Popular Posts of The Week

January 11, 2014

MALAYSIA DAY 2 : Outing to Malaka - Malaysia

Hari kedua di Kuala Lumpur.. Bangun tidur waktu itu cukup terlambat.. Jam 9 pagi waktu Kuala Lumpur gue baru melek mata :D Hiihi.. Padahal sesuai rencana perjalanan sama temen gue, gue tulis kalo paling telat itu keluar Hotel jam 8 pagi.. HAHAHAHA..

Hokehh! Setelah mandi dan sarapan, akhirnya baru gue keluar Hotel jam setengah 11.. 

Dari Hotel kita langsung bergegas pergi ke Melaka.. Yang konon katanya, disana adalah 'Kota Tua' -nya Malaysia.. Banyak peninggalan bersejarah disana.. *masa sih?*

Dari Hotel, gue naik monorail ke Station Monorail KL Sentral (+ RM 1-2/orang).. Nah.. Dari Station Monorail KL Sentral itu, gue pergi ke dalam Gedung KL Sentral -nya.. Di Gedung KL Sentral ini lah gue mulai mencari-cari, dimana gue harus naik KLIA Express menuju ke station Bandar Tasik Selatan.. Finally, gue menggunakan "GPS Tradisional" alias nanya orang.. HAHAHA..

Setelah akhirnya gue ketemu dimana gue harus beli tiket dan naik KLIA Express, akhirnya pergilah gue dengan harga tiket sekitar (lagi-lagi) RM 1-2/orang.. Disini tiketnya agak berbeda, pakai kertas.. Bukan lagi token berwarna biru :-)

Perjalanan enggak begitu lama.. Sekitar 15 menit kemudian, gue sampai deh di station Bandar Tasik Selatan.. Nah! Bandar Tasik Selatan itu berbeda lho guys dengan Terminal Bersepadu Selatan (TBS).. Maklum, awalnya gue pikir dua nama itu adalah SAMA.. Hehehe..

Namun, untuk ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS), itu yah akses langsungnya lewat station Bandar Tasik Selatan.. So, waktu itu, gue langsung masuk ke dalam Gedung Terminal Bersepadu Selatan (TBS) - nya deh..


Kedua gambar diatas gue ambil dari atas semacam jembatan penyebrangan yang merupakan akses untuk masuk ke dalam Gedung Terminal Bersepadu Selatan (TBS).. Dalam-nya lagi-lagi kayak mall.. Ada outlet-outlet fast food dan tempat belanja.. 




Begitu masuk, gue langsung dengan mudah menemukan 16 loket penjualan tiket bus..

[ 16 loket penjualan tiket bus ]
 Denger-denger sih, kalo mau beli tiket bus ke Singapore juga disini.. Hehehe.. Okeh.. Gue sih langsung ajah antri di loket yang buka dan antriannya enggak begitu panjang.. Sepertinya tidak ada pemisahan loket untuk jenis bus ataupun tujuannya.. Semuanya sama..

Gue tinggal sebut tujuan gue, terus sama petugas nya langsung dikasih tiket METROBUS.. Harganya RM 10/orang.. Nah! Pas mau beli tiket bus-nya ini, si petugas minta passpor lhoo.. Gue SHOCK! Tapi untung ternyata gue bawa paspor gue di tas.. Padahal hari itu niatnya gue mau tinggal di Hotel ajah.. Hefffttt..

Ooh iya.. Gue sempet mau beli tiket return lho dari KL ke Melaka dan dari Melaka ke KL.. Tapi si petugas loket langsung bilang "Tak lah, kau beli nanti disana saja!".. Ya udah deh, cuma bisa beli tiket perginya ajah..


 Pembelian tiket bus ke Melaka ini bisa dibilang udah kayak beli tiket pesawat.. Begitu diunjukin tempat naik bus -nya, gue langsung menuju kesana dong.. Disana ada petugas yang periksain tiket kita.. Begitu kita turun eskalator untuk ke ruang tunggu bus, nah disana suasananya udah kayak mau tunggu pesawat..


Ada petugas yang nge-jaga di setiap gate-nya.. Begitu pesawat, eh bus maksudnya, HAHAHA, tiba, maka semua penumpang akan antri dan si petugas tadi nanti akan periksain lagi tiketnya.. 

Lalu di atas gate-nya juga ada monitor berisikan keterangan jadwal keberangkatan bus, apakah bus sudah tiba di gate, berapa menit lagi akan tiba, dll.. Hebat yahh.. HAHAHA.. 

Mau naik bus ini ajah ruang tunggu -nya dingiiiinnn banget :D

Begitu bus tujuan Melaka tiba, gue pastiin lagi ke petugas sekalian ngecek juga kalo emang merek bus nya bener, bertuliskan METROBUS..

Begitu naik, ternyata bus-nya bagus bangettt.. Ruang kakinya lega BANGETTTT.. AC sangat dingin dan jarak bangku juga tidak sempit.. Nyaman banget deh.. 

[ ruang kaki-nya tidak sempit alias lega bangett ]
[ suasana dalam bus ketika penumpang baru naik ]
Hokehh! Ketika jam sudah menunjukan pukul 12.15 waktu Kuala Lumpur, bus -pun langsung jalan (sesuai jadwal).. Perjalanan menuju terminal bus Melaka Sentral memakan waktu sekitar 2,5 jam.. Lumayan lama yah.. Untungnya di dalam bus boleh makan, jadi gue bisa makan snack deh, menunda kelaparan.. HAHAHA.. Gue juga sempet tidur sih di dalam bus :D

Well.. Tiba di terminal bus Melaka Sentral kira-kira jam 14.30.. Waktu itu karena takut pulangnya kemalaman dan enggak bisa dapat tiket bus, akhirnya gue sama temen gue cari dulu deh loket pembelian tiket pulang-nya..

[ maafkan gambar panorama ku yang sungguh tidak manusiawi ini yah :( ]
 Di terminal bus Melaka Sentral juga ternyata loket penjualan bus -nya banyak lhoo guyss.. Waktu itu kita liat papan pentujuk di setiap loket, dan ketemu deh loket yang jual tiket bus jurusan Kuala Lumpur.. Setelah tanya-tanya jadwal dengan penjual tiketnya yang menurut gue jutek abis, gue pilih tiket bus yang jam 17.00.. Gue rasa cukup lah waktu 2 jam untuk eksplore Melaka..

Hokeh! Tiket pulang udah di tangan.. Hati lumayan lega.. Gue sama temen gue akhirnya beranjak keluar dari terminal bus ini dan menemukan bahwa "INI KOTAAA APAAA??? KOK SEPI BANGETTTTTTT".. 

Jalanannya sangat lebar, besar, dan tidak ada yang berlubang.. Tapi kendaraannya dikit bangetttt.. Gue bisa kayaknya pake sepatu roda sambil nari-nari gaya ice skating disana..

Oke! Ini gimana cara-nya pergi ke tempat wisatanya .-.
Menurut informasi di internet sih gue harus naik bus PANORAMA.. Nah! Waktu itu gue liat beberapa bus PANORAMA lalu lalang.. Tapi naiknya darimana.. Ini kan bukan Jakarta yang bus-nya bisa gue stop di sembarang tempat.. 

Akhirnya! Sekali lagi gue membuktikan bahwa traveling bisa membuat kita menjadi lebih  rendah hati, dengan cara BERTANYA kepada orang sekitar dan mengakui kelemahan kita kalo kita emang ENGGAK TAU arah yang benar yang mana..

"Travel humbles me! The more I travel, the more I realized I only know a bit of this and that.." - Alexander Thian

Dan Akhirnya lagi.. Gue dikasih unjuk sama tuh orang yang gue tanya, naiklah bus PANORAMA dari pintu situ tuhhh.. Oohh.. Ternyata ada pintu lain di terminal bus Melaka Sentral itu.. Nah! Di pintu itulah banyak bus PANORAMA sedang nge-tem.. Ooh yah.. For your info yah, pusat tempat wisata di Melaka itu kan namanya Jonker Walker.. Nah! Nama itu ternyata tidak begitu familiar dengan orang-orang sekitar terminal bus Melaka Sentral.. 2-3 orang yang pertama kali gue tanya langsung berekspresi bengong *mulut terbuka* sambil bilang "what?"

Oke! Singkat cerita pokoknya gue berhasil menemukan bus PANORAMA menuju ke tempat wisata Jonker Walker itu.. Lagi-lagi, bus tersebut diparkir rapi.. Kalo mau naik, kita bisa beli tiketnya langsung di supir-nya.. Jadi begitu masuk bus, tinggal bilang ajah mau kemana, nanti di robek karcis dan di kasih ke kita, selanjutnya kita tinggal bayar deh :)


 Yapps! Harganya RM 1.5 / orang.. Untuk ukuran bus -nya, kali ini adalah bus kecil.. Tidak sebesar bus dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS) ke Gedung Melaka Sentral -nya..


[ suasana di dalam bus ]
Nah! Gue kira sekitar 5 menit bisa nyampe ke tempat wisata -nya guys.. Gak tau-nya, jalanannya sempet macet.. Jadilah 15 menit kemudian gue baru sampe.. Awalnya gue sih enggak ngerti gue harus turun dimana.. Tapi untungnya ada banyak bule di dalam bus (PASTI mereka juga turis yang mau kesana), terus gue perhatiin jalanan sekitar dan gue inget-inget kalo di tempat wisata itu ada gereja jadul berwarna pink.. 

Nah! Pas udah masuk sebuah jalan, gue liat mulai banyak bangunan pink.. Tiba-tiba bus berenti dan banyak yang turun.. Ya udah gue ikutan ajah buat turun.. HAHAHA!



Nah! Ini jalanan yang banyak bangunan pink -nya.. Hehehe.. 


[ becak unik ]
Tapi sayangnya, gue sampe tempat wisata itu udah sekitar jam 3 an :( Jadilah gue bergegas foto-foto seradak seruduk.. Hati gak tenang mengingat jadwal bus pulang yang gue beli adalah jam 5.. Dan inilah hasil foto seradak seruduk gue.. Hahaha..


Sehabis foto-foto di Christ Church Melaka ini, gue sempet jalan sebentar ke Jonker Walker, karena ternyata enggak begitu jauh dari Christ Church Melaka ini.. Gak banyak foto yang gue ambil sih di Jonker Walker ini.. Hehehe.. Karena hati semakin udah gak tenang dengan jadwal kepulangan bus yang semakin dekat :((

[ area Jonker Walker ]
Di area Jonker Walker ini banyak bangetttt tempat belanjaan oleh-oleh.. Dan bagus-bagus juga barang-barangnya.. Hahaha.. Gue sempet beli sih beberapa gantungan kunci yang bagus-bagus.. Tapi bukan gantungan kunci yang cuma gambar menara petronas yah.. Haha.. Harganya juga standar murah kok..

Katanya malam-malam, tempat ini bagus dan rame banget.. Banyak tukang makanan.. Sayangnya gue disitu kan enggak sampe malam :(

Well, tadi nya gue mau naik bus PANORAMA lagi sekitar jam 4 lewat 15, tapi temen gue ajak balik sekitar jam 4 kurang.. Okelah.. Akhirnya gue naik bus PANORAMA di tempat yang sama seperti yang gue turun tadi.. Walaupun cuma 1 jalur, which means, gue naik bus PANORAMA bukan ke arah balik, tapi arah lurus terus.. 

Mengingat disana semua jalanan emang cuma satu jalur, jadi yah udahlah.. Gue sempet nanya orang sekitar, tapi mereka enggak tau dan ada yang jawab "supir taksi senang ditanyai.." Hah! Gue enggak ngerti maksudnya apa .-.
 
Akhirnya gue naik bus PANORAMA di tempat yang sama seperti ketika gue turun bus di awal tadi.. Waktu itu gue pikir perjalanan akan memakan waktu sama seperti ketika pergi tadi.. GAK TAUUU nyaa, jalanan yang dilalui itu muter-muter entah kemana tau, sehingga gue baru sampe di terminal bus Melaka Sentral tepat jam 5 sore.. 

Begitu turun, gue sama temen gue langsung lari ke pintu platform bus yang harus gue naikin.. TAU-TAU.. Disana bus nya udah enggak ada.. Di pintu platform itu enggak ada bus satu pun alias KOSONG.. Temen gue udah hopeless.. Akhirnya kita balik ke loket pembelian tiket dan tanya pegawainya.. Si pegawai bilang, bus yang jam 5 baru datang tuh.. TUUUHHH, sambil dia nunjuk bus yang baru datang.. HAHAHAHA..

Ternyata bus nya telat sekitar 5 menit.. Fiuuhh.. Alhamdulilah dehh gue masih bisa naik bus -nya.. Ya udah, akhirnya pulanglah gue ke Kuala Lumpur dengan sedikit cerita.. Secara, gue di Melaka gak sampe 1 jam, tapi perjalanannya lebih dari 6 jam.. Hahaha.. But gue tetep feel happy :-)

[ hujan gerimis mewarnai kepulangan gue ke Kuala Lumpur ]
 - aiaidunk -




MALAYSIA SERIES 2013 :

1 comment:

  1. informasi yang menarik ka, oh ya aku mau share kemarin aku ke malaysia bawa pocket wifi. dan hasilnya memuaskan loh ka internet ga lemot, bebas roaming data trus tarifnya murah banget under 100K, ada promo lagi. coba deh ka sewa pocket wifi nya di wi2fly.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...