan naik bus tapi sekitar jam 11an.. nah bus nya itu ada setiap saat atau gmn ? Kalo misalnya dri borobudurnya jam 4 sore busnya masih ada gk utk balik ke jogjanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus-nya ada setiap jam kok. Banyak kok busnya. Untuk jam 4 masih ada juga kok...

      Delete
  22. Wah makasih infonya kak. Saya rencana berangkat dri malioboro menuju borobudur. Lanjut prambanan. Tapi ternyata dri ujung ke ujung ya.... Enaknya gimana ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pergi ke Jogjanya naik pesawat sih, enaknya begitu tiba di bandara adisucipto, langsung ke prambanan dulu sih.. Tapi kalo tidak, yah ujung ke ujung juga tidak masalah.. :)

      Delete
  23. Backpacker di jogja itu gmn sih ? Aman sama kya di bali gak kak ?
    Makasih.

    ReplyDelete
  24. Backpacker di jogja itu gmn sih ? Aman sama kya di bali gak kak ?
    Makasih.

    ReplyDelete
  25. Numpang tanya ne.. kalo hari liburan hari raya buka ga candi borobudur??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hari raya idul fitri buka atau tidak, saya kurang tau.. Tapi kalo hari raya biasa buka kokk..

      Delete
  26. Thanks bgt mbak ... Kebetulan Rabu besok mau ksana ...
    Jadi tau arah,

    ReplyDelete
  27. Thanks bgt mbak ... Kebetulan Rabu besok mau ksana ...
    Jadi tau arah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2.. Senang kalo postingan ini bisa membantu :)

      Delete
  28. candi prambanan cocok nih selain tempat wisata bandung untuk liburan akhir tahun. btw nice post. keep writing. i like it :) and thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.. Thank you udah baca, semoga bermanfaat :)

      Delete
  29. Wah makasih ya sudah share pengalamannya jadi punya gambaran nih 😅

    ReplyDelete
  30. Pdahal niatnya checkout dri malioboro nginap di daerah borobudur 😂 untung ada baca jadi paham rute nya , makasih sis udah share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2.. Senang kalo postingan ini bermanfaat :)

      Delete
  31. Hi mba aini saya mw tanya t4 wisata sekitar candi borobudur apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Gina, kalo di sekitaran Candi Borobudur sih hanya ada pasar2 pusat belanja oleh2 saja Mba. Hehe..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...